Peran Guru dalam Upaya Menanamkan Nilai-Nilai Kedisiplinan pada Siswa Kelas XI SMAS St. Petrus Kewapante
DOI:
https://doi.org/10.59632/sjpp.v1i1.155Keywords:
Peran Guru, Kedisiplinan, SMAS St. Petrus Kewapante.Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui upaya guru dalam menanamkan nilai-nilai kedisiplinan pada siswa kelas XI SMAS St. Petrus Kewapante. Metode penelitiannya adalah kualitatif deskriptif. Teknik dan pengumpulan data melalui tiga langkah, yaitu observasi, wawancara dan dokumentasi. Informen yang dijadikan sumber yaitu guru BK, kepala sekolah, guru PKN, dan wali kelas XI. Hasil penelitian adalah kedisiplinan siswa kelas XI SMAS St. Petrus Kewapante masih kurang karena terdapat siswa yang tidak menaati aturan dalam hal disiplin waktu, disiplin berpakaian, dan disiplin perbuatan. Upaya guru untuk mengatasi masalah tersebut yaitu dengan memberikan teladan dan motivasi yang baik agar siswa dapat menaati aturan sekolah.Downloads
References
Abu Ahmadi, (1991). Psikologi belajar. Jakarta: PT Rineka Cipta
Ad Rooijakkers. 1999. Mengajar dengan Sukses Petunjuk untuk Merencanakan dan Menyampaikan Pengajaran. Jakarta: PT Grafindo
A.M, Sardiman. (2005). Interaksi Dan Motivasi Belajar. Jakarta:Rajawali Press.
A.M, Sardiman (2012), Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: Raja Grafindo Persada
A.S. Moenir, 2010. Manajemen pelayananumum di Indonesia. Bumi Aksara: Jakarta. Hlm 88
Ahmad Susanto. (2013). Teori Belajar dan Pembelajaran di Sekolah Dasar. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.
Ahmad Tafsir, Ilmu Pendidikan Islam, (Bandung: Pustaka setia, 2014).
Ali, Muhammad. (2011). Memahami Riset Perilaku Dan Sosial. Bandung :CV. Pustaka Cendikia Utama.
Anis Ibnatul M, dkk. (2013). Pendidikan Nasionalisme Melalui Pembiasaan di SD Negeri Kuningan 02 Semarang Utara. Jurnal: UNES
Aulina, Chorun Nisak. (2013). Penanaman Disiplin Pada Anak Usia Dini. Pedagogia. Volume2, Nomor 1 Februari.
Asmani, Jamal Ma’mur. 2013. “Tips Menjadi Guru, Inspiratif, Kreatif dan Inofatif “ Jogjakarta: Diva Pres.
Baharuddin, D dan Ansar, I. A. (2019). Pengaruh Kompetensi Indenpedensi Dan Fee Audit terhadap kualitas audit pada KAP di makasar. Jurnal Telaah Dan Riset Akuntansi , 8(1), 1-8
Departemen Pendidikan Nasional. 2005. Undang-Undang Republik Indonesia, Nomor 14 Tahun 2005 Tentang Guru Dan Dosen. Depdiknas RI : Jakarta.
Depdiknas. 2001. Kamus Besar Bahasa Indonesia. Jakarta ;Balai Pustaka
Fachreza, Devilia Sari. “ Pengaruh Kualitas Produk, Harga, Dan Kepercayaan Terhadap Proses Keputusan Pembelian Konsumen Perusahaan Konveksi Inglorious Industries Di Kota Bandung.” 4(1): Terhadap Keputusan Pembelian Perhiasan Emas Pada PT. Pegadaian (Persero) Cabang Manado Utara.” IISSN: 2461-0593 5:1-15.
Fathurrohman, Pupuh. 2013. Pengembangan Pendidikan Karakter. Bandung: Refika Aditama.
Hamalik, Oemar. (2001). Proses Belajar Mengajar. Jakarta: Bumi Aksara
Hamalik, Oemar. 2002. Pendidikan Guru Berdasarkan Pendekatan Kompetensi. Bandung ; PT Bumi Aksara.
Hidayatullah, M. F. (2010). Pendidikan Karakter: Membangun Peradaban Bangsa. Surakarta: Yuma Pustaka.
