Penggunaan Media Puzzle untuk Meningkatkan Minat dan Hasil Belajar PKN Siswa Sekolah Dasar

Authors

  • Eunike Mandolang Universitas Katolik De La Salle Manado
  • Fabyana I. Tamboto Universitas Katolik De La Salle Manado
  • Stief Aristo Walewangko Universitas Katolik De La Salle Manado
  • Imanuel Pascal Dolas Universitas Katolik De La Salle Manado

DOI:

https://doi.org/10.59632/sjpp.v2i2.311

Keywords:

Media Puzzle;, PKN, Minat Belajar, Hasil Belajar

Abstract

Penelitian ini menelaah minat dan hasil belajar siswa pada mata pelajaran PKn materi pengamalan Pancasila dikelas II SD GMIM 11 Manado. Masalah penelitian ini adalah minat dan hasil belajar siswa pada pelajaran PKn masih rendah. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan minat dan hasil belajar PKn siswa kelas II SD GMIM 11 Manado. Media dalam penelitian ini menggunakan media puzzle. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui observasi, wawancara, tes dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan analisis statistik deskriptif untuk menggambarkan tentang peningkatan nilai hasil belajar siswa. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa hasil belajar PKn mengalami peningkatan, di mana pada Pra- siklus siswa yang tuntas berjumlah 5 orang siswa dengan persentase 16% dan siswa yang tidak tuntas berjumlah 25 siswa dengan persentase 84%, dengan rata-rata mencapai 44. Pada siklus I hasil belajar siswa meningkat, siswa yang tuntas berjumlah 8 siswa dengan persentase 27% dan siswa yang tidak tuntas berjumlah 22 siswa dengan persentase 73% dengan rata-rata mencapai 50. Pada siklus II hasil belajar siswa meningkat dengan jumlah siswa yang tuntas sebanyak 24 siswa dan siswa yang tidak tuntas berjumlah 6 siswa, sehingga persentase ketuntasan siswa pada siklus II mencapai 80%. Minat belajar siswa pada siklus I mendapat skor rata-rata 74,8 dengan kategori ‘baik’; sedangkan pada siklus II mendapat skor 93 dengan kategori ‘sangat baik’. Dengan demikian disimpulkan bahwa penggunaan media puzzle dapat meningkatkan minat dan hasil belajar siswa.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Ahmad Rohani. (1997). Media Instruksional Edukatif. Jakarta: Rineka Cipta.

Ahmad Susanto. 2014. Teori Belajar dan Pembelajaran di Sekolah Dasar. Jakarta: Kencana Prenada Media Grup.

Aisyah Fadilah, K., dkk. 2023. Pengertian Media, Tujuan, Fungsi, Manfaat dan Urgensi Media Pembelajaran. Journal of Student Research (JSR) Vol. 1, No.2

Cecep Kustandi, Daddy Darmawan. (2020). Pengembangan Media Pembelajaran: Konsep & Aplikasi Pengembangan Media Pembelajaran bagi Pendidik di Sekolah dan Masyarakat. Jakarta: Kencana

Depdiknas. (2006). Undang-undang Guru dan Dosen serta standar Nasional Pendidikan Tahun 2005. Jakarta: Penerbit CV Tamita Utama.

Fikri, H., Madona, S. A. (2018). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Multimedia Interaktif. Yogyakarta: Penerbit Samudra Biru

Jafar, M. I., & Sawerigading, U. (2021). Pengaruh Penggunaan Media Interaktif Animasi Terhadap Minat Belajar Matematika Siswa SD di Kabupaten Pangkajene dan Kepulauan. Jurnal Pendidikan 11(1), 251–262.

Jamil Sya’ban. (2016). Permainan Cerdas dan Kreatif. Jakarta: Penebar Plus

Kemdikbud. (2018). Permendikbud No 37 tahun 2018 tentang perubahan atas permendikbud No. 24 Tahun 2016 tentang kompetensi Inti dan Kompetensi Dasar Sekolah Dasar/Madrasah Ibtidaiyah. Jakarta: Kemdikbud.

Korompot, S., Rahim, M., & Pakaya, R. (2020). Persepsi Siswa Tentang Faktor yang Mempengaruhi Minat Belajar. JAMBURA Guidance and Counseling Journal, 1(1), 40–48. https://doi.org/10.37411/jgcj.v1i1.136

Vira Fransiska, Sukmawarti. (2021). Pengembangan Media Puzzle Berbantu Powerpoint Pada Materi Pecahan Di SD. Journal Pusdikra Volume 1, Nomor 1

Rosiana Khomsoh. (2018). Penggunaan Media Puzzle Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Dalam Pembelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial di Sekolah. Jurnal Mahasiswa Unesa Vol. 2 No. 2, http://jurnalmahasiswa.unesa.ac.idindex.php/jurnal-penelitian- pgsd/article/view/3119

Santika, D., Sutisnawati, A., & Uswatun, D. A. (2020). Analisis Minat Belajar Siswa Pada Proses Pembelajaran Daring Di Kelas Va SDN Lembursitu. Junnal DIKDAS Vol 2 No 2

Yudha, Army Nur. (2017). Peningkatan Hasil Belajar Matematika Melalui Discovery Learning Berbantuan Talking Stick Siswa Kelas 2 SD. Skripsi. Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar FKIP-UKSW

Yunitasari, R., & Hanifah, U. (2020). Pengaruh Pembelajaran Daring terhadap Minat Belajar Siswa pada Masa COVID-19. Jurnal Ilmu Pendidikan Edukatif 2(3), 232–243.

Published

31-12-2024

How to Cite

Mandolang, E., Tamboto, F. I., Walewangko, S. A., & Dolas, I. P. (2024). Penggunaan Media Puzzle untuk Meningkatkan Minat dan Hasil Belajar PKN Siswa Sekolah Dasar. SIBERNETIK: Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran, 2(2), 86–98. https://doi.org/10.59632/sjpp.v2i2.311