Dampak Perilaku Disruptif Siswa terhadap Kekondusifan Kelas IV Mata Pelajaran IPS di Sekolah Dasar
DOI:
https://doi.org/10.59632/sjpp.v1i1.12Keywords:
Perilaku Disruptif, Kekondusifan Kelas, Pembelajaran IPSAbstract
Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif. Perngumpulan data dilakukan menggunakan metode wawancara, dan observasi. Penelitian ini dilakukan dikelas IV SD ini bertujuan untuk menganalisis dampak prilaku disruptif siswa terhadap kekondusifan kelas. Prilaku disruptif merupakan prilaku menyimpang seperti ribut pada saat jam pembelajaran, bermain dengan teman, mengganggu trman yang sedang fokus mengikuti pembelajaran dan lalai dalam mengerjakan tugas yang telah diberikan oleh guru. Penyebabnya faktor psikologis pada anak, kurang perhatian dan motivasi yang diberikan guru, guru kurang adil terhadap siswa didalam kelas misalnya membeda-bedakan antara anak yang pintar dan anak yang kurang mengerti dalam pembelajaran, pola asuh orangtua yang tidak konsisten sehingga disekolah anak berprilaku disruptif dan sebagainya.
Downloads
References
Arbuckle, R., & Abetz-Webb, L. (2013). Not just little adults: qualitative methods to support the development of pediatric patient-reported outcomes. The PatientPatient-Centered Outcomes Research, 6(3), 143-159.
Bidell, M. P. (2018). School Counselors Connecting the Dots Between Disruptive Classroom Behavior and Youth Self-Concept. Journal of Chemical Information and Modeling, 53(9), 1689–1699.
Christian, S., & Hidayat, D. (2020). Peran guru dalam menangani perilaku mengganggu (Disruptive Behavior) siswa pada proses pembelajaran di kelas.
Joslyn, P.R., Timothy, R. Vollmer, And Kronfli, F.R. (2019). “Interdependent Group Contingencies Reduce Disruption In Alternative High School Classrooms,” Journal Of Behavioral Education 28 (4), 423–34, Https://Doi.Org/10.1007/S10864-019-09321-0.
Novitasari, R. (2016). Kecenderungan Perilaku Disruptif Pada Anak Usia Prasekolah Ditinjau Dari Stres Pengasuhan Ibu. Intuisi: Jurnal Psikologi Ilmiah, 8 (2), 61– 70.
Prijanto, J.H dan Oktavia, K. (2020). Tindakan Tepat Guru Kristen Menghadapi Siswa Bermasalah dalam Perannya Menuntun dan Membimbing Siswa. Diligentia: Journal of Theology and Christian Education, 3(1), 1-15.
Syafwar, F. (2016). Intervensi Penanggulangan Perilaku Bermasalah dalam Pembelajaran. Proceeding International Seminar on Education, Faculty of Tarbiyah and Teacher Training, 171-178.
Supardi.(2011). Ilmu Pengetahuan Sosial, 186-187
Widodo, G.S; Hariyono; dan Hanurawan, F. (2016). Persepsi Guru tentang Kenakalan Siswa: Studi Kasus di Sekolah Dasar Raja Agung. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran, 23(2), 142-153.
Downloads
Published
Scite_ Smart Citation
Dimensions Citation
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Shela Antika, Yufi Latmini Lasari, Gustina

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Penulis yang mempublikasikan naskahnya pada SIBERNETIK: Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran menyetujui ketentuan berikut: Hak cipta atas artikel apapun pada ABDI UNISAP: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat dipegang penuh oleh penulisnya di bawah Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License dengan ketentuan sebagai berikut:
- Penulis mengakui bahwa SIBERNETIK: Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran berhak sebagai jurnal yang mempublikasikan pertama kali dengan lisensi Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
- Penulis dapat memasukan tulisan secara terpisah, mengatur distribusi non-ekskulif dari naskah yang telah terbit di jurnal ini ke dalam versi yang lain (misal: dikirim ke respository institusi penulis, publikasi ke dalam buku, dll), dengan mengakui bahwa naskah telah terbit pertama kali pada SIBERNETIK: Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran.
- Pembaca diperbolehkan mengunduh, menggunakan, dan mengadopsi isi artikel selama mengutip artikel dengan menyebutkan judul, penulis, dan nama jurnal ini. Pengutipan tersebut dilakukan demi kemajuan ilmu pengetahuan dan kemanusiaan serta tidak boleh melanggar hukum yang berlaku.