Dampak Kebiasaan Menyontek Bagi Perkembangan Karakter dan Proses Belajar Siswa SD/MI

Authors

  • Prischa Cahyani Putri Universitas Islam Negeri Mahmud Yunus Batusangkar
  • Safrizal Universitas Islam Negeri Mahmud Yunus Batusangkar

DOI:

https://doi.org/10.59632/sjpp.v1i1.10

Keywords:

Kebiasan Menyontek, Perkembangan Karakter, Proses Belajar

Abstract

Penelitian ini bermula dari maraknya kebiasaan menyontek bagi para pelajar, Penelitian ini bertujuan untuk menguraikan dampak dari kebiasaan menyontek bagi perkembangan karakter dan proses belajar siswa SD/MI. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif dan menggunakan metode penelitian studi kasus. Informan pada penelitian ini yaitu wali kelas kelas 2 dan wali kelas kelas 4 SD X Batusangkar. Instrumen dalam penelitian ini yaitu peneliti sendiri namun dalam proses penelitian peneliti menggunakan alat bantu dengan pedoman wawancara, kamera,perekam suara dan juga catatan lapangan. Proses pengumpulan data yang dilakukan oleh peneliti yaitu dengan observasi, mengamati proses pembelajaran di kelas, wawancara dan tak lupa dokumentasi. Peneliti memperoleh data informasi dengan cara analisis data menggunakan model miles dan huberman, yaitu reduksi data display data dan kesimpulan. Demi menghasilkan keabsahan data peneliti menggunakan teknik triangulasi. Pada hasil penelitian ini menunjukkan bahwa kebiasaan menyontek sangat berpengaruh terhadap perkembangan karakter siswa dan proses belajar siswa di SD/MI, tingkat kemalasan siswa dalam belajar menjadi meningkat, siswa tidak biasa untuk berpikir kritis dan siswa akan terus merasa tidak percaya dengan dirinya sendiri.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Astuti, I. N. J. (2019). Efektivitas Reinforcement Dalam Konseling.

Fabiana Meijon Fadul. (2019). 済無No Title No Title No Title. 1–30.

Hermianto, & Ripli, M. (2019). Penaruh Konseling Behavior Teknik Asertif Dalam Mencegah Kecenderungan Minuman Miras Pada Siswa KELAS VIII MTs Tirtanadi. 3(1), 12–19.

Khairuni, N. (2016). DAMPAK POSITIF DAN NEGATIF SOSIAL MEDIA TERHADAP PENDIDIKAN AKHLAK ANAK (Studi Kasus di SMP Negeri 2 Kelas VIII Banda Aceh). JURNAL EDUKASI: Jurnal Bimbingan Konseling, 2(1), 91. https://doi.org/10.22373/je.v2i1.693

Megawati, B. (2020). TARBIYAH bil QALAM. KORUPSI DAN PRILAKU KORUPTIF Jurnal Pendidikan, Agama Dan Sains, V, 60–64.

Muhsinin, A., Matematika, J. T., Tarbiyah, F., & Ilmu, D. A. N. (2018). Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw Disertai Resume Pemahaman Konsep Matematis Siswa Kelas Ix Smp N 2.

Nizaar, M. (2017). Perilaku Menyontek Sebagai Indikasi Gagalnya Efikasi Diri (Self Efficacy) Anak Dalam Pembelajaran. Taman Cendekia: Jurnal Pendidikan Ke-SD-An, 1(1), 27. https://doi.org/10.30738/tc.v1i1.1577

Safrizal, S. (2019). Adiwiyata; Model of Building Science Literacy of Basic School Students in 21St Century. PROCEEDING IAIN Batusangkar, Query date: 2020-08-14 14:24:03, 277–282.

Sari, Y. N. (2015). Faktor Penyebab dan Dampak Negatif Menyontek bagi Siswa Sekolah Menengah Pertama (Studi Kasus di SMP Suka Maju Surakarta Tahun Pelajaran 2014/2015). Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran, 5.

Suhandi A, & Lestari T. (2021). Pengaruh Kebudayaan Menyontek Terhadap Perkembangan Kemandirian Anakupaya Pemberantasan Kebiasaanmenyontekdi Lingkungan Sekolah. Academy of Education Journal, 12, 1–9.

Published

20-06-2023

Scite_ Smart Citation

Dimensions Citation

How to Cite

Putri, P. C., & Safrizal , S. (2023). Dampak Kebiasaan Menyontek Bagi Perkembangan Karakter dan Proses Belajar Siswa SD/MI. SIBERNETIK: Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran, 1(1), 11–19. https://doi.org/10.59632/sjpp.v1i1.10

Similar Articles

1 2 3 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.