Penerapan Model Pembelajaran Inquiri Terhadap Kemamapuan Berfikir Kritis dan Kreatif Siswa dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam di SMAN 01 Rejang Lebong

Authors

  • Ainun Saharani Pascasarjana IAIN Curup
  • Fakhruddin Pascasarjana IAIN Curup
  • Eka Apriani Pascasarjana IAIN Curup

DOI:

https://doi.org/10.59632/sjpp.v2i1.293

Keywords:

Model Pembelajaran Inquiri, Kemamapuan Berfikir Kritis dan Kreatif, Pendidikan Agama Islam

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan kemampuan berpikir kritis siswa dan kratif siswa dalam pembelajaran pendidikan Islam di SMAN 01 Rejang Lebong penerapan model pembelajaran inkuiri. Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian kepustakaan dengan pendekatan kualitatif. Data dan informasi dikumpulkan melalui bahan pustaka seperti buku, artikel, jurnal, dan hasil penelitian sebelumnya yang relevan dengan masalah yang diteliti. Pengumpulan data dilakukan dengan teknik studi dokumen atau studi dokumentasi. Analisis data menggunakan model Miles dan Huberman yang terdiri dari pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan kesimpulan. Data primer diperoleh dari informasi yang terkait langsung dengan topik penelitian, sedangkan data sekunder berasal dari studi jurnal yang sejalan dengan topik penelitian. Hasil dan pembahasan penelitian ini meliputi dua aspek utama. Pertama, konsep pembelajaran inkuiri sebagai kerangka pengembangan kemampuan berpikir kritis siswa. Pembelajaran inkuiri memungkinkan siswa untuk aktif mencari, menemukan, dan membangun pengetahuan melalui proses bertanya, menyelidiki, dan merumuskan penjelasan berdasarkan bukti-bukti yang ada. berpikir kreatif kepada seluruh rangkaian kegiatan kognitif yang digunakan oleh individu di dalam suatu kondisi untuk bereaksi terhadap objek masalah berdasarkan kemampuannya. Keterampilan berpikir kreatif yaitu fluency (kelancaran), flexibility (keluesan), originality (keaslian), dan elaboration (terperinci). Melalui penerapan model pembelajaran inkuiri, siswa diajak untuk berpikir kritis, mengajukan pertanyaan, mengumpulkan data, menganalisis, mengevaluasi, dan menyimpulkan.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Adam, A. (2023). Integrasi Media Dan Teknologi Dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam. Amanah Ilmu IAIN Ternate, 3(1), 13–23.

Al Asadullah, S., & Nurhalin. (2021). Peran pendidikan karakter dalam membentuk kemampuan berpikir kritis generasi muda Indonesia [The role of character education in shaping the critical thinking skills of Indonesia’s young generation]. Kaisa : Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran, 1(1), 12–24. https://ejournal.kampusmelayu.ac.id/index.php/kaisa

Arsyad, Bagja Sulfemi, W., & Fajartriani, T. (2020). Strengthening of Student Motivation and Character Through the Learning Approach To Contextual Lessons of Islamic Education. POTENSIA: Jurnal Kependidikan Islam, 6(2), 185–204.

Damayanti, H. L., & Anando, A. A. (2021). Peran Guru Dalam Menumbuhkembangkan Kemandirian Siswa Melalui Pembelajaran Inkuiri. Jurnal Sinestesia, 11(1), 52–59. https://doi.org/10.53696/27219283.59

Kurniashih, R., Syarifuddin, H., & Darmansyah, D. (2019). The Influence of Guided Inquiry Learning Model on Students’ Mathematical Problem Solving Ability. 178(ICoIE 2018), 358–362. https://doi.org/10.2991/icoie-18.2019.78

M.Si, G. M., & Pangesti, F. (2019). PENERAPAN MODEL SINEKTIK BERBANTUAN LKPD DALAM PEMBELAJARAN MENULIS CERPEN KELAS IX MTs. MUHAMMADIYAH 1 MALANG. KEMBARA Journal of Scientific Language Literature and Teaching, 5(2), 182. https://doi.org/10.22219/kembara.vol5.no2.182-194

Nadia Sagita dan Ridwan A. Sani. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran Inquiry Training Terhadap Hasil Belajar Pada Materi Pokok Momentum Dan Impuls Sma Negeri 2 Percut Sei Tuan. Jurnal Inovasi Pembelajaran Fisika, 1(1), 7–16. https://jurnal.unimed.ac.id/2012/index.php/inpafi/article/view/9122/8268

Parwati, G. A. P. U., Rapi, N. K., & Rachmawati, D. O. (2020). Penerapan Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Dan Sikap Ilmiah Siswa Sma. Jurnal Pendidikan Fisika Undiksha, 10(1), 49. https://doi.org/10.23887/jjpf.v10i1.26724

Qomariyah, D. N., & Subekti, H. (2021). Pensa E-Jurnal : Pendidikan Sains Analisis Kemampuan Berpikir Kreatif: Studi Eksplorasi Siswa Di Smpn 62 Surabaya. PENSA E-JURNAL: Pendidikan Sains, 9(2), 242–246. https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/pensa/index

Siswanto, R. D., & Ratiningsih, R. P. (2020). Korelasi Kemampuan Berpikir Kritis dan Kreatif Matematis dengan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Materi Bangun Ruang. ANARGYA: Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 3(2), 96–103. https://doi.org/10.24176/anargya.v3i2.5197

Solichin, M. M. (2017). Penerapan Model Pembelajaran Inquiry Discovery dalam Pendidikan Agama Islam. Tadris, 12(2), 214–231. http://repository.iainmadura.ac.id/id/eprint/224

Yasmansyah, & Zakir, S. (2022). Arah Baru Pendidikan Agama IslamDi Era Digitalisasi. JKIP : Jurnal Kajian Ilmu Pendidikan, 3(1), 1–10. http://journal.al-matani.com/index.php/jkip/index

Published

22-06-2024

How to Cite

saharani, A., Fakhruddin, F., & Apriani, E. (2024). Penerapan Model Pembelajaran Inquiri Terhadap Kemamapuan Berfikir Kritis dan Kreatif Siswa dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam di SMAN 01 Rejang Lebong. SIBERNETIK: Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran, 2(1), 71–78. https://doi.org/10.59632/sjpp.v2i1.293