Penggunaan Media Audio Visual untuk Meningkatkan Kemampuan Berbahasa Inggris Siswa Sekolah Dasar
DOI:
https://doi.org/10.59632/sjpp.v2i1.265Keywords:
Audio Visual, Bahasa Inggris, Siswa SDAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana efektifitas penggunaan audio visual terhadap kemampuan berbahasa inggris anak usia sekolah dasar. Penelitian ini dilaksanakan di Sekolah dasar Katolik (SDK) Lewotala kecamatan Lewolema Kabupaten Flores Timur. Obyek penelitian adalah siswa kelas dua dan tiga dengan jumlah siswa 27 orang dan guru kelas. Penelitian ini merupahkan penelitian tindakan kelas (PTK) dengan Teknik non tes.Pengambilan data penelitian dilakukan dengan melakukan interview terhadap guru dan siswa , observasi dan dokumentasi kegiatan belajar mengajar dikelas. Hasil penelitian menunjukan bahwa penggunaan audio visual pada pembelajaran Bahasa Inggris tinggakat sekolah dasar dapat membantu siswa menguasai kosakata dan bisa berbicara Bahasa inggris dengan baik dan benar.Downloads
References
Ajiza, M. (2023). Strategi pembelajaran bahasa inggris pada siswa sekolah dasar. Komunitas: Jurnal pengabdian kepada masyarakat. Vol.5, No.2. p.228-234. ISSN 2621-6434. DOI: https://doi.org/10.31334/jks.v5i2.2842
Faizah, N., & Gumiandri, S. (2021). Efektivitas Media Audio dan Visual Terhadap Pembelajaran Kosa Kata Bahasa Inggris Tingkat SD (Studi Kasus Pada TPQ Al-Huda). J. Eduscience, 6(2), 55.
Fitria, A. (2014). Penggunaan media audio visual dalam pembelajaran anak usia dini. Cakrawala Dini: Jurnal Pendidikan anak usia dini, Vol. 5, No.2. https://doi.org/10.17509/cd.v5i2.10498.
Hamdani (2017). Strategi belajar mengajar Ed. 6. Pustaka setia. ISBN 978-979-076-161-2.
Hasibuan, H. B., Nasution, Z., & Zannah, M. (2021). Meningkatkan Penguasaan Kosa Kata Bahasa Inggris Menggunakan Media Audio Visual Pada Anak Usia 5-6 Tahun di RA Babussalam. Jurnal Raudhah, 9 (1). https://doi.org/10.30829/raudhah.v9i1.943
Purnaningsih, P. (2017). Strategi Pemanfaatan Media Audio Visual untuk Peningkatan Hasil Belajar Bahasa Inggris. Jurnal Informatika Universitas Pamulang, 2(1). https://doi.org/10.32493/informatika.v2i1.1503
Purnomo. (2014). Penggunaan media audio-visual pada mata pelajaran ilmu pengetahuan alam di sekolah menengah pertama negeri 1 Pacitan. Jurnal Teknologi Pendidikan dan Pembelajaran, Vol. 2, No.2, P. 127-144. ISSN: 2354-6441. https://jurnal.fkip.uns.ac.id/index.php/tp/article/view/3659
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Penulis yang mempublikasikan naskahnya pada SIBERNETIK: Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran menyetujui ketentuan berikut: Hak cipta atas artikel apapun pada ABDI UNISAP: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat dipegang penuh oleh penulisnya di bawah Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License dengan ketentuan sebagai berikut:
- Penulis mengakui bahwa SIBERNETIK: Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran berhak sebagai jurnal yang mempublikasikan pertama kali dengan lisensi Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
- Penulis dapat memasukan tulisan secara terpisah, mengatur distribusi non-ekskulif dari naskah yang telah terbit di jurnal ini ke dalam versi yang lain (misal: dikirim ke respository institusi penulis, publikasi ke dalam buku, dll), dengan mengakui bahwa naskah telah terbit pertama kali pada SIBERNETIK: Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran.
- Pembaca diperbolehkan mengunduh, menggunakan, dan mengadopsi isi artikel selama mengutip artikel dengan menyebutkan judul, penulis, dan nama jurnal ini. Pengutipan tersebut dilakukan demi kemajuan ilmu pengetahuan dan kemanusiaan serta tidak boleh melanggar hukum yang berlaku.