Hudzaifah. 2012. Analisis Pemakaian Seragam Sekolah Siswa SMK dalam Tinjauan Pendidikan Kritis di SMK N5 Surakarta Tahun akaran 2011/2012. Jurnal Nosel, 1 (3). Surakarta: Universitas Negeri Surakarta.
Imran. (2010). Pembinaan Guru Di Indonesia. Jakarta: Pustaka Jaya.
Ishlahunnisa’. 2010. Mendidik Anak Perempuan. Solo: PT Aqwam Media Profetika
Isjoni. (2009). Cooperatif Learning. Alfabeta. Bandung.
KKBI, 2008. Kamus Besar Bahasa Indonesia. Balai Pustaka. Jakarta.
Lickona, Thomas. Pendidikan Karakter: Panduan Lengkap Mendidik Siswa Menjadi Pintar Dan Baik. Bandung; Nusa Media, 2013.
Martha Efirlinn dan Fadillah Mawarni. (2014). Penanaman Perilakuk Disiplin Anak Usia 5-6 Tahun Di TK Primanda Untan Pontianak. Program Studi Guru Pendidikan Anak Usia Dini FKIP UNTAN
Megawati, Ratna. (2004). Pendidikan karakter. (cetak pertama) Jakarta : Indonesia Heritage Foundation.
Mujono. 2009. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta.
Mulyasa. 2011. Manajemen Berbasis Sekola, Konsep, Strategi, Implementasi. Bandung :PT Remaja Rosdakarya
Oteng, Sutisna. Administrasi Pendidikan, Dasar Teoritis Untuk Praktek Professional. Bandung: Aksara.
Ramayulis.2002. Ilmu Pendidikan Islam, Jakarta : Kalam Mulia.
Rifa’I, Muhammad. 2011. Sosiologi pendidikan. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.
Rimm, Sylvia. 2003. Mendidik dan Menerapkan Disiplin pada Anak Prasekolah. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.
Singodinedjo,2002. Manajemen Sumber Daya Manusia. Surabaya: SMMAS
Sugiyono, 2009, metode penelitian kuantitaif, kualitatif, dan R&D, CV Alfabeta: Bandung.
Sugiyono. (2017).Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta, CV.
Suryosubroto, B. 2010. Manajemen Pendidikan sekolah. Jakarta: Rineka cipta
Toha Yahya omar. 1992. Ilmu Dakwah. Jakarta: wijaya.
Trianto. 2009. mendesain model pembelajaran inofatif progresif (Surabaya:Kencana Prenada Media Grup
Tu’u Tulus. 2004. Peranan disiplin pada perilaku dan prestasi siswa. Jakarta: Gramedia widyasaran Indonesia
Undang-Undang Republik Indonesia, No. 20 Tahun 1989 tentang Sistem Pendidikan Nasional dan Penjelasannya, Departemen Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia, 1989.
Undang-Undang No.20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional. Jakarta: Depdiknas
Yanti. 2012. Buku Ajar Kesehatan Reproduksi. Yogyakarta: Pustaka Rihama.
Downloads
Published
Scite_ Smart Citation
Dimensions Citation
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Aurelia Aleny, Petrus Kpalet, Gisela Nuwa

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Penulis yang mempublikasikan naskahnya pada SIBERNETIK: Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran menyetujui ketentuan berikut: Hak cipta atas artikel apapun pada ABDI UNISAP: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat dipegang penuh oleh penulisnya di bawah Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License dengan ketentuan sebagai berikut:
- Penulis mengakui bahwa SIBERNETIK: Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran berhak sebagai jurnal yang mempublikasikan pertama kali dengan lisensi Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
- Penulis dapat memasukan tulisan secara terpisah, mengatur distribusi non-ekskulif dari naskah yang telah terbit di jurnal ini ke dalam versi yang lain (misal: dikirim ke respository institusi penulis, publikasi ke dalam buku, dll), dengan mengakui bahwa naskah telah terbit pertama kali pada SIBERNETIK: Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran.
- Pembaca diperbolehkan mengunduh, menggunakan, dan mengadopsi isi artikel selama mengutip artikel dengan menyebutkan judul, penulis, dan nama jurnal ini. Pengutipan tersebut dilakukan demi kemajuan ilmu pengetahuan dan kemanusiaan serta tidak boleh melanggar hukum yang berlaku.





