Pengaruh Model Picture and Picture terhadap Keterampilan Menulis Cerpen Kelas III SDN Margajaya
DOI:
https://doi.org/10.59632/leksikon.v2i2.367Keywords:
Model Picture and Picture, Keterampilan Menulis, CerpenAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pengaruh Model Picture and Picture terhadap Keterampilan Menulis Cerpen Kelas III SDN Margajaya. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode eksperimen. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas III SDN Margajaya. Sampel dalam penelitian adalah seluruh siswa kelas III SDN Margajaya yang berjumlah 30 siswa. Teknik dalam pengambilan sampel dalam pendidik an ini adalah dengan teknik sampel jenuh. Teknik sampel jenuh adalah teknik pengambilan sampel dimana semua anggota populasi dijadikan sampel. Berdasarkan hasil penelitian dan analisis pembahasan, data dalam penelitian ini berdistribusi normal dan homogen. Uji normalitas menggunakan Kalmogorov-Sminorov Z dengan taraf signifikasi normalitas data 0,165 > 0,05, dan taraf signifikasi homogenitas dengan Anova denga taraf signifikasi yaitu yaitu 0,744 > 0,05 . Pengujian hipotesis dalam pendidik an ini menggunakan Independent Sampel Test-t (uji-t) berdasarkan hasil uji hipotesis tersebut diperoleh nilai signifikasi keterampilan menulis cerpen 0,000 < 0,05 maka disimpulkan dalam penelitian Ho ditolak dan Ha diterima artinya Model Picture and Picture berpengaruh terhadap keterampilan menulis cerpen kelas III SDN Margajaya.Downloads
References
Arikunto, Suharsimi, 2016. Dasar-dasar evaluasi pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.
Asmani, J. M. M. 2016. Tips Efektif Cooperative Learning: Pembelajaran Aktif, Kreatif, dan Tidak Membosankan. Diva Press.
Dewi, Ni Nyoman Krismasari, MG Rini Kristiantari, and Ni Nyoman Ganing. 2019. "Pengaruh model pembelajaran Picture and picture berbantuan media visual terhadap keterampilan menulis bahasa Indonesia." Journal of Education Technology 3.4: 278-285.
Fauziddin, M., & Mayasari, D. 2018. “Pemanfaatan Metode Picture and picture Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas Rendah Di Sekolah Dasar”. Jurnal Pendidikan Tambusai, 2(1), 277-287.
Sukmawati, N. I., Dantes, N., & Dibia, I. K. 2019. ’’Pengaruh Model Pembelajaran Picture and picture Terhadap Keterampilan Menulis Narasi’’. Mimbar PGSD Undiksha, 7(3).
Jakni. 2016. “Metodologi pendidik an eksperimen bidang pendidikan”. Bandung: ALPHABETA, Cv.
Musyafa, N. F.2020. ‘Penggunaan Model Picture and picture dalam Pembelajaran Menulis Cerpen. Alinea’’: Jurnal Bahasa, Sastra, dan Pengajaran, 9(1), 37-46.
Khair, Ummul. 2018. "Pembelajaran Bahasa Indonesia dan Sastra (BASASTRA) di SD dan MI." AR-RIAYAH: Jurnal Pendidikan Dasar 21: 81.
Laily, I. F., & Naqiyyah, M. 2014. “Kontribusi penerapan pendidikan karakter (gemar membaca) terhadap keterampilan berbahasa siswa pada mata pelajaran Bahasa Indonesia kelas V MI Darul Hikam Cirebon”. Al Ibtida: Jurnal Pendidikan Guru MI, Skripsi diterbitkan.
Palguna, Putu Ngurah Dwija, Ni Nyoman Garminah, Dewa Nyoman sudana. 2015. “Penerapan Metode Picture and picture Berbantuan Media Gambar Beseri Untuk Meningkatkan Keterampilan Menulis Narasi”. Mimbar PGSD
Oktaviana, E., Y Banindra, Crhisnaji., dan Ulfa, Maria.,2019. “Pengajaran Menulis cerpen menggunakan metode Picture and picture”.STIKIP Kusuma Negara
Permana, Deifan, and Dian Indihadi. "Penggunaan media gambar terhadap pembelajaran menulis puisi peserta didik." PEDADIDAKTIKA: Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Sekolah Dasar 5.1 (2018): 193-205
Prihatiningsih, E., & Setyanigtyas, E. W. 2018. “Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Picture and picture Dan Model Make A Match Terhadap Hasil Belajar Siswa”. JPsd (Jurnal Pendidikan Sekolah Dasar), 4(1), 1-14.
Purwani, Ni Putu Rita, I. Wayan Darsana, and I. B. S. Manuaba. 2018. "Pengaruh Model Pembelajaran Picture and picture Berbasis Portofolio Terhadap Hasil Belajar IPA Siswa." International Journal of Elementary Education 2.3 Skripsi diterbitkan. Universitas.
Sary, Yesi N. E 2018. “Buku Mata Ajar Evaluasi Pendidikan”. Yogyakarta: Deeppublish.
Sugiyono. 2015. Metode pendidik an pendidikan. Bandung; ALPHABETA, Cv.
Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional. Jakarta: PT Armas Duta Wijaya
Wibisono, H. A., Putra, H. E. J., & Muslim, S. 2021. “Pengaruh Teori Belajar Skinner Melalui Model Picture and picture terhadap Kemampuan Pemahaman Matematis”. Akademika: Jurnal Teknologi Pendidikan, 10(02), 261-27
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Sri Nita, Sunanih, Anggia Suci Pratiwi

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Penulis yang mempublikasikan naskahnya pada LEKSIKON: Jurnal Pendidikan Bahasa, Sastra, & Budaya menyetujui ketentuan berikut: Hak cipta atas artikel apapun pada LEKSIKON: Jurnal Pendidikan Bahasa, Sastra, & Budaya dipegang penuh oleh penulisnya di bawah lisensi Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
- Penulis mengakui bahwa LEKSIKON: Jurnal Pendidikan Bahasa, Sastra, & Budaya berhak sebagai jurnal yang mempublikasikan pertama kali dengan lisensi Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License / CC BY SA 4.0
- Penulis dapat memasukan tulisan secara terpisah, mengatur distribusi non-ekskulif dari naskah yang telah terbit di jurnal ini ke dalam versi yang lain (misal: dikirim ke respository institusi penulis, publikasi ke dalam buku, dll), dengan mengakui bahwa naskah telah terbit pertama kali pada LEKSIKON: Jurnal Pendidikan Bahasa, Sastra, & Budaya.
- Pembaca diperbolehkan mengunduh, menggunakan, dan mengadopsi isi artikel selama mengutip artikel dengan menyebutkan judul, penulis, dan nama jurnal ini. Pengutipan tersebut dilakukan demi kemajuan ilmu pengetahuan dan kemanusiaan serta tidak boleh melanggar hukum yang berlaku.