Dampak Kebiasaan Menyontek Bagi Perkembangan Karakter dan Proses Belajar Siswa SD/MI
DOI:
https://doi.org/10.59632/sjpp.v1i1.10Keywords:
Kebiasan Menyontek, Perkembangan Karakter, Proses BelajarAbstract
Penelitian ini bermula dari maraknya kebiasaan menyontek bagi para pelajar, Penelitian ini bertujuan untuk menguraikan dampak dari kebiasaan menyontek bagi perkembangan karakter dan proses belajar siswa SD/MI. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif dan menggunakan metode penelitian studi kasus. Informan pada penelitian ini yaitu wali kelas kelas 2 dan wali kelas kelas 4 SD X Batusangkar. Instrumen dalam penelitian ini yaitu peneliti sendiri namun dalam proses penelitian peneliti menggunakan alat bantu dengan pedoman wawancara, kamera,perekam suara dan juga catatan lapangan. Proses pengumpulan data yang dilakukan oleh peneliti yaitu dengan observasi, mengamati proses pembelajaran di kelas, wawancara dan tak lupa dokumentasi. Peneliti memperoleh data informasi dengan cara analisis data menggunakan model miles dan huberman, yaitu reduksi data display data dan kesimpulan. Demi menghasilkan keabsahan data peneliti menggunakan teknik triangulasi. Pada hasil penelitian ini menunjukkan bahwa kebiasaan menyontek sangat berpengaruh terhadap perkembangan karakter siswa dan proses belajar siswa di SD/MI, tingkat kemalasan siswa dalam belajar menjadi meningkat, siswa tidak biasa untuk berpikir kritis dan siswa akan terus merasa tidak percaya dengan dirinya sendiri.
Downloads
References
Astuti, I. N. J. (2019). Efektivitas Reinforcement Dalam Konseling.
Fabiana Meijon Fadul. (2019). 済無No Title No Title No Title. 1–30.
Hermianto, & Ripli, M. (2019). Penaruh Konseling Behavior Teknik Asertif Dalam Mencegah Kecenderungan Minuman Miras Pada Siswa KELAS VIII MTs Tirtanadi. 3(1), 12–19.
Khairuni, N. (2016). DAMPAK POSITIF DAN NEGATIF SOSIAL MEDIA TERHADAP PENDIDIKAN AKHLAK ANAK (Studi Kasus di SMP Negeri 2 Kelas VIII Banda Aceh). JURNAL EDUKASI: Jurnal Bimbingan Konseling, 2(1), 91. https://doi.org/10.22373/je.v2i1.693
Megawati, B. (2020). TARBIYAH bil QALAM. KORUPSI DAN PRILAKU KORUPTIF Jurnal Pendidikan, Agama Dan Sains, V, 60–64.
Muhsinin, A., Matematika, J. T., Tarbiyah, F., & Ilmu, D. A. N. (2018). Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw Disertai Resume Pemahaman Konsep Matematis Siswa Kelas Ix Smp N 2.
Nizaar, M. (2017). Perilaku Menyontek Sebagai Indikasi Gagalnya Efikasi Diri (Self Efficacy) Anak Dalam Pembelajaran. Taman Cendekia: Jurnal Pendidikan Ke-SD-An, 1(1), 27. https://doi.org/10.30738/tc.v1i1.1577
Safrizal, S. (2019). Adiwiyata; Model of Building Science Literacy of Basic School Students in 21St Century. PROCEEDING IAIN Batusangkar, Query date: 2020-08-14 14:24:03, 277–282.
Sari, Y. N. (2015). Faktor Penyebab dan Dampak Negatif Menyontek bagi Siswa Sekolah Menengah Pertama (Studi Kasus di SMP Suka Maju Surakarta Tahun Pelajaran 2014/2015). Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran, 5.
Suhandi A, & Lestari T. (2021). Pengaruh Kebudayaan Menyontek Terhadap Perkembangan Kemandirian Anakupaya Pemberantasan Kebiasaanmenyontekdi Lingkungan Sekolah. Academy of Education Journal, 12, 1–9.
Downloads
Published
Scite_ Smart Citation
Dimensions Citation
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Prischa Cahyani Putri, Safrizal

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Penulis yang mempublikasikan naskahnya pada SIBERNETIK: Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran menyetujui ketentuan berikut: Hak cipta atas artikel apapun pada ABDI UNISAP: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat dipegang penuh oleh penulisnya di bawah Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License dengan ketentuan sebagai berikut:
- Penulis mengakui bahwa SIBERNETIK: Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran berhak sebagai jurnal yang mempublikasikan pertama kali dengan lisensi Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
- Penulis dapat memasukan tulisan secara terpisah, mengatur distribusi non-ekskulif dari naskah yang telah terbit di jurnal ini ke dalam versi yang lain (misal: dikirim ke respository institusi penulis, publikasi ke dalam buku, dll), dengan mengakui bahwa naskah telah terbit pertama kali pada SIBERNETIK: Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran.
- Pembaca diperbolehkan mengunduh, menggunakan, dan mengadopsi isi artikel selama mengutip artikel dengan menyebutkan judul, penulis, dan nama jurnal ini. Pengutipan tersebut dilakukan demi kemajuan ilmu pengetahuan dan kemanusiaan serta tidak boleh melanggar hukum yang berlaku.