Implementasi Gerakan Literasi Sekolah dalam Peningkatan Prestasi Belajar Tarikh

Authors

  • Aflia Bela Marinda Institut Agama Islam Negeri Curup
  • Ifnaldi Nurmal Institut Agama Islam Negeri Curup
  • Maria Botifar Institut Agama Islam Negeri Curup

DOI:

https://doi.org/10.59632/leksikon.v2i2.368

Keywords:

Literasi, Sekolah, Prestasi, Belajar Tarikh

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui program literasi yang telah di terapkan di SMP Muhammadiyah Kasihan Yogyakarta sehingga dapat mengetahui faktor pendukung dan penghambat literasi sekolah. Program literasi diterapkan di SMP Muhammadiyah Kasihan memiliki tujuan untuk meningkatkan prestasi belajar siswa dan meningkatkan minat baca siswa. Penelitian ini adalah penelitian lapangan kualitatif dengan menggunakan metode observasi, wawancara, dan dokumentasi. Pihak yang diwawancara adalah Wakil Kurikulum, guru Tarikh, dan siswa kelas VII A, B, C, dan D dianalisis secara deskriptif. Hasil penelitian yang penulis lakukan mengarah pada kesimpulan yaitu: 1) program literasi yang diterapkan di SMP Muhammadiyah Kasihan ialah selama 10 menit pada awal pembelajaran setelah itu dilanjutkan dengan siswa mengulas kembali serta menjawab pertanyaan dari guru terkait buku yang telah dibaca. 2) faktor pendukung dan penghambat program literasi, faktor pendukung gerakan Pendukung program literasi ini ialah ketika guru menyesuaikan waktu untuk diberikan kepada siswa agar dapat membaca buku di awal pembelajaran sehingga siswa dapat membaca buku setelah itu mengulas kembali isi bacaan mereka, kurikulum yang di pakai telah sesuai dalam mendukung program literasi. Sedangkan Faktor penghambat nya adalah siswa terlambat dan lupa membawa buku yang telah di bagikan oleh guru.  

Downloads

Download data is not yet available.

References

Anggraini, Y., Patmanthara, S., & Purnomo, P. (2017). Pengaruh Lingkungan Belajar Dan Disiplin Belajar Terhadap Hasil Belajar Kompetensi Keahlian Elektronika Industri Di Sekolah Menengah Kejuruan

Edi, S. (2016). Pengembangan Standar Pelaksanaan Praktik Kerja Industri (Prakerin) Siswa Smk Program Keahlian Teknik Pemesinan Di Wilayah Surakarta.

Lubis, M. S. (2018). Metodologi penelitian. Deepublish.

Martha, E. (n.d.). Kresno (2016). Metodologi Penelitian Kualitatif Untuk Bidang Kesehatan. Jakarta: PT. Rajagrafindo Persada.

Ningtias, R. K. (2015). Modernisasi Sistem Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Di Lembaga Pendidikan Islam Muhammadiyah Dan Nahdlatul Ulama: Studi Di Pondok Pesantren Karangasem Muhammadiyah Dan Pondok Pesantren Sunan Drajat Kecamatan Paciran Kabupaten Lamongan

Noor, J. (2011). Metodelogi penelitian. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.

Normala, N., Hanum, A. N. L., & Amir, A. (n.d.). Implementasi Gerakan Literasi Sekolah Dalam Menumbuhkan Budaya Literasi Di Smp Negeri 2 Pontianak.

Pratiwi, I. (2019). Efek program PISA terhadap kurikulum di Indonesia. Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 4(1), 51–71.

Triatma, I. N. (2016). Minat baca pada siswa kelas VI sekolah dasar negeri delegan 2 prambanan sleman Yogyakarta. E-Jurnal Skripsi Program Studi Teknologi Pendidikan, 5(6), 166–178.

Wandasari, Y. (2017). Implementasi gerakan literasi sekolah (GLS) sebagai pembentuk pendidikan berkarakter. JMKSP (Jurnal Manajemen, Kepemimpinan, Dan Supervisi Pendidikan), 2(2), 325–342.

Published

02-10-2024

How to Cite

Marinda, A. B., Nurmal, I., & Botifar, M. (2024). Implementasi Gerakan Literasi Sekolah dalam Peningkatan Prestasi Belajar Tarikh. Leksikon: Jurnal Pendidikan Bahasa, Sastra, Dan Budaya, 2(2), 43–47. https://doi.org/10.59632/leksikon.v2i2.368