Studi Kualitatif Pengembangan Sosial Emosional pada Anak Usia Dini di Pesisir Pantai Bahagia Desa Bahagia Kecamatan Muara Gembong Kabupaten Bekasi
DOI:
https://doi.org/10.59632/sjpp.v1i1.209Keywords:
Sosial Emosional, Anak Usia Dini, Pesisir PantaiAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendalami dan memahami pengembangan aspek sosial emosional pada anak usia dini di Pesisir Pantai Bahagia, Desa Bahagia, Kecamatan Muara Gembong, Kabupaten Bekasi secara kualitatif. Dengan fokus pada Desa Bahagia, penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif untuk menganalisis pengaruh faktor-faktor lokal, seperti kegiatan nelayan dan kehidupan sehari-hari di pesisir pantai, terhadap perkembangan sosial emosional anak usia dini. Selain itu, penelitian ini juga bertujuan untuk mengidentifikasi potensi peran orangtua dan masyarakat dalam mendukung pengembangan sosial emosional anak-anak usia dini di lingkungan pesisir pantai Bahagia. Dengan menggunakan teknik wawancara, observasi, dan dokumentasi, data diperoleh dari masyarakat Pesisir Pantai Bahagia RT. 007 RW. 006 Muara Gembong, Bekasi. Analisis data dilakukan dengan reduksi data dan triangulasi untuk memvalidasi hasil penelitian. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pola asuh, perilaku prososial emosional, dan faktor lingkungan memainkan peran penting dalam pengembangan sosial emosional anak usia dini di Pesisir Pantai Bahagia. Implikasi penelitian ini mencakup perlunya pemahaman dan dukungan lebih lanjut dari orangtua dan masyarakat terkait potensi pembelajaran sosial emosional melalui kegiatan bermain anak di pesisir pantai, serta upaya meningkatkan kesadaran akan manfaat tersebut dalam mengoptimalkan perkembangan anak.Downloads
References
Agusniatih & Monepa. 2019. Karakteristik Anak Usia Dini. Tasikmalaya: Edu Fublisher
Bredekamp, S. 1997. learn by playing. Washington DC : NAEYC
Dwidarmi, Wijana. 2013. Definisi Anak Usia dini. Tarumanegara
Fadhilah. 2004. Perkembangan Sosial Pada Anak Usia Dini. Jakarta
https://www.generasimaju.co.id/artikel/1-tahun/tumbuh-kembang/perkembangan-emosi-anak-sejak-dinis
https://www-silabus-web-id.cdn.ampproject.org/v/s/www.silabus.web.id/anak-usia-dini/a
Maria & Amalia. 2016. Perkembangan Sosial Emosional Pada Anak Usia Dini. Jakarta
Masitoh. 2009. Perkembangan Sosial Emosional pada Anak Usia Dini. Jakarta
Musyafaroh. 2017. Perkembangan aspek sosial emosional anak usia dini . Jurnal INJECT
Nurmalitasari. Perkembangan Sosial Emosi pada Anak Prasekolah. Depok: Universitas Gadjah Mada
Santrok. 2007. penilaian Perkembangan Anak Usia Dini. Bandung: PT. Refika Aditama
Sisdiknas Nomor 20 tahun 2003 . Pendidikan Anak Usia Dini. Jakarta
Sujiono, Yuliani. 2011. Konsep Dasar Pendidikan Anak Usia Dini. Indonesia: PT. Indeks
Susanto, Ahmad. 2017. Pendidikan Usia Dini (aspek perkembangan). Jakarta: PT. Bumi Aksara
Suyadi & Ulfah, M. 2013. Konsep Dasar Pendidikan Anak Usia Dini. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.
Undang-Undang RI Nomor 32 Tahun 2002. Anak Usia Dini. Jakarta
Yusuf, Syamsu. 2002. Ciri khas masa kanak-kanak. Jakarta: PT. Rineka Cipta
Downloads
Published
Scite_ Smart Citation
Dimensions Citation
How to Cite
Issue
Section
License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Penulis yang mempublikasikan naskahnya pada SIBERNETIK: Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran menyetujui ketentuan berikut: Hak cipta atas artikel apapun pada ABDI UNISAP: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat dipegang penuh oleh penulisnya di bawah Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License dengan ketentuan sebagai berikut:
- Penulis mengakui bahwa SIBERNETIK: Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran berhak sebagai jurnal yang mempublikasikan pertama kali dengan lisensi Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
- Penulis dapat memasukan tulisan secara terpisah, mengatur distribusi non-ekskulif dari naskah yang telah terbit di jurnal ini ke dalam versi yang lain (misal: dikirim ke respository institusi penulis, publikasi ke dalam buku, dll), dengan mengakui bahwa naskah telah terbit pertama kali pada SIBERNETIK: Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran.
- Pembaca diperbolehkan mengunduh, menggunakan, dan mengadopsi isi artikel selama mengutip artikel dengan menyebutkan judul, penulis, dan nama jurnal ini. Pengutipan tersebut dilakukan demi kemajuan ilmu pengetahuan dan kemanusiaan serta tidak boleh melanggar hukum yang berlaku.





