Pengembangan Media Wayang Kartun untuk Meningkatkan Kemampuan Mengenal Huruf Hijaiyah Siswa Kelas I Sekolah Dasar

Authors

  • Vera Santi Universitas Muhammadiyah Tasikmalaya
  • Meiliana Nurfitriani Universitas Muhammadiyah Tasikmalaya
  • Anggia Suci Pratiwi Universitas Muhammadiyah Tasikmalaya

DOI:

https://doi.org/10.59632/leksikon.v2i2.369

Keywords:

Media Pembelajaran, Wayang Kartun, Huruf Hijaiyah

Abstract

Tujuan dilaksanakan penelitian yaitu untuk mengembangkan media pembelajaran wayang kartun untuk kemampua mengenal huruf hijaiyah siswa kelas 1 sekolah dasar. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah “Research and Development (R&D) merupakan metode penelitian pengembangan Pendidikan dalam sebuah proses untuk mengembangkan dan memvalidasi produk pendidikan. populasi pada penelitian ini adalah siswa dan siswi kelas I SD Negeri 1 Medanglayang, SD Negeri 2 Medanglayang dan SD Negeri 1 Sumberjaya. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini berjumlah siswa-siswi kelas 1 SD Negeri 1 Medanglayang dan SD Negeri 2 Medanglayang, tetapi yang menjadi uji coba di lapangan utama adalah siswa-siswi SD Negeri 1 Medanglayang yang berjumlah 16 siswa di bagi menjadi 2 kelas yaitu kelas Ekspermen dan kelas kontrol. setiap kelas berjumlah 8 orang siswa sama banyak seperti kelas Kontrol. Teknik penelitian menggunakan deskriptif kuantitatif dan test yang digunakan dalam penelitian ini adalah pretest dan posstest, data yang digunakan melalui microsoft Exel. Validasi ahli media diperoleh skor pertama sebesar 34 dari 40 (85%) dengan kategori “sangat layak” dan setelah di revisi mendapatkan skor 35 dari 40 (87,5%) dengan kategori “sangat layak”. Validasi ahli materi diperoleh skor pertama sebesar 30 dari 35 (85,7%) dan skor kedua sebesar 33 dari 35 (94,2%). Dengan kategori “Sangat Layak”. Hasil penelitian dengan hitungan N-Gain skor kelas Eksperimen mendapatkan nilai rata-rata 0,46 atau 46% dengan skor paling rendah 0,3 atau 30% dan skor paling besar 0,5 atau 50%. Dan pada kelas Kontrol mendapatkan nilai N-Gain rata-rata 0,3 atau 30% termasuk kategori tafsiran kurang efektif pada N-Gain.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Alucyana, Raihana, Utami Dian Tri. 2020 Peningkatan Kemampuan Membaca Huruf Hijaiyah Melalui Kartu Huruf Hijaiyah di PAUD, Vol. 17 No.1 2020.

Astuti Widia, 2021 Pengembangan Media Wayang Tempel Untuk Pengenalan Huruf Hijaiyah Pada Anak Usia Dini Di TK Bunga Pala Aceh Besar. Skripsi. Universitas Islam Negeri Ar-raniry Darussalam. 2021.

Borg, W. R. and M. D. Gall. 1989. Educational Research: An Introduction. Fifth Edition. New York and London: Longman.

Erita Rahmaniar, Maemonah, Indri Mahmudah 2022. Kritik Terhadap Teori Perkembangan Kognitif Piaget Pada Tahap Anak Usia Sekolah Dasar, Vol. 6 No. 1 2022 hml 533.

Hapipatuzuhra, 2023 yang berjudul Meningkatkan Kemampuan Mengenal Huruf Hijaiyah Melalui Media Wayang Huruf Hijaiyah Bagi Anak Usia Dini, Vol. 6 No. 1 2023.

Ibda Hamidulloh. 2017 media pembelajaran berbasis wayang. (Konsep dan Aplikasi). Kota Semarang. Cv. Pilar Nusantara.

