Penggunaan Media Puzzle untuk Meningkatkan Minat dan Hasil Belajar PKN Siswa Sekolah Dasar
DOI:
https://doi.org/10.59632/sjpp.v2i2.311Keywords:
Media Puzzle;, PKN, Minat Belajar, Hasil BelajarAbstract
Penelitian ini menelaah minat dan hasil belajar siswa pada mata pelajaran PKn materi pengamalan Pancasila dikelas II SD GMIM 11 Manado. Masalah penelitian ini adalah minat dan hasil belajar siswa pada pelajaran PKn masih rendah. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan minat dan hasil belajar PKn siswa kelas II SD GMIM 11 Manado. Media dalam penelitian ini menggunakan media puzzle. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui observasi, wawancara, tes dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan analisis statistik deskriptif untuk menggambarkan tentang peningkatan nilai hasil belajar siswa. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa hasil belajar PKn mengalami peningkatan, di mana pada Pra- siklus siswa yang tuntas berjumlah 5 orang siswa dengan persentase 16% dan siswa yang tidak tuntas berjumlah 25 siswa dengan persentase 84%, dengan rata-rata mencapai 44. Pada siklus I hasil belajar siswa meningkat, siswa yang tuntas berjumlah 8 siswa dengan persentase 27% dan siswa yang tidak tuntas berjumlah 22 siswa dengan persentase 73% dengan rata-rata mencapai 50. Pada siklus II hasil belajar siswa meningkat dengan jumlah siswa yang tuntas sebanyak 24 siswa dan siswa yang tidak tuntas berjumlah 6 siswa, sehingga persentase ketuntasan siswa pada siklus II mencapai 80%. Minat belajar siswa pada siklus I mendapat skor rata-rata 74,8 dengan kategori ‘baik’; sedangkan pada siklus II mendapat skor 93 dengan kategori ‘sangat baik’. Dengan demikian disimpulkan bahwa penggunaan media puzzle dapat meningkatkan minat dan hasil belajar siswa.
Downloads
References
Ahmad Rohani. (1997). Media Instruksional Edukatif. Jakarta: Rineka Cipta.
Ahmad Susanto. 2014. Teori Belajar dan Pembelajaran di Sekolah Dasar. Jakarta: Kencana Prenada Media Grup.
Aisyah Fadilah, K., dkk. 2023. Pengertian Media, Tujuan, Fungsi, Manfaat dan Urgensi Media Pembelajaran. Journal of Student Research (JSR) Vol. 1, No.2
Cecep Kustandi, Daddy Darmawan. (2020). Pengembangan Media Pembelajaran: Konsep & Aplikasi Pengembangan Media Pembelajaran bagi Pendidik di Sekolah dan Masyarakat. Jakarta: Kencana
Depdiknas. (2006). Undang-undang Guru dan Dosen serta standar Nasional Pendidikan Tahun 2005. Jakarta: Penerbit CV Tamita Utama.
Fikri, H., Madona, S. A. (2018). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Multimedia Interaktif. Yogyakarta: Penerbit Samudra Biru
Jafar, M. I., & Sawerigading, U. (2021). Pengaruh Penggunaan Media Interaktif Animasi Terhadap Minat Belajar Matematika Siswa SD di Kabupaten Pangkajene dan Kepulauan. Jurnal Pendidikan 11(1), 251–262.
Jamil Sya’ban. (2016). Permainan Cerdas dan Kreatif. Jakarta: Penebar Plus
Kemdikbud. (2018). Permendikbud No 37 tahun 2018 tentang perubahan atas permendikbud No. 24 Tahun 2016 tentang kompetensi Inti dan Kompetensi Dasar Sekolah Dasar/Madrasah Ibtidaiyah. Jakarta: Kemdikbud.
Korompot, S., Rahim, M., & Pakaya, R. (2020). Persepsi Siswa Tentang Faktor yang Mempengaruhi Minat Belajar. JAMBURA Guidance and Counseling Journal, 1(1), 40–48. https://doi.org/10.37411/jgcj.v1i1.136
Vira Fransiska, Sukmawarti. (2021). Pengembangan Media Puzzle Berbantu Powerpoint Pada Materi Pecahan Di SD. Journal Pusdikra Volume 1, Nomor 1
Rosiana Khomsoh. (2018). Penggunaan Media Puzzle Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Dalam Pembelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial di Sekolah. Jurnal Mahasiswa Unesa Vol. 2 No. 2, http://jurnalmahasiswa.unesa.ac.idindex.php/jurnal-penelitian- pgsd/article/view/3119
Santika, D., Sutisnawati, A., & Uswatun, D. A. (2020). Analisis Minat Belajar Siswa Pada Proses Pembelajaran Daring Di Kelas Va SDN Lembursitu. Junnal DIKDAS Vol 2 No 2
Yudha, Army Nur. (2017). Peningkatan Hasil Belajar Matematika Melalui Discovery Learning Berbantuan Talking Stick Siswa Kelas 2 SD. Skripsi. Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar FKIP-UKSW
Yunitasari, R., & Hanifah, U. (2020). Pengaruh Pembelajaran Daring terhadap Minat Belajar Siswa pada Masa COVID-19. Jurnal Ilmu Pendidikan Edukatif 2(3), 232–243.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Eunike Mandolang, Fabyana I. Tamboto, Stief Aristo Walewangko, Imanuel Pascal Dolas

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Penulis yang mempublikasikan naskahnya pada SIBERNETIK: Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran menyetujui ketentuan berikut: Hak cipta atas artikel apapun pada ABDI UNISAP: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat dipegang penuh oleh penulisnya di bawah Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License dengan ketentuan sebagai berikut:
- Penulis mengakui bahwa SIBERNETIK: Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran berhak sebagai jurnal yang mempublikasikan pertama kali dengan lisensi Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
- Penulis dapat memasukan tulisan secara terpisah, mengatur distribusi non-ekskulif dari naskah yang telah terbit di jurnal ini ke dalam versi yang lain (misal: dikirim ke respository institusi penulis, publikasi ke dalam buku, dll), dengan mengakui bahwa naskah telah terbit pertama kali pada SIBERNETIK: Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran.
- Pembaca diperbolehkan mengunduh, menggunakan, dan mengadopsi isi artikel selama mengutip artikel dengan menyebutkan judul, penulis, dan nama jurnal ini. Pengutipan tersebut dilakukan demi kemajuan ilmu pengetahuan dan kemanusiaan serta tidak boleh melanggar hukum yang berlaku.