Dampak Perilaku Disruptif Siswa terhadap Kekondusifan Kelas IV Mata Pelajaran IPS di Sekolah Dasar

Authors

  • Shela Antika Universitas Islam Negeri Mahmud Yunus Batusangkar
  • Yufi Latmini Lasari Universitas Islam Negeri Mahmud Yunus Batusangkar
  • Gustina Universitas Islam Negeri Mahmud Yunus Batusangkar

DOI:

https://doi.org/10.59632/sjpp.v1i1.12

Keywords:

Perilaku Disruptif, Kekondusifan Kelas, Pembelajaran IPS

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif. Perngumpulan data dilakukan menggunakan metode wawancara, dan observasi. Penelitian ini dilakukan dikelas IV SD ini bertujuan untuk menganalisis dampak prilaku disruptif siswa terhadap kekondusifan kelas. Prilaku disruptif merupakan prilaku menyimpang seperti ribut pada saat jam pembelajaran, bermain dengan teman, mengganggu trman yang sedang fokus mengikuti pembelajaran dan  lalai dalam mengerjakan tugas yang telah diberikan oleh guru. Penyebabnya faktor psikologis pada anak, kurang perhatian dan motivasi yang diberikan guru, guru kurang adil terhadap siswa didalam kelas misalnya membeda-bedakan antara anak yang pintar dan anak yang kurang mengerti dalam pembelajaran, pola asuh orangtua yang tidak konsisten sehingga disekolah anak berprilaku disruptif dan sebagainya.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Arbuckle, R., & Abetz-Webb, L. (2013). Not just little adults: qualitative methods to support the development of pediatric patient-reported outcomes. The PatientPatient-Centered Outcomes Research, 6(3), 143-159.

Bidell, M. P. (2018). School Counselors Connecting the Dots Between Disruptive Classroom Behavior and Youth Self-Concept. Journal of Chemical Information and Modeling, 53(9), 1689–1699.

Christian, S., & Hidayat, D. (2020). Peran guru dalam menangani perilaku mengganggu (Disruptive Behavior) siswa pada proses pembelajaran di kelas.

Joslyn, P.R., Timothy, R. Vollmer, And Kronfli, F.R. (2019). “Interdependent Group Contingencies Reduce Disruption In Alternative High School Classrooms,” Journal Of Behavioral Education 28 (4), 423–34, Https://Doi.Org/10.1007/S10864-019-09321-0.

Novitasari, R. (2016). Kecenderungan Perilaku Disruptif Pada Anak Usia Prasekolah Ditinjau Dari Stres Pengasuhan Ibu. Intuisi: Jurnal Psikologi Ilmiah, 8 (2), 61– 70.

Prijanto, J.H dan Oktavia, K. (2020). Tindakan Tepat Guru Kristen Menghadapi Siswa Bermasalah dalam Perannya Menuntun dan Membimbing Siswa. Diligentia: Journal of Theology and Christian Education, 3(1), 1-15.

Syafwar, F. (2016). Intervensi Penanggulangan Perilaku Bermasalah dalam Pembelajaran. Proceeding International Seminar on Education, Faculty of Tarbiyah and Teacher Training, 171-178.

Supardi.(2011). Ilmu Pengetahuan Sosial, 186-187

Widodo, G.S; Hariyono; dan Hanurawan, F. (2016). Persepsi Guru tentang Kenakalan Siswa: Studi Kasus di Sekolah Dasar Raja Agung. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran, 23(2), 142-153.

Published

20-06-2023

Scite_ Smart Citation

Dimensions Citation

How to Cite

Antika, S., Lasari, Y. L., & Gustina, G. (2023). Dampak Perilaku Disruptif Siswa terhadap Kekondusifan Kelas IV Mata Pelajaran IPS di Sekolah Dasar. SIBERNETIK: Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran, 1(1), 25–33. https://doi.org/10.59632/sjpp.v1i1.12

Similar Articles

1 2 3 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.