Strategi Pemberdayaan UMKM Telagasari melalui Pemanfaatan E-Commerce di Kota Balikpapan

Authors

  • Farida Nur Hidayah Institut Teknologi Kalimantan
  • Akbar Taufik Amrullah Institut Teknologi Kalimantan
  • Dwiki Jaya Ardika Institut Teknologi Kalimantan
  • Alessandro Benaya Pinem Institut Teknologi Kalimantan
  • Sahda Aryanti Institut Teknologi Kalimantan
  • Nur Rahmah Institut Teknologi Kalimantan

DOI:

https://doi.org/10.59632/abdiunisap.v2i2.310

Keywords:

Pemberdayaan, UMKM, E-Commerce, Balikpapan

Abstract

Perkembangan teknologi digital dan e-commerce telah memberikan dampak signifikan terhadap sektor Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) di Indonesia, termasuk di Kota Balikpapan, Kalimantan Timur. UMKM di wilayah Balikpapan menghadapi berbagai tantangan yang mempengaruhi keberlanjutan dan perkembangan usaha mereka. Kota ini, sebagai salah satu pusat ekonomi di Kalimantan Timur, memiliki potensi besar, namun para pelaku UMKM harus beradaptasi dengan dinamika lokal dan global. Ada beberapa tantangan yang dihadapi, yaitu distribusi logistik, akses permodalan dan kurangnya literasi digital.  Namun, tantangan yang dihadapi UMKM di wilayah RT 37, Kelurahan Telaga Sari, terutama terkait kurangnya keterampilan digital dan pemahaman tentang platform e-commerce, membatasi kemampuan mereka dalam memanfaatkan peluang ekonomi digital. Program pengabdian ini bertujuan untuk meningkatkan kapabilitas digital pelaku UMKM di wilayah tersebut melalui kegiatan sosialisasi dan pelatihan intensif terkait penggunaan e-commerce dan strategi pemasaran digital. Metode pelaksanaan kegiatan meliputi sosialisasi, pelatihan praktis, serta evaluasi berbasis survei dan wawancara. Hasil dari program menunjukkan bahwa sekitar 20 orang peserta pelatihan dan 2 pelaku UMKM di Kelurahan Telaga Sari mengalami peningkatan pemahaman dan keterampilan peserta dalam menggunakan platform e-commerce, yang berdampak pada peningkatan omzet usaha dan perluasan akses pasar. Program ini memberikan manfaat dalam meningkatkan daya saing UMKM lokal di era digital, serta memperkuat ekonomi lokal melalui pemberdayaan digital di sektor UMKM. Selain itu, kegiatan ini diharapkan dapat mendorong dukungan berkelanjutan dari pemerintah daerah dan komunitas lokal dalam pengembangan kapasitas digital di wilayah tersebut.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Azrianti, S. (2020). SOSIALISASI E-COMMERCE UNTUK USAHA MIKRO KECIL DAN MENENGAH (UMKM) DI RW 18 KELURAHAN TEMBESI KECAMATAN SAGULUNG. MINDA BAHARU, 4(2), 99. https://doi.org/10.33373/jmb.v4i2.2598

Balikpapan Smart City - Balikpapan Nyaman. (n.d.). Retrieved October 30, 2024, from https://smartcity.balikpapan.go.id/

Ferdinand, N., Al Farisi, M. S., Herawati, E., & M., F. (2024). Sosialisasi E-Commerce dalam Meningkatkan Penjualan Produk Halal UMKM Tegal Salam Cariu. Jurnal Pengabdian Masyarakat Madani, 4(1), 43–49. https://doi.org/10.51805/jpmm.v4i1.155

Maghfiroh, F. M., Natalina, S. A., & Efendi, R. (2023). Transformasi Ekonomi Digital: Connection Integration E-Commerce dan S-Commerce dalam Upaya Perkembangan Ekonomi Berkelanjutan. Proceedings of Islamic Economics, Business, and Philanthropy, 2(1), 1–10. Retrieved from https://jurnalfebi.iainkediri.ac.id/index.php/proceedings/article/view/1010

Nugroho, Y. A., Chidir, G., Novitasari, D., Sasono, I., Jainuri, Iskandar, J., Suroso, Kurniawan, A., Putra, R. P., Adrian, F., Daeli, S. I., Asbari, M., & Purwanto, A. (2023). Sosialisasi Sistem E-commerce pada Pemilik UMKM. Journal of Community Service and Engagement, 3(6), 5–10. https://doi.org/10.9999/jocosae.v3i6.191

Prasetya, A. Y., Sugiharti, S., & Fadhila, Z. R. (2021). Pemanfaatan Media Sosial Dalam Upaya Meningkatkan Penjualan Produk UMKM Desa Boja. BUDIMAS: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 3(1). https://doi.org/10.29040/budimas.v3i1.1628

Purnomo, A. K. (2024). Sosialisasi E-Commerce dan Pembuatan Logo dan Packaging untuk Pelaku UMKM Desa Ciluncat. Jurnal Abdimas Kartika Wijayakusuma, 5(1). https://doi.org/10.26874/jakw.v5i1.356

Shavero, I. A. (2023, May 29). Strategi Dinas Perdagangan dalam Pemberdayaan Pelaku UMKM untuk Meningkatkan Pertumbuhan Ekonomi di Kota Balikpapan. Retrieved Oktober 29, 2024

Sitti Aisya, & Fahreza Najmi. (2023). Perilaku Konsumen Halal: Peluang Usaha Generasi Milenial Pasca Pandemi Di Kota Palu. Jurnal Ilmu Ekonomi Dan Bisnis Islam, 5(1), 39-50. https://doi.org/10.24239/jiebi.v5i1.137.39-50

Syanjaya Sardi, M. V., Nuryadiansyah, R., & Feriady, A. (2022). SOSIALISASI E-COMMERCE DI KALANGAN UMKM. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Kuliah Kerja Nyata (JIMAKUKERTA), 2(3), 512–517. https://doi.org/10.36085/jimakukerta.v2i3.3917

Trulline, P. (2021). Pemasaran produk UMKM melalui media sosial dan e-commerce. Jurnal Manajemen Komunikasi, 5(2), 259. https://doi.org/10.24198/jmk.v5i2.32746

Published

24-12-2024

Scite_ Smart Citation

Dimensions Citation

How to Cite

Hidayah, F. N., Amrullah, A. T., Ardika, D. J., Pinem, A. B., Aryanti, S., & Rahmah, N. (2024). Strategi Pemberdayaan UMKM Telagasari melalui Pemanfaatan E-Commerce di Kota Balikpapan. ABDI UNISAP: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 2(2), 307–313. https://doi.org/10.59632/abdiunisap.v2i2.310