Peran Literasi Bahasa Indonesia dalam Pelestarian Sastra Daerah pada Peserta Didik Jenjang Pendidikan Menengah

Authors

  • Irgi Ahmad Fareza Universitas Muhadi Setiaubudi
  • Joko Saputro Universitas Muhadi Setabudi
  • Intan Arum Hapsari Universitas Muhadi Setiabudi
  • Icha Tusfia Karlinda Universitas Muhadi Setiabudi

DOI:

https://doi.org/10.59632/leksikon.v3i2.474

Keywords:

Literasi Bahasa Indonesia, Pembelajaran Digital, Sastra Daerah, Pelestarian Budaya

Abstract

Perkembangan teknologi digital telah membawa perubahan besar dalam dunia pendidikan dan menuntut lembaga sekolah untuk menyesuaikan diri dengan pola belajar peserta didik yang semakin interaktif serta berbasis teknologi. Dalam konteks tersebut, literasi bahasa Indonesia memiliki peran penting tidak hanya sebagai kemampuan berbahasa, tetapi juga sebagai sarana pelestarian nilai-nilai budaya melalui penguatan apresiasi terhadap sastra daerah. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian konseptual yang bertujuan untuk membangun kerangka teoretis mengenai peran literasi bahasa Indonesia dalam menjaga keberlanjutan sastra daerah melalui penerapan strategi pembelajaran digital dan integrasi nilai kearifan lokal. Metode penelitian dilakukan melalui studi kepustakaan dan analisis isi terhadap berbagai sumber ilmiah yang relevan, seperti jurnal terakreditasi, laporan penelitian, dan buku akademik terbitan 2020–2025. Hasil kajian menunjukkan bahwa literasi bahasa Indonesia yang diintegrasikan dengan teknologi digital dan strategi pembelajaran inovatif, seperti pembelajaran berbasis permainan edukatif, pembelajaran berbasis proyek, dan pembelajaran adaptif, mampu memperkuat keterlibatan peserta didik dalam memahami dan mengapresiasi karya sastra daerah. Selain itu, lembaga pendidikan berperan penting dalam menginternalisasikan nilai budaya melalui pembelajaran kontekstual berbasis kearifan lokal. Secara keseluruhan, penelitian ini menegaskan bahwa literasi bahasa Indonesia memiliki peran strategis dalam menciptakan sinergi antara tradisi budaya dan inovasi teknologi guna mendukung pelestarian sastra daerah secara berkelanjutan di lingkungan pendidikan dasar dan menengah.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Adham, M. J. I., Apandi, G. R., & Mujtaba, S. (2021). Pengaruh generasi muda millenial terhadap karakter interaksi sosial di masyarakat. SeBaSa, 4(2), 183–196.

Dapubeang, A. R. A., Talan, Ma. R., & Adam, L. N. (2022). Sikap bahasa generasi muda etnis Sulawesi di Desa Balauring terhadap bahasa Kedang. Jurnal Onoma: Pendidikan, Bahasa dan Sastra, 8(2), 901–916.

Haliq, A. (2021). Kemampuan menulis puisi mahasiswa program studi pendidikan bahasa dan sastra Indonesia dengan menggunakan metode mind mapping. Proceeding of National Seminar, 1–10.

Mardhatillah, M., Kesha, C. N., Marlizar, D., & Sitompul, S. J. (2024). Penguatan partisipasi generasi muda dalam berkontribusi terhadap pembangunan daerah. PROFICIO: Jurnal Abdimas FKIP UTP, 5(2), 663–670.

Nugroho, S. A. (2022). Peran bahasa daerah dalam pembentukan karakter generasi muda. Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, 17(2), 123–130.

Sitompul, S. J., Kesha, C. N., & Syafrizal, S. (2024). Revitalisasi bahasa daerah melalui pendekatan baru. Jurnal Onoma: Pendidikan, Bahasa, dan Sastra, 6(1), 99–106.

Suratiningsih, M., Mulkhan, A. M., & Sari, Z. (2025). Dampak negatif ilmu pengetahuan dalam kajian etika dan moral pada generasi muda: Perspektif KH. Ahmad Dahlan. Literasi: Jurnal Ilmiah Pendidikan Bahasa, Sastra Indonesia dan Daerah, 15(1), 45–53.

