Peran Guru dalam Upaya Menanamkan Nilai-Nilai Kedisiplinan pada Siswa Kelas XI SMAS St. Petrus Kewapante

Authors

  • Aurelia Aleny Ikip Muhammadiyah Maumere
  • Petrus Kpalet Ikip Muhammadiyah Maumere
  • Gisela Nuwa Ikip Muhammadiyah Maumere

DOI:

https://doi.org/10.59632/sjpp.v1i1.155

Keywords:

Peran Guru, Kedisiplinan, SMAS St. Petrus Kewapante.

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui upaya guru dalam menanamkan nilai-nilai kedisiplinan pada siswa kelas XI SMAS St. Petrus Kewapante. Metode penelitiannya adalah kualitatif deskriptif. Teknik dan pengumpulan data melalui tiga langkah, yaitu observasi, wawancara dan dokumentasi. Informen yang dijadikan sumber yaitu guru BK, kepala sekolah, guru PKN, dan wali kelas XI. Hasil penelitian adalah kedisiplinan siswa kelas XI SMAS St. Petrus Kewapante masih kurang karena terdapat siswa yang tidak menaati aturan dalam hal disiplin waktu, disiplin berpakaian, dan disiplin perbuatan. Upaya guru untuk mengatasi masalah tersebut yaitu dengan memberikan teladan dan motivasi yang baik agar siswa dapat menaati aturan sekolah.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Abu Ahmadi, (1991). Psikologi belajar. Jakarta: PT Rineka Cipta

Ad Rooijakkers. 1999. Mengajar dengan Sukses Petunjuk untuk Merencanakan dan Menyampaikan Pengajaran. Jakarta: PT Grafindo

A.M, Sardiman. (2005). Interaksi Dan Motivasi Belajar. Jakarta:Rajawali Press.

A.M, Sardiman (2012), Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: Raja Grafindo Persada

A.S. Moenir, 2010. Manajemen pelayananumum di Indonesia. Bumi Aksara: Jakarta. Hlm 88

Ahmad Susanto. (2013). Teori Belajar dan Pembelajaran di Sekolah Dasar. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.

Ahmad Tafsir, Ilmu Pendidikan Islam, (Bandung: Pustaka setia, 2014).

Ali, Muhammad. (2011). Memahami Riset Perilaku Dan Sosial. Bandung :CV. Pustaka Cendikia Utama.

Anis Ibnatul M, dkk. (2013). Pendidikan Nasionalisme Melalui Pembiasaan di SD Negeri Kuningan 02 Semarang Utara. Jurnal: UNES

Aulina, Chorun Nisak. (2013). Penanaman Disiplin Pada Anak Usia Dini. Pedagogia. Volume2, Nomor 1 Februari.

Asmani, Jamal Ma’mur. 2013. “Tips Menjadi Guru, Inspiratif, Kreatif dan Inofatif “ Jogjakarta: Diva Pres.

Baharuddin, D dan Ansar, I. A. (2019). Pengaruh Kompetensi Indenpedensi Dan Fee Audit terhadap kualitas audit pada KAP di makasar. Jurnal Telaah Dan Riset Akuntansi , 8(1), 1-8

Departemen Pendidikan Nasional. 2005. Undang-Undang Republik Indonesia, Nomor 14 Tahun 2005 Tentang Guru Dan Dosen. Depdiknas RI : Jakarta.

Depdiknas. 2001. Kamus Besar Bahasa Indonesia. Jakarta ;Balai Pustaka

Fachreza, Devilia Sari. “ Pengaruh Kualitas Produk, Harga, Dan Kepercayaan Terhadap Proses Keputusan Pembelian Konsumen Perusahaan Konveksi Inglorious Industries Di Kota Bandung.” 4(1): Terhadap Keputusan Pembelian Perhiasan Emas Pada PT. Pegadaian (Persero) Cabang Manado Utara.” IISSN: 2461-0593 5:1-15.

Fathurrohman, Pupuh. 2013. Pengembangan Pendidikan Karakter. Bandung: Refika Aditama.