Jaisy, Yahdi 2018 Makhorijul Huruf dan sifat-sifatnya, Jakarta: Betta Quran Office Center.

Leni Sismi. 2019 Tipologi Sosok Anak Sholeh Dalam Film Upin Dan Ipin dan Relevansinya Dalam Pendidikan Islam. Institute Agama Islam Negeri Bengkulu. 2019.

Lina Amelia, Millata Zamana, dan Sri Ramadani 2020 Efektifitas Permainan Wayang Huruf Hijaiyah Dalam Meningkatkan Kemampuan Mengenal Huruf Hijaiyah Pada Kelompok A Di Tk Ikal Dolong Banda Aceh, Vol. 7 No. 1 Maret 2020.

Nugrahani Rahina, 2017. Media Pembelajaran Berbasis Visual Berbentuk Permainan Ular Tangga Untuk Meningkatkan Kualitas Belajar Mengajar Di Sekolah Dasar, Jilid 36, No. 1 Juni 2017.

Novelia Syindi, Hazizah Nur. 2020 Penggunaan Video Animasi dalam Mengenal dan Membaca Huruf Hijaiyah, Vol. 4 No. 2 2020 hlm 1038.

Pakpahan, Andrew Fermando, dkk. 2020. Pengembangan Media Pembelajaran. Medan: Yayasan Kita Menulis.

Satrianawati. 2018. Media dan Sumber Belajar. Yogyakarta: Budi Utama.

Selfia Lusi. 2017 Pengembangan Modul Interaktif Berbasis Tokoh Kartun Untuk Memberdayakan Berfikir Kreatif dan Minat Belajar Siswa Kelas XI Sma Negeri 13 Bandar Lampung.Fakultas Tarbiyah Dan Keguruan Istitut Agama Islam Negeri Raden Intan Lampung Tahun 1438/2017 M. 2017.

Susanto, Heri. Akmal, Helmi. 2019. Media Pembelajaran Sejarah Era Teknologi Informasi. Banjarmasin: Program Studi Pendidikan Sejarah Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Lambung Mangkurat.

Sumaryanti Lilis, 2018. Urgency Pembiasaan Membaca Pada Anak Menurut Persefektif Islam. Universitas Muhammadiyah Ponorogo. 2018.

Suparlan. 2019 Teori Konstruktivisme Dalam Pembelajaran, Vol. 1 No. 2 Juli 2019.

Sugiyono. 2017. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Afabeta.

.2019. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, Dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Sukmadinata, N.S.(2017). Metode Penelitian Pendidikan (Edisi Regu).PT.Remaja Rosdakarya.

Windasari Putri, 2018 Pengaruh Media Pembelajaran Wayang Kartun Terhadap Keterampilan Menyimak Pada Peserta Didik Kelas IV di MI Nurul Islam 2 Karang Sari Lampung Selatan. Universitas Islam Negeri Raden Intan Lampung. 2018.

Wuryanto Ifa.2020 Katakan Dengan Karikatur. Bojonggenteng Kab. Sukabumi. Cv. Jejak Anggota, IKAPI.

Widyarti Eny. 2016 Pengembangan Media Pembelajaran Berupa Wayang Kartun Di Kelas B 3 Tk Dharma Wanita Persatuan Desa Pasinan Lemah Putih Kecamatan Wringinanom Kabupaten Gresik, Vol. 04 No. 02. 2016 hlm 198.

Published

02-10-2024

How to Cite

Santi, V., Nurfitriani, M., & Pratiwi, A. S. (2024). Pengembangan Media Wayang Kartun untuk Meningkatkan Kemampuan Mengenal Huruf Hijaiyah Siswa Kelas I Sekolah Dasar. Leksikon: Jurnal Pendidikan Bahasa, Sastra, Dan Budaya, 2(2), 48–56. https://doi.org/10.59632/leksikon.v2i2.369