Peningkatan Minat dan Hasil Belajar IPAS Siswa SD melalui Media Diorama
DOI:
https://doi.org/10.59632/sjpp.v2i2.308Keywords:
Media Diorama, Minat Belajar, Hasil Belajar, IPAS, Sekolah DasarAbstract
Minat dan Hasil Belajar IPAS siswa Kelas 5b SD Katolik 04 St. Johanis Manado tergolong rendah. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan minat dan hasil belajar IPAS dengan penggunaan media diorama. Penelitian tindakan kelas ini terkonstruksi dalam 2 siklus dengan subjek penelitian 18 siswa. Teknik yang digunakan dalam pengumpulan data adalah tes, wawancara, observasi, angket, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa minat dan hasil belajar IPAS siswa mengalami peningkatan. Pada siklus I, minat belajar siswa memperoleh rata-rata 63,94 dengan predikat ‘cukup’. Hasil belajar siklus I menunjukkan terdapat 8 siswa yang tuntas, dengan persentase ketuntasan sebesar 44,44%. Pada siklus II, minat dan hasil belajar siswa mengalami peningkatan. Minat belajar siswa memperoleh nilai rata-rata 84,88 dengan predikat ‘baik’; sedangkan hasil belajar menunjukkan persentase sebesar 89% dengan jumlah siswa tuntas sebanyak 16 siswa. dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penggunaan media diorama dapat meningkatkan minat dan hasil belajar IPAS siswa kelas 5b SD Katolik 04 St. Johanis Manado.
Downloads
References
Anggulian, M. M., & Suneki, S. (2024). Penggunaan Metode Presentasi Untuk Meningatkan Keaktifan Dan Hasil Belajar Siswa Dalam Pembelajaran Pendidikan Pancasila Kelas XI TME 3. Journal on Education, 06(03), 17446–17450.
Ani Daniyati, Ismy Bulqis Saputri, Ricken Wijaya, Siti Aqila Septiyani, & Usep Setiawan. (2023). Konsep Dasar Media Pembelajaran. Journal of Student Research, 1(1), 282–294. https://doi.org/10.55606/jsr.v1i1.993
Badan Standar Kurikulum dan Asesmen Pendidikan Kemendikbudristek. (2022). Pembelajaran Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam dan Sosial (IPAS) Fase A – Fase C (untuk SD/MI/Program Paket A. https://kurikulum.kemdikbud.go.id/file/cp/dasmen/13. CP IPAS.pdf
Hartatiek, H., Yudyanto, Y., Winarto, W., Supriana, E., & ... (2018). Pengembangan Media Pembelajaran IPA Dari Bahan Bekas Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Dan Hasil Belajar Siswa MTs Nurul Ulum Malang. Jurnal KARINOV, 1(2), 4–10.
Hasan, M. S., & Sari, K. T. (2021). Pengaruh Manajemen Waktu terhadap Hasil Belajar Peserta Didik Mata Pelajaran Fiqih Di Mts Al-As’ad Brambang Diwek Jombang. Al-Idaroh: Jurnal Studi Manajemen Pendidikan Islam, 5(1), 93–117. https://doi.org/10.54437/alidaroh.v5i1.247
Kemendikbud. (2022). Hal-hal Esensial Kurikulum Merdeka di Jenjang SD. https://ditpsd.kemdikbud.go.id/artikel/detail/hal-hal-esensial-kurikulum-merdeka-di-jenjang-sd
Khoirurrijal. (2022). Pengembangan Kurikulum Merdeka. CV. Literasi.
Muchtar, F., Sahabuddin, E. S., Sayidiman, &, & Abstrak, A. I. (2023). Pengaruh Penggunaan Media Diorama Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Muatan Ipa Kelas V Upt Spf Sd Inpres Unggulan Toddopuli Makassar. Jurnal Metafora Pendidikan, 1(1), 81. http://www.journal.arthamaramedia.co.id/index.php/jmp
Mulyono, P. (2022). Penelitian Tindakan Kelas (C. P. Pustaka (ed.)).
Nugraha, M. (2018). Manajemen Kelas Dalam Meningkatkan Proses Pembelajaran. Tarbawi: Jurnal Keilmuan Manajemen Pendidikan, 4(01), 27. https://doi.org/10.32678/tarbawi.v4i01.1769
Nugroho, R. M., & Harida, R. (2020). Apersepsi Pembelajaran Melalui Stand-Up Comedy Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Mahasiswa Dengan Metode Ceramah Di Stkip Pgri Ponorogo. Jurnal Pendidikan, 21(2), 111–121. https://doi.org/10.33830/jp.v21i2.960.2020
Pratiwi, Y. (2022). Kalam Cendekia: Jurnal Ilmiah Kependidikan Penggunaan Media Pembelajaran Diorama Siklus Air Tanah pada Peserta Didik Kelas V SD Negeri Banaran 04. Kalam Cendekia: Jurnal Ilmiah Kependidikan, 10.
Rustiyarso, & Wijaya, T. (2021). Panduan dan Aplikasi Penelitian Tindakan Kelas. Noktah.
Wijayanti, I. D., & Ekantini, A. (2023). IMPLEMENTASI KURIKULUM MERDEKA PADA PEMBELAJARAN IPAS MI/SD. Pendas: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 8(2), 2100–2111.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Stief Aristo Walewangko, Veronica Yonita Wongkar, Noveliza Angelina Rumokoy, Patrisia Hana Supit

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Penulis yang mempublikasikan naskahnya pada SIBERNETIK: Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran menyetujui ketentuan berikut: Hak cipta atas artikel apapun pada ABDI UNISAP: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat dipegang penuh oleh penulisnya di bawah Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License dengan ketentuan sebagai berikut:
- Penulis mengakui bahwa SIBERNETIK: Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran berhak sebagai jurnal yang mempublikasikan pertama kali dengan lisensi Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
- Penulis dapat memasukan tulisan secara terpisah, mengatur distribusi non-ekskulif dari naskah yang telah terbit di jurnal ini ke dalam versi yang lain (misal: dikirim ke respository institusi penulis, publikasi ke dalam buku, dll), dengan mengakui bahwa naskah telah terbit pertama kali pada SIBERNETIK: Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran.
- Pembaca diperbolehkan mengunduh, menggunakan, dan mengadopsi isi artikel selama mengutip artikel dengan menyebutkan judul, penulis, dan nama jurnal ini. Pengutipan tersebut dilakukan demi kemajuan ilmu pengetahuan dan kemanusiaan serta tidak boleh melanggar hukum yang berlaku.