Keterampilan Guru dalam Penerapan Kurikulum 2013 di Madrasah Ibtidaiyah Negeri (MIN) 3 Aceh Barat

Authors

  • Shinta Agustira STAIN Tengku Dirundeng Meulaboh
  • Farah Sumaiyah STAIN Tengku Dirundeng Meulaboh
  • Rina Rahmi STAIN Tengku Dirundeng Meulaboh

DOI:

https://doi.org/10.59632/sjpp.v1i1.13

Keywords:

Keterampilan guru, Kurikulum 2013, Sekolah Dasar

Abstract

Keterampilan guru dalam mengontrol kelas dan menciptakan pembelajaran yang menyenangkan sangat penting dilakukan. Dalam penerapan kurikulum 2013 tingkat sekolah dasar berorientasi pada pembelajaran yang berpusat pada keterampilan siswa. Untuk itu, penelitian ini bertujuan untuk mengkaji keterampilan guru dalam menerapkan kurikulum 2013 pada proses pembelajaran di MIN 3 Aceh Barat. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif deskriptif dimana sumber datanya terdiri dari data primer dan sekunder. Adapun teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Sedangkan teknik analisis data diolah melalui tiga tahapan: reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelittian menunjukkan bahwa keterampilan guru dalam menerapkan kurikulum 2013 sudah cukup baik. Hal ini dapat diketahui berdasarkan cara guru dalam menyajikan pembelajaran, pembelajaran yang berpusat pada siswa, dan pengelolaan kelas yang baik.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Hamalik, O. (2002). Psikologi belajar mengajar. Sinar Baru Algensindo.

Hasibuan, J. J., & Moedjiono. (1995). Proses belajar mengajar. Penerbit PT Remaja Rosdakarya.

Minsih, & Galih, A. (2010). Peranan Guru Dalam Pengelolaan Kelas. Lentera Pendidikan : Jurnal Ilmu Tarbiyah Dan Keguruan, 13(2), 192–210. https://doi.org/10.24252/lp.2010v13n2a6

Mukhtar. (2015). Strategi Kepala Sekolah Dalam Meningkatkan Kinerja Guru Pada Smp Negeri Di Kecamatan Masjid Raya Kabupaten Aceh Besar. Jurnal Administrasi Pendidikan : Program Pascasarjana Unsyiah, 3(3), 103–117.

Mukminin, A., Fitria, H., & Fitriani, Y. (2022). Pengaruh Kurikulum 2013 dan Kinerja Guru Terhadap Hasil Belajar Siswa. Jurnal Pendidikan Tambusai, 6(3), 14009–14017. https://doi.org/10.31004/jptam.v6i3.4929

Mulyasa, E. (2009). Standar kompetensi guru dan sertifikasi guru. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Mulyasa, E. (2015). Menjadi guru profesional, menciptakan pembelajaran kreatif dan menyenangkan. PT. Remaja Rosdakarya.

Mulyasa, E. (2017). Pengembangan dan implementasi kurikulum 2013. PT. Remaja Rosdakarya.

Nur, S. (2014). Pengaruh Pengelolaan Kelas Terhadap Minat Belajar Pkn Pada Peserta Didik Di Sma I Polewali. Jurnal Pepatuzdu, 8(1), 62–81.

Rahmi, R., & Fadhil, I. (2022). Learning From Home: School and Parents Collaboration in Mi Ma’Arif Darussalam Prambanan, Yogyakarta. EduHumaniora | Jurnal Pendidikan Dasar Kampus Cibiru, 14(2), 133–139. https://doi.org/10.17509/eh.v14i2.43314

Sardiman, A. M. (2020). Interaksi & motivasi belajar mengajar. PT RajaGrafindo Persada.

Sugihartono. (2013). Psikologi Pendidikan. UNY Press.

Usman, M. U. (2002). Menjadi guru profesional. PT Remaja Rosdakarya.

Published

20-06-2023

Scite_ Smart Citation

Dimensions Citation

How to Cite

Agustira, S., Sumaiyah, F., & Rahmi, R. (2023). Keterampilan Guru dalam Penerapan Kurikulum 2013 di Madrasah Ibtidaiyah Negeri (MIN) 3 Aceh Barat. SIBERNETIK: Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran, 1(1), 34–38. https://doi.org/10.59632/sjpp.v1i1.13

Similar Articles

1 2 3 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.