Pelatihan Meningkatkan Kualitas Guru Paud dengan Menggunakan Aplikasi Kipin School
DOI:
https://doi.org/10.59632/abdiunisap.v1i1.60Keywords:
Pelatihan, Meningkatkan, Kualitas, guru paud, aplikasi kipin schoolAbstract
Pelatihan ini bertujuan untuk meningkatkan kualitas guru PAUD di PAUD Mutathahirin, Kuranji, Kota Padang dengan menggunakan aplikasi Kipin School. Metode pelaksanaan yang digunakan meliputi sesi pengantar, demonstrasi, praktik langsung, diskusi dan tanya jawab, latihan berkelompok, evaluasi, pendampingan, serta pertemuan lanjutan. Hasil kegiatan pelatihan menunjukkan peningkatan signifikan dalam pemahaman dan keterampilan penggunaan aplikasi Kipin School oleh guru-guru PAUD di PAUD Mutathahirin. Para guru telah berhasil mengintegrasikan aplikasi ini ke dalam pembelajaran mereka, menggunakan fitur-fitur seperti modul pembelajaran interaktif, perencanaan pembelajaran, penilaian, dan kolaborasi antara guru dan orangtua. Melalui pelatihan ini, guru-guru PAUD di PAUD Mutathahirin mendapatkan pemahaman yang lebih baik tentang potensi dan manfaat aplikasi Kipin School dalam meningkatkan kualitas pembelajaran di kelas. Mereka telah mengembangkan strategi pengajaran yang efektif dengan menggunakan aplikasi ini, meningkatkan interaksi dengan siswa dan orangtua, serta meningkatkan efisiensi dalam perencanaan dan penilaian pembelajaran. Dalam kesimpulan, pelatihan ini berhasil meningkatkan kualitas guru PAUD di PAUD Mutathahirin melalui penggunaan aplikasi Kipin School. Para guru mampu mengintegrasikan aplikasi ini secara efektif dalam pembelajaran, meningkatkan interaksi dengan siswa dan orangtua, serta meningkatkan efisiensi dalam perencanaan dan penilaian pembelajaran. Dengan demikian, pelatihan ini memberikan kontribusi positif dalam meningkatkan kualitas pendidikan di PAUD Mutathahirin, Kuranji, Kota Padang.
Downloads
References
Afrianti, D., & Febriana, N. (2022). Pelatihan Meningkatkan Budaya Membaca Dengan Memanfaatkan Teknologi Digital Pada Siswa SDN. Monsu’ani Tano Jurnal Pengabdian Masyarakat, 5(1), 35-43
Afrianti, D., & Mulyadi, J. (2022). Peranan Aplikasi Kipin School 4.0 dalam Implementasi Pembelajaran Bahasa Indonesia. Jurnal Review Pendidikan dan Pengajaran (JRPP), 5(1), 103-107.
Badan Pengembangan dan Pembinaan bahasa. (2016). KBBI. https://kbbi.kemdikbud.go.id/
Rusli, M., dkk (2020). Pelatihan Microsoft Powerpoint Dasar Bagi Guru Guru Paud Kabupaten Bekasi. Jurnal PKM ABDIMAS, 1 (1), 12-15
Pendidikan.id. (2021). Kipin School. https://www.kipin.id/school/index.html
Downloads
Published
Scite_ Smart Citation
Dimensions Citation
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Desi Afrianti, Ifani Candra, Vera Sriwahyuningsih

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
- Hak cipta atas artikel yang diterbitkan dalam ABDI UNISAP: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat tetap dipegang oleh penulis. Artikel tersebut dipublikasikan di bawah lisensi Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License (CC BY-SA 4.0), yang memungkinkan siapa pun untuk berbagi dan mengadaptasi karya dengan tetap memberikan atribusi kepada penulis dan mempertahankan lisensi yang sama untuk karya turunan.
- Penulis mengakui bahwa ABDI UNISAP: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat adalah penerbit pertama yang menerbitkan artikel di bawah lisensi Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License (CC BY-SA 4.0).
- Penulis diperbolehkan untuk mendistribusikan kembali artikelnya dalam bentuk lain (misalnya di repositori institusi, buku, atau media lainnya), dengan tetap mencantumkan bahwa artikel telah diterbitkan pertama kali di ABDI UNISAP: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat.
- Pembaca diperbolehkan untuk mengunduh, menggunakan, dan mengadaptasi isi artikel sesuai dengan lisensi Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License (CC BY-SA 4.0) dengan memberikan atribusi kepada penulis dan mencantumkan nama jurnal. Penggunaan tersebut harus tetap mematuhi ketentuan lisensi serta hukum yang berlaku.





