Keterampilan Guru dalam Penerapan Kurikulum 2013 di Madrasah Ibtidaiyah Negeri (MIN) 3 Aceh Barat
DOI:
https://doi.org/10.59632/sjpp.v1i1.13Keywords:
Keterampilan guru, Kurikulum 2013, Sekolah DasarAbstract
Keterampilan guru dalam mengontrol kelas dan menciptakan pembelajaran yang menyenangkan sangat penting dilakukan. Dalam penerapan kurikulum 2013 tingkat sekolah dasar berorientasi pada pembelajaran yang berpusat pada keterampilan siswa. Untuk itu, penelitian ini bertujuan untuk mengkaji keterampilan guru dalam menerapkan kurikulum 2013 pada proses pembelajaran di MIN 3 Aceh Barat. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif deskriptif dimana sumber datanya terdiri dari data primer dan sekunder. Adapun teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Sedangkan teknik analisis data diolah melalui tiga tahapan: reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelittian menunjukkan bahwa keterampilan guru dalam menerapkan kurikulum 2013 sudah cukup baik. Hal ini dapat diketahui berdasarkan cara guru dalam menyajikan pembelajaran, pembelajaran yang berpusat pada siswa, dan pengelolaan kelas yang baik.
Downloads
References
Hamalik, O. (2002). Psikologi belajar mengajar. Sinar Baru Algensindo.
Hasibuan, J. J., & Moedjiono. (1995). Proses belajar mengajar. Penerbit PT Remaja Rosdakarya.
Minsih, & Galih, A. (2010). Peranan Guru Dalam Pengelolaan Kelas. Lentera Pendidikan : Jurnal Ilmu Tarbiyah Dan Keguruan, 13(2), 192–210. https://doi.org/10.24252/lp.2010v13n2a6
Mukhtar. (2015). Strategi Kepala Sekolah Dalam Meningkatkan Kinerja Guru Pada Smp Negeri Di Kecamatan Masjid Raya Kabupaten Aceh Besar. Jurnal Administrasi Pendidikan : Program Pascasarjana Unsyiah, 3(3), 103–117.
Mukminin, A., Fitria, H., & Fitriani, Y. (2022). Pengaruh Kurikulum 2013 dan Kinerja Guru Terhadap Hasil Belajar Siswa. Jurnal Pendidikan Tambusai, 6(3), 14009–14017. https://doi.org/10.31004/jptam.v6i3.4929
Mulyasa, E. (2009). Standar kompetensi guru dan sertifikasi guru. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Mulyasa, E. (2015). Menjadi guru profesional, menciptakan pembelajaran kreatif dan menyenangkan. PT. Remaja Rosdakarya.
Mulyasa, E. (2017). Pengembangan dan implementasi kurikulum 2013. PT. Remaja Rosdakarya.
Nur, S. (2014). Pengaruh Pengelolaan Kelas Terhadap Minat Belajar Pkn Pada Peserta Didik Di Sma I Polewali. Jurnal Pepatuzdu, 8(1), 62–81.
Rahmi, R., & Fadhil, I. (2022). Learning From Home: School and Parents Collaboration in Mi Ma’Arif Darussalam Prambanan, Yogyakarta. EduHumaniora | Jurnal Pendidikan Dasar Kampus Cibiru, 14(2), 133–139. https://doi.org/10.17509/eh.v14i2.43314
Sardiman, A. M. (2020). Interaksi & motivasi belajar mengajar. PT RajaGrafindo Persada.
Sugihartono. (2013). Psikologi Pendidikan. UNY Press.
Usman, M. U. (2002). Menjadi guru profesional. PT Remaja Rosdakarya.
Downloads
Published
Scite_ Smart Citation
Dimensions Citation
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Shinta Agustira, Farah Sumaiyah, Rina Rahmi

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Penulis yang mempublikasikan naskahnya pada SIBERNETIK: Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran menyetujui ketentuan berikut: Hak cipta atas artikel apapun pada ABDI UNISAP: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat dipegang penuh oleh penulisnya di bawah Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License dengan ketentuan sebagai berikut:
- Penulis mengakui bahwa SIBERNETIK: Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran berhak sebagai jurnal yang mempublikasikan pertama kali dengan lisensi Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
- Penulis dapat memasukan tulisan secara terpisah, mengatur distribusi non-ekskulif dari naskah yang telah terbit di jurnal ini ke dalam versi yang lain (misal: dikirim ke respository institusi penulis, publikasi ke dalam buku, dll), dengan mengakui bahwa naskah telah terbit pertama kali pada SIBERNETIK: Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran.
- Pembaca diperbolehkan mengunduh, menggunakan, dan mengadopsi isi artikel selama mengutip artikel dengan menyebutkan judul, penulis, dan nama jurnal ini. Pengutipan tersebut dilakukan demi kemajuan ilmu pengetahuan dan kemanusiaan serta tidak boleh melanggar hukum yang berlaku.





