Penerapan Media Teks Narasi Berbasis Kearifan Lokal NTT untuk Meningkatkan Literasi Budaya Siswa SD GMIT Kuanfatu
DOI:
https://doi.org/10.59632/leksikon.v2i2.371Keywords:
Media Pembelajaran, Kearifan Lokal, Literasi BudayaAbstract
Latar belakang penelitian ini adalah masih rendahnya hasil belajar dan kemampuan literasi budaya siswa kelas II SD GMIT Kuanfatu dengan bukti ada 7 siswa yang tuntas dan yang tidak tuntas sebanyak 8 siswa yang belum mencapai KKM 65. Penelitian ini menggunakan metode Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang menggunakan teknik pengumpulan data dengan cara observasi dan tes. Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan hasil belajar dan penerapan media pembelajaran pada pembelajaran Bahasa Indonesia. Aktivitas guru mengalami peningkatan peningkatan selama dua siklus, pada siklus 1 rata-rata keterlaksanaannya adalah 39 dan memperoleh persentase 69,65% , pada siklus II rata-rata keterlaksanaannya adalah 49 dan memperoleh persentase 87,5%. Peningkatan juga terjadi pada hasil belajar siklus I 33,33%, pada siklus II 93,33%. Dapat disimpulkan bahwa penerapan Media Pembelajaran dapat meningkatkan kemampuan literasi budaya siswa kelas II SD GMIT Kuanfatu.Downloads
References
Anggraini, A. (2021). Penerapan Program Literasi Berbasis Cerita Rakyat untuk Menanamkan Perilaku Empati dan Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik Kelas IVA SDN 2 Rejang Lebong.
Arikunto, S. (2013). Prosedur Penelitian: Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.
Bergita, I. (2023). Meningkatkan Hasil Belajar Bahasa Indonesia Materi Menuliskan Kembali Isi Dongeng Menggunakan Media Audio pada Peserta Didik Kelas III SD Katolik Wegaknatar Kecamatan Hewokloang.
Damayanti, S. (2021). Penggunaan Media Audio Visual dalam Meningkatkan Hasil Belajar Akidah Akhlak pada Peserta Didik Kelas IV SDN 33 Lebong.
Dhea Anastasya, F. W. (2018). Pembelajaran Bahasa Indonesia di Sekolah Dasar.
Dilla Fashillah, M. (2022). Pembelajaran Bahasa Indonesia Kelas Tinggi di Sekolah Dasar. Jawa Barat: CV Jejak.
Dr. Syarifuddin, M. (2021). Buku Ajar Kearifan Lokal Daerah Sumatra Selatan. Palembang.
Firdaus, F. (2022). Penelitian Tindakan Kelas di SD. Yogyakarta.
Fitria, A. (2014). Penggunaan Media Audio Visual dalam Pembelajaran Anak Usia Dini.
Hilda, L. (2022). Menjadi Guru Hebat (Cakap Literasi, Cakap Numerasi, dan Berkarakter).
Ibadullah Malawi, M. (2017). Pembelajaran Literasi Berbasis Sastra Lokal. Magetan.
Jatnika, S. A. (2019). Budaya Literasi untuk Menumbuhkan Minat Membaca dan Menulis.
Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. (2017). Materi Pendukung Literasi Budaya dan Kewarganegaraan. Jakarta.
Koentjaraningrat. (2018). Pembelajaran Bahasa Indonesia Berbasis Kearifan Lokal.
Ningrum, A. A. (2022). Canva for Education dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia (Berbasis Teks).
Niswatuzzahro, V. (2018). Penerapan Model Discovery Learning Berbantuan Media Audio Visual untuk Meningkatkan Literasi Sains Siswa Kelas V SD.
Mulyati, N. S. (2017). Peningkatan Kemampuan Menulis Puisi Bebas dengan Menggunakan Media Audio Visual.
Mustadi, A. (2022). Bahasa dan Sastra Indonesia SD Berorientasi Kurikulum Merdeka. Yogyakarta.
Mustofa. (2012). Implementasi Kurikulum 2013 terhadap Proses Belajar Mengajar.
Susi Darihastining, S. N. (2021). Penggunaan Media Audio Visual Berbasis Kearifan Budaya Lokal pada Anak Usia Dini.
Sudijono, A. (2008). Pengantar Statistik Pendidikan. Jakarta: RajaGrafindo Persada.
Winarsunu, T. (2009). Statistik dalam Penelitian Psikologi dan Pendidikan. Malang: UMM Press.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Yesikha Nenometa

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Penulis yang mempublikasikan naskahnya pada LEKSIKON: Jurnal Pendidikan Bahasa, Sastra, & Budaya menyetujui ketentuan berikut: Hak cipta atas artikel apapun pada LEKSIKON: Jurnal Pendidikan Bahasa, Sastra, & Budaya dipegang penuh oleh penulisnya di bawah lisensi Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
- Penulis mengakui bahwa LEKSIKON: Jurnal Pendidikan Bahasa, Sastra, & Budaya berhak sebagai jurnal yang mempublikasikan pertama kali dengan lisensi Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License / CC BY SA 4.0
- Penulis dapat memasukan tulisan secara terpisah, mengatur distribusi non-ekskulif dari naskah yang telah terbit di jurnal ini ke dalam versi yang lain (misal: dikirim ke respository institusi penulis, publikasi ke dalam buku, dll), dengan mengakui bahwa naskah telah terbit pertama kali pada LEKSIKON: Jurnal Pendidikan Bahasa, Sastra, & Budaya.
- Pembaca diperbolehkan mengunduh, menggunakan, dan mengadopsi isi artikel selama mengutip artikel dengan menyebutkan judul, penulis, dan nama jurnal ini. Pengutipan tersebut dilakukan demi kemajuan ilmu pengetahuan dan kemanusiaan serta tidak boleh melanggar hukum yang berlaku.