Wagiati, W., Darmayanti, N., & Adji, M. (2023). Pelatihan literasi digital di media sosial bagi generasi muda untuk membangun budaya kesantunan. Kumawula: Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat, 10(1), 1–10.

Wulandari, W. (2020). Model pembelajaran bahasa dan sastra Indonesia berbasis kearifan lokal. Jurnal Edukasi Kultura: Jurnal Bahasa, Sastra dan Budaya, 5(2), 1–9.

Widjayanto, F. R. (2022). Karya sastra sebagai sarana literasi politik: Novel "Bungkam Suara" karya JS Khairen sebagai narasi melawan propaganda terkomputasi. CRB Awa, FR Widjayanto.

Badan Riset dan Inovasi Nasional. (2024). Bahan ajar berbasis kearifan lokal sebagai upaya pemertahanan bahasa dan sastra. BRIN.

Hariadi, A., Jatiyasa, I., & Sari, D. (2025). Peranan penting teknologi digital dalam pelestarian karya sastra. Jurnal Ilmiah Sains dan Teknologi, 10(2), 45–58.

Ibrahim, I. (2024). Pelatihan literasi budaya dan digital bagi generasi muda dalam rangka pelestarian warisan budaya lokal di Kecamatan Taniwel. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat Arumbai, 3(2), 287–299.

Ayu, N. A., & Bela, L. S. (2023). Perubahan pola pikir generasi muda terhadap budaya tradisional Indonesia dalam perspektif global. TANDA: Jurnal Kajian Budaya, Bahasa dan Sastra, 3(3). https://aksiologi.org/index.php/tanda/article/view/1884.

da Costa, R. A., Lewier, M., Hiariej, C., & Aulia Ode, S. H. (2023). Pelestarian Bahasa Tulehu berbasis sinergisitas masyarakat dan sekolah di Kecamatan Salahutu, Maluku Tengah. Arbitrer: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, 3(1). https://ojs3.unpatti.ac.id/index.php/arbitrer/article/view/3689.

Dewi, K. C. N. (2025). Revitalisasi Bahasa Bali Generasi Muda melalui Studi Kualitatif pada Era Digital di Denpasar. Dharma Sastra: Jurnal Penelitian Bahasa dan Sastra Daerah, 5(1). https://ojs.uhnsugriwa.ac.id/index.php/DS/article/view/4833

Larasati, D., & Andriani, P. A. (2022). Pembelajaran Bahasa dan Sastra Indonesia di Sekolah dalam Rangka Mewujudkan Karakter Generasi Muda Nasionalis. Protasis: Jurnal Bahasa, Sastra, Budaya, dan Pengajarannya, 1(2). https://protasis.amikveteran.ac.id/index.php/protasis/article/view/35

Mardi, M., Putri, D. E., Syofiani, S., & Morelent, Y. (2025). Peranan Penting Teknologi Digital dalam Pelestarian Karya Sastra pada Generasi Z di Indonesia. Jurnal Bahasa dan Sastra Indonesia (JBSI), 5(1). https://jurnal.itscience.org/index.php/jbsi/article/view/6090

Sitepu, E. C., Putra, I. N. R., Saputra, Y., & Amnah, A. (2024). Peranan Bahasa Indonesia dalam Membangun Karakter Generasi Z. Sabda: Jurnal Sastra dan Bahasa, 3(4), 117–123. https://jurnal.anfa.co.id/index.php/sabda/article/view/2550

Triandana, A., Putra, Y. M., Fitriah, S., Ernanda, E., & Kartika, P. A. (2023). Strategi pemertahanan bahasa daerah sebagai bentuk pelestarian bahasa pada generasi muda di kalangan mahasiswa Sastra Indonesia Universitas Jambi. Estungkara: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 2(1). https://online-journal.unja.ac.id/estungkara/article/view/24576

Published

31-10-2025

Scite_ Smart Citation

Dimensions Citation

How to Cite

Fareza, I. A., Saputro, J., Hapsari, I. A., & Karlinda, I. T. (2025). Peran Literasi Bahasa Indonesia dalam Pelestarian Sastra Daerah pada Peserta Didik Jenjang Pendidikan Menengah. Leksikon: Jurnal Pendidikan Bahasa, Sastra, Dan Budaya, 3(2), 69–74. https://doi.org/10.59632/leksikon.v3i2.474