Peran WhatsApp Group dalam Meningkatkan Komunikasi Sosial di Madrasah Tsanawiyah Bustanul Ulum

Authors

  • M. Fahrul Muchlis Universitas Muhammadiyah Riau
  • Diaz Sari Universitas Muhammadiyah Riau
  • Sepri Rahmad Jeki Irwan Universitas Muhammadiyah Riau
  • Very Heriansyah Universitas Muhammadiyah Riau

DOI:

https://doi.org/10.59632/sjpp.v3i1.440

Keywords:

WhatsApp Group, Komunikasi Sosial, Pendidikan Madrasah, Teknologi Pendidikan

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis peran WhatsApp Group dalam meningkatkan komunikasi sosial di Madrasah Tsanawiyah Bustanul Ulum. Latar belakang penelitian ini berfokus pada pentingnya komunikasi yang efektif dalam lingkungan pendidikan, khususnya di madrasah yang memiliki karakteristik berbasis keislaman. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengeksplorasi bagaimana WhatsApp Group dapat mempercepat penyebaran informasi dan mempererat hubungan sosial antar siswa, guru, dan orang tua. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode studi kasus, di mana data dikumpulkan melalui wawancara mendalam dengan satu guru wali kelas dan 15 siswa, serta observasi aktivitas grup WhatsApp sekolah. Hasil penelitian menunjukkan bahwa WhatsApp Group berfungsi sebagai media yang efektif dalam penyebaran informasi akademik dan non-akademik, serta meningkatkan interaksi sosial antar warga sekolah. Penggunaan WhatsApp yang terstruktur dan etis menjadi faktor kunci dalam efektivitas komunikasi ini. Simpulan penelitian ini adalah WhatsApp Group telah berhasil meningkatkan komunikasi sosial di madrasah. Saran untuk sekolah adalah untuk mengatur waktu penggunaan WhatsApp Group yang lebih terstruktur, seperti membatasi percakapan pada jam-jam tertentu, agar tidak mengganggu kegiatan belajar mengajar atau waktu pribadi siswa dan guru. Hal ini dapat membantu menjaga keseimbangan antara komunikasi sosial dan kebutuhan belajar.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Dewi, N. P., & Laelasari, I. 2020.). Penerapan pembelajaran IPA daring berbasis WhatsApp Group untuk siswa Madrasah Ibtidaiyyah di tengah pandemi COVID-19. https://doi.org/10.21043/jp.v14i2

Hartatik, F., Hernina, I., & Lestari, D. (2021). Penggunaan WhatsApp sebagai media komunikasi pembelajaran Bahasa Inggris. Nomosleca: Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Bahasa Indonesia, 7(1). https://doi.org/10.26905/nomosleca

Khoiriyah, N., Ula, Z., Fauziyah, Y., Anbiya, B. F., & Pendidikan Agama Islam. (2023). Analisis pemanfaatan aplikasi WhatsApp sebagai alat komunikasi guru dan siswa dalam pembelajaran: Perspektif guru Pendidikan Agama Islam. Jurnal Taklim, 21(1). https://ejournal.upi.edu/index.php/taklim

Lee, C. E., Chern, H. H., & Azmir, D. A. (2023). WhatsApp use in a higher education learning environment: Perspective of students of a Malaysian private university on academic performance and team effectiveness. Education Sciences, 13(3), 244. https://doi.org/10.3390/educsci13030244

Magister Pendidikan, Universitas Kristen Wacana Sumba. (n.d.). Pendekatan penelitian pendidikan: Metode penelitian kualitatif, metode penelitian kuantitatif dan metode penelitian kombinasi (mixed method).

Mbada, C. E., Jeje, O. O., Akande, M., Mbada, K. A., Fatoye, C., Olakorede, D., Awoniyi, O., Okafor, U. A. C., Falade, O., & Fatoye, F. (2023). Social presence and dynamics of group communication: An analysis of a health professionals WhatsApp group chats. PLOS ONE, 18(7), e0288773. https://doi.org/10.1371/journal.pone.0288773

Nurdin, N., Nurliana, N., & Mashuri, S. (2022). Online Islamic religious education learning during COVID-19 pandemic. International Journal of Contemporary Islamic Education, 4(1). https://doi.org/10.1016/j.iheduc.2010.07

Sadikin, A., & Hamidah, A. (2020). Pembelajaran daring di tengah wabah COVID-19. BIODIK: Jurnal Ilmiah Pendidikan Biologi, 6(2), 214–224. https://doi.org/10.22437/bio.v6i2.9759

Safira, I., Luthfi, M., Syaroh, M., & Lubis, I. (2022). Pengaruh penggunaan WhatsApp dalam kegiatan pembelajaran terhadap prestasi belajar di masa pandemi (Studi kasus dilakukan pada siswa kelas IX Madrasah Tsanawiyah Al-Wasliyah Jalan Tanjung Mulia Medan). Jurnal Network Media, 5(2), 2569–6446.

Ziden, A. A., Rahman, M. F. A., & Ching, T. W. (2020). Exploring the use of mobile instant messaging for parent-teacher communication. International Journal of Interactive Mobile Technologies (iJIM), 14(4), 152–165. https://doi.org/10.3991/ijim.v14i04.12403

Published

30-06-2025

Scite_ Smart Citation

Dimensions Citation

How to Cite

Muchlis, M. F., Sari, D., Irwan, S. R. J., & Heriansyah, V. (2025). Peran WhatsApp Group dalam Meningkatkan Komunikasi Sosial di Madrasah Tsanawiyah Bustanul Ulum. SIBERNETIK: Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran, 3(1), 62–67. https://doi.org/10.59632/sjpp.v3i1.440

Similar Articles

1 2 3 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.