Kebijakan Akses Terbuka

SIBERNETIK: Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran menerapkan kebijakan akses terbuka (open access policy) terhadap semua artikel yang diterbitkan. Kebijakan ini bertujuan untuk mendukung penyebaran pengetahuan dan hasil penelitian di bidang pendidikan dan pembelajaran secara luas dan berkelanjutan. Jurnal ini mengikuti prinsip-prinsip Budapest Open Access Initiative (BOAI) yang menjamin akses tanpa batas terhadap karya ilmiah, memungkinkan siapa pun untuk membaca, mengunduh, menyalin, mendistribusikan, mencetak, atau menautkan teks lengkap artikel tanpa hambatan finansial, hukum, maupun teknis.

Dengan kebijakan akses terbuka ini, SIBERNETIK berkomitmen untuk memfasilitasi akses yang lebih inklusif terhadap hasil penelitian ilmiah, memperkuat kolaborasi akademik, dan mendorong pengembangan ilmu pengetahuan serta praktik pembelajaran inovatif di berbagai jenjang pendidikan.

Prinsip Utama Kebijakan Akses Terbuka

  1. Akses Tanpa Hambatan
    Semua artikel yang diterbitkan dapat diakses secara gratis oleh pembaca tanpa biaya berlangganan atau pembelian.
  2. Distribusi yang Luas
    Artikel yang diterbitkan dapat diunduh, dibaca, dicetak, dan dibagikan oleh siapa saja, dengan tetap memberikan atribusi yang sesuai kepada penulis dan penerbit.
  3. Lisensi Terbuka
    Jurnal ini menggunakan lisensi Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License (CC BY-SA 4.0) yang mendukung penggunaan ulang, distribusi, dan modifikasi karya, selama memberikan pengakuan kepada penulis asli dan mendistribusikan karya turunan dengan lisensi yang sama.
  4. Dukungan Terhadap Pengembangan Pendidikan dan Pembelajaran
    Kebijakan akses terbuka ini sejalan dengan misi jurnal untuk mendukung pengembangan pendidikan dan pembelajaran melalui penyebaran ilmu pengetahuan yang bermanfaat, relevan, dan dapat diterapkan di berbagai jenjang pendidikan.

Manfaat Akses Terbuka untuk Penulis dan Pembaca

  1. Meningkatkan visibilitas dan dampak karya ilmiah penulis, sehingga hasil penelitian di bidang pendidikan dan pembelajaran dapat dikenal dan dimanfaatkan secara luas.
  2. Memperluas akses terhadap informasi dan pengetahuan bagi pendidik, peneliti, mahasiswa, serta praktisi pendidikan di berbagai jenjang dan wilayah.
  3. Mendorong kolaborasi lintas sektor dan lintas institusi dalam pengembangan inovasi pembelajaran dan peningkatan mutu pendidikan.

Dengan kebijakan ini, SIBERNETIK: Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran berkomitmen untuk menjadi sarana penyebarluasan karya ilmiah yang inklusif, transparan, dan berorientasi pada kemajuan pendidikan, serta berperan aktif dalam memperkuat budaya akademik dan inovasi di dunia pendidikan.

Tanda Tangan Organisasi (Organization Signatures)
SIBERNETIK: Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran, yang diterbitkan oleh UPT Publikasi dan Penerbitan Universitas San Pedro, menunjukkan komitmen terhadap akses terbuka. Sebagai bagian dari upaya ini, SIBERNETIK: Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran mendukung pengarsipan mandiri dan penerbitan jurnal akses terbuka sesuai dengan prinsip-prinsip Budapest Open Access Initiative (BOAI). Penandatanganan inisiatif ini menegaskan dedikasi institusi kami terhadap penyebaran ilmu pengetahuan yang lebih luas dan mudah diakses oleh masyarakat.