Penerapan Model Pembelajaran Inquiri Terhadap Kemamapuan Berfikir Kritis dan Kreatif Siswa dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam di SMAN 01 Rejang Lebong
DOI:
https://doi.org/10.59632/sjpp.v2i1.293Keywords:
Model Pembelajaran Inquiri, Kemamapuan Berfikir Kritis dan Kreatif, Pendidikan Agama IslamAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan kemampuan berpikir kritis siswa dan kratif siswa dalam pembelajaran pendidikan Islam di SMAN 01 Rejang Lebong penerapan model pembelajaran inkuiri. Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian kepustakaan dengan pendekatan kualitatif. Data dan informasi dikumpulkan melalui bahan pustaka seperti buku, artikel, jurnal, dan hasil penelitian sebelumnya yang relevan dengan masalah yang diteliti. Pengumpulan data dilakukan dengan teknik studi dokumen atau studi dokumentasi. Analisis data menggunakan model Miles dan Huberman yang terdiri dari pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan kesimpulan. Data primer diperoleh dari informasi yang terkait langsung dengan topik penelitian, sedangkan data sekunder berasal dari studi jurnal yang sejalan dengan topik penelitian. Hasil dan pembahasan penelitian ini meliputi dua aspek utama. Pertama, konsep pembelajaran inkuiri sebagai kerangka pengembangan kemampuan berpikir kritis siswa. Pembelajaran inkuiri memungkinkan siswa untuk aktif mencari, menemukan, dan membangun pengetahuan melalui proses bertanya, menyelidiki, dan merumuskan penjelasan berdasarkan bukti-bukti yang ada. berpikir kreatif kepada seluruh rangkaian kegiatan kognitif yang digunakan oleh individu di dalam suatu kondisi untuk bereaksi terhadap objek masalah berdasarkan kemampuannya. Keterampilan berpikir kreatif yaitu fluency (kelancaran), flexibility (keluesan), originality (keaslian), dan elaboration (terperinci). Melalui penerapan model pembelajaran inkuiri, siswa diajak untuk berpikir kritis, mengajukan pertanyaan, mengumpulkan data, menganalisis, mengevaluasi, dan menyimpulkan.Downloads
References
Adam, A. (2023). Integrasi Media Dan Teknologi Dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam. Amanah Ilmu IAIN Ternate, 3(1), 13–23.
Al Asadullah, S., & Nurhalin. (2021). Peran pendidikan karakter dalam membentuk kemampuan berpikir kritis generasi muda Indonesia [The role of character education in shaping the critical thinking skills of Indonesia’s young generation]. Kaisa : Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran, 1(1), 12–24. https://ejournal.kampusmelayu.ac.id/index.php/kaisa
Arsyad, Bagja Sulfemi, W., & Fajartriani, T. (2020). Strengthening of Student Motivation and Character Through the Learning Approach To Contextual Lessons of Islamic Education. POTENSIA: Jurnal Kependidikan Islam, 6(2), 185–204.
Damayanti, H. L., & Anando, A. A. (2021). Peran Guru Dalam Menumbuhkembangkan Kemandirian Siswa Melalui Pembelajaran Inkuiri. Jurnal Sinestesia, 11(1), 52–59. https://doi.org/10.53696/27219283.59
Kurniashih, R., Syarifuddin, H., & Darmansyah, D. (2019). The Influence of Guided Inquiry Learning Model on Students’ Mathematical Problem Solving Ability. 178(ICoIE 2018), 358–362. https://doi.org/10.2991/icoie-18.2019.78
M.Si, G. M., & Pangesti, F. (2019). PENERAPAN MODEL SINEKTIK BERBANTUAN LKPD DALAM PEMBELAJARAN MENULIS CERPEN KELAS IX MTs. MUHAMMADIYAH 1 MALANG. KEMBARA Journal of Scientific Language Literature and Teaching, 5(2), 182. https://doi.org/10.22219/kembara.vol5.no2.182-194
Nadia Sagita dan Ridwan A. Sani. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran Inquiry Training Terhadap Hasil Belajar Pada Materi Pokok Momentum Dan Impuls Sma Negeri 2 Percut Sei Tuan. Jurnal Inovasi Pembelajaran Fisika, 1(1), 7–16. https://jurnal.unimed.ac.id/2012/index.php/inpafi/article/view/9122/8268
Parwati, G. A. P. U., Rapi, N. K., & Rachmawati, D. O. (2020). Penerapan Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Dan Sikap Ilmiah Siswa Sma. Jurnal Pendidikan Fisika Undiksha, 10(1), 49. https://doi.org/10.23887/jjpf.v10i1.26724
Qomariyah, D. N., & Subekti, H. (2021). Pensa E-Jurnal : Pendidikan Sains Analisis Kemampuan Berpikir Kreatif: Studi Eksplorasi Siswa Di Smpn 62 Surabaya. PENSA E-JURNAL: Pendidikan Sains, 9(2), 242–246. https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/pensa/index
Siswanto, R. D., & Ratiningsih, R. P. (2020). Korelasi Kemampuan Berpikir Kritis dan Kreatif Matematis dengan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Materi Bangun Ruang. ANARGYA: Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 3(2), 96–103. https://doi.org/10.24176/anargya.v3i2.5197
Solichin, M. M. (2017). Penerapan Model Pembelajaran Inquiry Discovery dalam Pendidikan Agama Islam. Tadris, 12(2), 214–231. http://repository.iainmadura.ac.id/id/eprint/224
Yasmansyah, & Zakir, S. (2022). Arah Baru Pendidikan Agama IslamDi Era Digitalisasi. JKIP : Jurnal Kajian Ilmu Pendidikan, 3(1), 1–10. http://journal.al-matani.com/index.php/jkip/index
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Penulis yang mempublikasikan naskahnya pada SIBERNETIK: Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran menyetujui ketentuan berikut: Hak cipta atas artikel apapun pada ABDI UNISAP: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat dipegang penuh oleh penulisnya di bawah Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License dengan ketentuan sebagai berikut:
- Penulis mengakui bahwa SIBERNETIK: Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran berhak sebagai jurnal yang mempublikasikan pertama kali dengan lisensi Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
- Penulis dapat memasukan tulisan secara terpisah, mengatur distribusi non-ekskulif dari naskah yang telah terbit di jurnal ini ke dalam versi yang lain (misal: dikirim ke respository institusi penulis, publikasi ke dalam buku, dll), dengan mengakui bahwa naskah telah terbit pertama kali pada SIBERNETIK: Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran.
- Pembaca diperbolehkan mengunduh, menggunakan, dan mengadopsi isi artikel selama mengutip artikel dengan menyebutkan judul, penulis, dan nama jurnal ini. Pengutipan tersebut dilakukan demi kemajuan ilmu pengetahuan dan kemanusiaan serta tidak boleh melanggar hukum yang berlaku.