Penggunaan Media Audio Visual untuk Meningkatkan Kemampuan Berbahasa Inggris Siswa Sekolah Dasar

Authors

  • Germana Oreng Ritan Institut Keguruan dan Teknologi Larantuka

DOI:

https://doi.org/10.59632/sjpp.v2i1.265

Keywords:

Audio Visual, Bahasa Inggris, Siswa SD

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana efektifitas penggunaan audio visual terhadap kemampuan berbahasa inggris anak usia sekolah dasar. Penelitian ini dilaksanakan di Sekolah dasar Katolik (SDK) Lewotala kecamatan Lewolema Kabupaten Flores Timur. Obyek penelitian adalah siswa kelas dua dan tiga dengan jumlah siswa 27 orang dan guru kelas. Penelitian ini merupahkan penelitian tindakan kelas (PTK) dengan Teknik non tes.Pengambilan data penelitian dilakukan dengan melakukan interview terhadap guru dan siswa , observasi dan dokumentasi kegiatan belajar mengajar dikelas. Hasil penelitian menunjukan bahwa penggunaan audio visual pada pembelajaran Bahasa Inggris tinggakat sekolah dasar dapat membantu siswa menguasai kosakata dan bisa berbicara Bahasa inggris dengan baik dan benar.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Ajiza, M. (2023). Strategi pembelajaran bahasa inggris pada siswa sekolah dasar. Komunitas: Jurnal pengabdian kepada masyarakat. Vol.5, No.2. p.228-234. ISSN 2621-6434. DOI: https://doi.org/10.31334/jks.v5i2.2842

Faizah, N., & Gumiandri, S. (2021). Efektivitas Media Audio dan Visual Terhadap Pembelajaran Kosa Kata Bahasa Inggris Tingkat SD (Studi Kasus Pada TPQ Al-Huda). J. Eduscience, 6(2), 55.

Fitria, A. (2014). Penggunaan media audio visual dalam pembelajaran anak usia dini. Cakrawala Dini: Jurnal Pendidikan anak usia dini, Vol. 5, No.2. https://doi.org/10.17509/cd.v5i2.10498.

Hamdani (2017). Strategi belajar mengajar Ed. 6. Pustaka setia. ISBN 978-979-076-161-2.

Hasibuan, H. B., Nasution, Z., & Zannah, M. (2021). Meningkatkan Penguasaan Kosa Kata Bahasa Inggris Menggunakan Media Audio Visual Pada Anak Usia 5-6 Tahun di RA Babussalam. Jurnal Raudhah, 9 (1). https://doi.org/10.30829/raudhah.v9i1.943

Purnaningsih, P. (2017). Strategi Pemanfaatan Media Audio Visual untuk Peningkatan Hasil Belajar Bahasa Inggris. Jurnal Informatika Universitas Pamulang, 2(1). https://doi.org/10.32493/informatika.v2i1.1503

Purnomo. (2014). Penggunaan media audio-visual pada mata pelajaran ilmu pengetahuan alam di sekolah menengah pertama negeri 1 Pacitan. Jurnal Teknologi Pendidikan dan Pembelajaran, Vol. 2, No.2, P. 127-144. ISSN: 2354-6441. https://jurnal.fkip.uns.ac.id/index.php/tp/article/view/3659

Published

22-06-2024

How to Cite

Ritan, G. O. (2024). Penggunaan Media Audio Visual untuk Meningkatkan Kemampuan Berbahasa Inggris Siswa Sekolah Dasar. SIBERNETIK: Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran, 2(1), 09–13. https://doi.org/10.59632/sjpp.v2i1.265