Peningkatan Minat dan Hasil Belajar IPAS Siswa SD melalui Media Diorama

Authors

  • Stief Aristo Walewangko Universitas Katolik De La Salle Manado
  • Veronica Yonita Wongkar Universitas Katolik De La Salle Manado
  • Noveliza Angelina Rumokoy Universitas Katolik De La Salle Manado
  • Patrisia Hana Supit Universitas Katolik De La Salle Manado

DOI:

https://doi.org/10.59632/sjpp.v2i2.308

Keywords:

Media Diorama, Minat Belajar, Hasil Belajar, IPAS, Sekolah Dasar

Abstract

Minat dan Hasil Belajar IPAS siswa Kelas 5b SD Katolik 04 St. Johanis Manado tergolong rendah. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan minat dan hasil belajar IPAS dengan penggunaan media diorama. Penelitian tindakan kelas ini terkonstruksi dalam 2 siklus dengan subjek penelitian 18 siswa. Teknik yang digunakan dalam pengumpulan data adalah tes, wawancara, observasi, angket, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa minat dan hasil belajar IPAS siswa mengalami peningkatan. Pada siklus I, minat belajar siswa memperoleh rata-rata 63,94 dengan predikat ‘cukup’. Hasil belajar siklus I menunjukkan terdapat 8 siswa yang tuntas, dengan persentase ketuntasan sebesar 44,44%. Pada siklus II, minat dan hasil belajar siswa mengalami peningkatan. Minat belajar siswa memperoleh nilai rata-rata 84,88 dengan predikat ‘baik’; sedangkan hasil belajar menunjukkan persentase sebesar 89% dengan jumlah siswa tuntas sebanyak 16 siswa. dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penggunaan media diorama dapat meningkatkan minat dan hasil belajar IPAS siswa kelas 5b SD Katolik 04 St. Johanis Manado.

Downloads

Download data is not yet available.

Author Biographies

Stief Aristo Walewangko, Universitas Katolik De La Salle Manado

Fakultas Ilmu Pendidikan

Veronica Yonita Wongkar, Universitas Katolik De La Salle Manado

Fakultas Ilmu Pendidikan

Noveliza Angelina Rumokoy, Universitas Katolik De La Salle Manado

Fakultas Ilmu Pendidikan

Patrisia Hana Supit, Universitas Katolik De La Salle Manado

Fakultas Ilmu Pendidikan

References

Anggulian, M. M., & Suneki, S. (2024). Penggunaan Metode Presentasi Untuk Meningatkan Keaktifan Dan Hasil Belajar Siswa Dalam Pembelajaran Pendidikan Pancasila Kelas XI TME 3. Journal on Education, 06(03), 17446–17450.

Ani Daniyati, Ismy Bulqis Saputri, Ricken Wijaya, Siti Aqila Septiyani, & Usep Setiawan. (2023). Konsep Dasar Media Pembelajaran. Journal of Student Research, 1(1), 282–294. https://doi.org/10.55606/jsr.v1i1.993

Badan Standar Kurikulum dan Asesmen Pendidikan Kemendikbudristek. (2022). Pembelajaran Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam dan Sosial (IPAS) Fase A – Fase C (untuk SD/MI/Program Paket A. https://kurikulum.kemdikbud.go.id/file/cp/dasmen/13. CP IPAS.pdf

Hartatiek, H., Yudyanto, Y., Winarto, W., Supriana, E., & ... (2018). Pengembangan Media Pembelajaran IPA Dari Bahan Bekas Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Dan Hasil Belajar Siswa MTs Nurul Ulum Malang. Jurnal KARINOV, 1(2), 4–10.

Hasan, M. S., & Sari, K. T. (2021). Pengaruh Manajemen Waktu terhadap Hasil Belajar Peserta Didik Mata Pelajaran Fiqih Di Mts Al-As’ad Brambang Diwek Jombang. Al-Idaroh: Jurnal Studi Manajemen Pendidikan Islam, 5(1), 93–117. https://doi.org/10.54437/alidaroh.v5i1.247

Kemendikbud. (2022). Hal-hal Esensial Kurikulum Merdeka di Jenjang SD. https://ditpsd.kemdikbud.go.id/artikel/detail/hal-hal-esensial-kurikulum-merdeka-di-jenjang-sd

Khoirurrijal. (2022). Pengembangan Kurikulum Merdeka. CV. Literasi.

Muchtar, F., Sahabuddin, E. S., Sayidiman, &, & Abstrak, A. I. (2023). Pengaruh Penggunaan Media Diorama Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Muatan Ipa Kelas V Upt Spf Sd Inpres Unggulan Toddopuli Makassar. Jurnal Metafora Pendidikan, 1(1), 81. http://www.journal.arthamaramedia.co.id/index.php/jmp

Mulyono, P. (2022). Penelitian Tindakan Kelas (C. P. Pustaka (ed.)).

Nugraha, M. (2018). Manajemen Kelas Dalam Meningkatkan Proses Pembelajaran. Tarbawi: Jurnal Keilmuan Manajemen Pendidikan, 4(01), 27. https://doi.org/10.32678/tarbawi.v4i01.1769

Nugroho, R. M., & Harida, R. (2020). Apersepsi Pembelajaran Melalui Stand-Up Comedy Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Mahasiswa Dengan Metode Ceramah Di Stkip Pgri Ponorogo. Jurnal Pendidikan, 21(2), 111–121. https://doi.org/10.33830/jp.v21i2.960.2020

Pratiwi, Y. (2022). Kalam Cendekia: Jurnal Ilmiah Kependidikan Penggunaan Media Pembelajaran Diorama Siklus Air Tanah pada Peserta Didik Kelas V SD Negeri Banaran 04. Kalam Cendekia: Jurnal Ilmiah Kependidikan, 10.

Rustiyarso, & Wijaya, T. (2021). Panduan dan Aplikasi Penelitian Tindakan Kelas. Noktah.

Wijayanti, I. D., & Ekantini, A. (2023). IMPLEMENTASI KURIKULUM MERDEKA PADA PEMBELAJARAN IPAS MI/SD. Pendas: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 8(2), 2100–2111.

Published

31-12-2024

How to Cite

Walewangko, S. A., Wongkar, V. Y., Rumokoy, N. A., & Supit, P. H. (2024). Peningkatan Minat dan Hasil Belajar IPAS Siswa SD melalui Media Diorama. SIBERNETIK: Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran, 2(2), 109–120. https://doi.org/10.59632/sjpp.v2i2.308