Hamalik, Oemar. (2001). Proses Belajar Mengajar. Jakarta: Bumi Aksara

Hamalik, Oemar. 2002. Pendidikan Guru Berdasarkan Pendekatan Kompetensi. Bandung ; PT Bumi Aksara.

Hidayatullah, M. F. (2010). Pendidikan Karakter: Membangun Peradaban Bangsa. Surakarta: Yuma Pustaka.

Hudzaifah. 2012. Analisis Pemakaian Seragam Sekolah Siswa SMK dalam Tinjauan Pendidikan Kritis di SMK N5 Surakarta Tahun akaran 2011/2012. Jurnal Nosel, 1 (3). Surakarta: Universitas Negeri Surakarta.

Imran. (2010). Pembinaan Guru Di Indonesia. Jakarta: Pustaka Jaya.

Ishlahunnisa’. 2010. Mendidik Anak Perempuan. Solo: PT Aqwam Media Profetika

Isjoni. (2009). Cooperatif Learning. Alfabeta. Bandung.

KKBI, 2008. Kamus Besar Bahasa Indonesia. Balai Pustaka. Jakarta.

Lickona, Thomas. Pendidikan Karakter: Panduan Lengkap Mendidik Siswa Menjadi Pintar Dan Baik. Bandung; Nusa Media, 2013.

Martha Efirlinn dan Fadillah Mawarni. (2014). Penanaman Perilakuk Disiplin Anak Usia 5-6 Tahun Di TK Primanda Untan Pontianak. Program Studi Guru Pendidikan Anak Usia Dini FKIP UNTAN

Megawati, Ratna. (2004). Pendidikan karakter. (cetak pertama) Jakarta : Indonesia Heritage Foundation.

Mujono. 2009. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta.

Mulyasa. 2011. Manajemen Berbasis Sekola, Konsep, Strategi, Implementasi. Bandung :PT Remaja Rosdakarya

Oteng, Sutisna. Administrasi Pendidikan, Dasar Teoritis Untuk Praktek Professional. Bandung: Aksara.

Ramayulis.2002. Ilmu Pendidikan Islam, Jakarta : Kalam Mulia.

Rifa’I, Muhammad. 2011. Sosiologi pendidikan. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.

Rimm, Sylvia. 2003. Mendidik dan Menerapkan Disiplin pada Anak Prasekolah. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.

Singodinedjo,2002. Manajemen Sumber Daya Manusia. Surabaya: SMMAS

Sugiyono, 2009, metode penelitian kuantitaif, kualitatif, dan R&D, CV Alfabeta: Bandung.

Sugiyono. (2017).Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta, CV.

Suryosubroto, B. 2010. Manajemen Pendidikan sekolah. Jakarta: Rineka cipta

Toha Yahya omar. 1992. Ilmu Dakwah. Jakarta: wijaya.

Trianto. 2009. mendesain model pembelajaran inofatif progresif (Surabaya:Kencana Prenada Media Grup

Tu’u Tulus. 2004. Peranan disiplin pada perilaku dan prestasi siswa. Jakarta: Gramedia widyasaran Indonesia

Undang-Undang Republik Indonesia, No. 20 Tahun 1989 tentang Sistem Pendidikan Nasional dan Penjelasannya, Departemen Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia, 1989.

Undang-Undang No.20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional. Jakarta: Depdiknas

Yanti. 2012. Buku Ajar Kesehatan Reproduksi. Yogyakarta: Pustaka Rihama.

Published

26-06-2023

Scite_ Smart Citation

Dimensions Citation

How to Cite

Aleny, A., Kpalet, P., & Nuwa, G. (2023). Peran Guru dalam Upaya Menanamkan Nilai-Nilai Kedisiplinan pada Siswa Kelas XI SMAS St. Petrus Kewapante. SIBERNETIK: Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran, 1(1), 110–118. https://doi.org/10.59632/sjpp.v1i1.155

Similar Articles

<< < 1 2 

You may also start an advanced similarity search for this article.