Pelatihan Meningkatkan Kualitas Guru Paud dengan Menggunakan Aplikasi Kipin School

Authors

  • Desi Afrianti Universitas Putra Indonesia “YPTK” Padang
  • Ifani Candra Universitas Putra Indonesia “YPTK” Padang
  • Vera Sriwahyuningsih Universitas Putra Indonesia “YPTK” Padang

DOI:

https://doi.org/10.59632/abdiunisap.v1i1.60

Keywords:

Pelatihan, Meningkatkan, Kualitas, guru paud, aplikasi kipin school

Abstract

Pelatihan ini bertujuan untuk meningkatkan kualitas guru PAUD di PAUD Mutathahirin, Kuranji, Kota Padang dengan menggunakan aplikasi Kipin School. Metode pelaksanaan yang digunakan meliputi sesi pengantar, demonstrasi, praktik langsung, diskusi dan tanya jawab, latihan berkelompok, evaluasi, pendampingan, serta pertemuan lanjutan. Hasil kegiatan pelatihan menunjukkan peningkatan signifikan dalam pemahaman dan keterampilan penggunaan aplikasi Kipin School oleh guru-guru PAUD di PAUD Mutathahirin. Para guru telah berhasil mengintegrasikan aplikasi ini ke dalam pembelajaran mereka, menggunakan fitur-fitur seperti modul pembelajaran interaktif, perencanaan pembelajaran, penilaian, dan kolaborasi antara guru dan orangtua. Melalui pelatihan ini, guru-guru PAUD di PAUD Mutathahirin mendapatkan pemahaman yang lebih baik tentang potensi dan manfaat aplikasi Kipin School dalam meningkatkan kualitas pembelajaran di kelas. Mereka telah mengembangkan strategi pengajaran yang efektif dengan menggunakan aplikasi ini, meningkatkan interaksi dengan siswa dan orangtua, serta meningkatkan efisiensi dalam perencanaan dan penilaian pembelajaran. Dalam kesimpulan, pelatihan ini berhasil meningkatkan kualitas guru PAUD di PAUD Mutathahirin melalui penggunaan aplikasi Kipin School. Para guru mampu mengintegrasikan aplikasi ini secara efektif dalam pembelajaran, meningkatkan interaksi dengan siswa dan orangtua, serta meningkatkan efisiensi dalam perencanaan dan penilaian pembelajaran. Dengan demikian, pelatihan ini memberikan kontribusi positif dalam meningkatkan kualitas pendidikan di PAUD Mutathahirin, Kuranji, Kota Padang.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Afrianti, D., & Febriana, N. (2022). Pelatihan Meningkatkan Budaya Membaca Dengan Memanfaatkan Teknologi Digital Pada Siswa SDN. Monsu’ani Tano Jurnal Pengabdian Masyarakat, 5(1), 35-43

Afrianti, D., & Mulyadi, J. (2022). Peranan Aplikasi Kipin School 4.0 dalam Implementasi Pembelajaran Bahasa Indonesia. Jurnal Review Pendidikan dan Pengajaran (JRPP), 5(1), 103-107.

Badan Pengembangan dan Pembinaan bahasa. (2016). KBBI. https://kbbi.kemdikbud.go.id/

Rusli, M., dkk (2020). Pelatihan Microsoft Powerpoint Dasar Bagi Guru Guru Paud Kabupaten Bekasi. Jurnal PKM ABDIMAS, 1 (1), 12-15

Pendidikan.id. (2021). Kipin School. https://www.kipin.id/school/index.html

Published

20-06-2023

Scite_ Smart Citation

Dimensions Citation

How to Cite

Afrianti, D., Candra, I., & Sriwahyuningsih, V. (2023). Pelatihan Meningkatkan Kualitas Guru Paud dengan Menggunakan Aplikasi Kipin School. ABDI UNISAP: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(1), 161–165. https://doi.org/10.59632/abdiunisap.v1i1.60

Similar Articles

1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.