Pelaksanaan Layanan Klasikal di SMPN Terpadu Unggulan 1 Tana Tidung

Authors

  • Liza Listriyani Universitas Borneo Tarakan
  • Siti Rahmi Universitas Borneo Tarakan
  • Riski Sovayunanto Universitas Borneo Tarakan

DOI:

https://doi.org/10.59632/sjpp.v2i1.263

Keywords:

Layanan Bimbingan Klasikal, Pelaksanaan Layanan Klasikal, SMPN Terpadu

Abstract

Bimbingan klasikal merupakan kegiatan layanan yang diberikan kepada sejumlah peserta didik/konseli dalam satu rombongan belajar dan dilaksanakan di kelas dalam bentuk tatap muka antara guru bimbingan dan konseling atau konselor dengan peserta didik/konseli. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pelaksanaan layanan klasikal di SMPN Terpadu Unggulan 1 Tana Tidung. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif. Wawancara dan dokumentasi digunakan sebagai teknik pengumpulan data. Sumber data primer dari penelitian ini yaitu hasil wawancara dengan guru bimbingan dan konseling. Sedangkan data sekunder diperoleh dari dokumentasi. Berdasarkan hasil penelitian pelaksanaan layanan klasikal di SMPN Terpadu Unggulan 1 Tana Tidung dilaksanakan dengan baik dan pelaksanaan layanan dilakukan dengan beberapa tahapan yaitu: tahap perencanaan yaitu melakukan assesment, mempersiapkan perlengkapan yang akan digunakan seperti RPL, media dan alat mengajar, tahap pelaksanaan/tahap inti yaitu menjelaskan kegiatan yang akan dilakukan, menjelaskan materi dan menyimpulkan hasil materi, tahap penutup yaitu memberikan motivasi dan refleksi, dan evaluasi yaitu mengevaluasi sikap, keaktifan dan mengevaluasi hasil pemberian layanan.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Bimbingan Dan Konseling Melalui Layanan Bimbingan Klasikal Bagi Seluruh Siswa SMP Islam Nurul Yaqin. Papanda Jounal of Mathematics and Sciences Research. Vol 1. No 1. Hal 15-24.

Ferdiansyah, Muhammad dan Noverina, Ramadhona. (2018). Implementasi Permendikbud No. 111 Tahun 2014 Tentang Bimbingan dan Konseling Di Sekolah Dasar dan Menengah dalam Perbaikan Kualitas Materi Perkuliahan. Jurnal Wahana Konseling. Vol 1. No 2. Hal 45-55

Mukhtar, dkk. (2016). Program Layanan Bimbingan Klasikal Untuk Meningkatkan Self-Control Siswa. Psikopedagogia. Vol 5. No 1. Hal 1-16.

Panduan Operasional Penyelenggaraan Bimbingan dan Konseling Sekolah Menengah Pertama (SMP). (2016). Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Direktorat Jenderal Guru dan Tenaga Kependidikan.

Rahmi, Siti, dkk. (2021). Pelaksanaan Layanan Klasikal, Layanan Penempatan dan Penyaluran. Surabaya: CV. Kanaka Media

Rismawati. (2015). Pelaksanaan Layanan Klasikal Bimbingan Dan Konseling di SMP Negeri 3 Kandangan. Jurnal Mahasiswa BK An-Nur. Vol.1. No.1. Hal 64-74

Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Published

22-06-2024

How to Cite

Listriyani, L., Rahmi, S., & Sovayunanto, R. (2024). Pelaksanaan Layanan Klasikal di SMPN Terpadu Unggulan 1 Tana Tidung. SIBERNETIK: Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran, 2(1), 01–08. https://doi.org/10.59632/sjpp.v2i1.263