Pengembangan Media Pembelajaran Koper Pintar (Smart Suitcase) untuk Menstimulasi Kemampuan Mengenal Angka pada Anak Usia 5-6 Tahun

Authors

  • Fiqqi Rahmatul Mukaromah Universitas Negeri Malang
  • Tomas Iriyanto Universitas Negeri Malang
  • Nur Anisa Universitas Negeri Malang

DOI:

https://doi.org/10.59632/sjpp.v2i2.276

Keywords:

Koper Pintar, Kognitif, Mengenal Angka

Abstract

Permasalahan dalam penelitian ini adalah kurangnya dalam pembelajaran yang belum memadai dan bervariasi dalam menstimulasi kognitif mengenal angka pada anak usia 5-6 tahun. Kurangnya variasi dalam belajar yang menggunakan metode pembelajaran seperti ceramah dan menggunakan lembar kerja anak merasa bosan dan kurang tertarik. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran koper pintar (smart suitcase) yang dapat menstimulasi kemampuan mengenal angka pada anak usia 5-6 tahun dalam memahami konsep bilangan 1-20. Jenis penelitian ini menggunakan Research and Development dengan model ADDIE, analisis, desain, pengembangan, implementasi, evaluasi. Pada penelitian ini menggunakan validator ahli materi, ahli media, dan pengguna, selanjutnya dilakukan uji coba kelompok kecil dan kelompok besar dengan anak-anak TK kelompok B. Hasil pengembangan media pembelajaran koper pintar (smart suitcase) berdasarkan hasil validasi ahli materi, didapatkan presentase 78%. Hasil validasi ahli media, didapatkan presentase 72%. Hasil validasi ahli pengguna, didapatkan presentase 96%. Selanjutnya dilakukan perhitungan hasil uji coba kelompok kecil didapatkan hasil presentase 92% dan kelompok besar didapatkan hasil presentase 96%.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Akbar, S. (2013). Instrumen Perangkat Pembelajaran (Cetakan 2). Remaja Rosdakarya.

Amalia, N., & Rachmi, R. (2024). Flash Card Sebagai Media Mengenal Lambang Bilangan Pada Anak Usia Dini. 8.

Anisa, N., Fitriani, Repna, M., & Kustiawan, U. (2020). Development of Mathematic Tower Games To Practice Ability To Recognize the Concept of Number Symbols in Early Childhood. Journal Early Childhood and Primary Education, 1(1), 100–106.

Ashari, N., Jalil, N., Mustafa, N. A., Nurhamna, Dasman, E. F., & Nurhaskin. (2023). Pengenalan Konsep Matematika Dalam Permainan Monopoli Untuk Kelas B. JP2KG (Jurnal Pendidikan, Pengasuhan, Kesehatan Dan Gizi Anak Usia Dini, 4(1), 1–12.

Fatimah, F. N., Afifah, H. U. N., Auliani, R., & Larasati, S. A. (2023). Alat Permainan Edukatif Sebagai Sumber Dan Media Pembelajaran Anak Usia Dini. Raudhatul Athfal: Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini, 7(1), 44–56. https://doi.org/10.19109/ra.v7i1.15436

Hafiza, H., Wati, K. S., & Safitri, D. (2024). Perkembangan Kognitif Anak Usia 5-6 Tahun Berdasarkan Keterampilan Berpikir Simbolik. Alzam Jurnal: Pendidikan Islam Anak Usia DIni, 4(1), 11–20.

Hasliza, P., & Anisa, N. (2020). Pengembangan Permainan Jelajah Telapak Kaki Ceria Untuk Meningkatkan Kecerdasan Kinestetik Pada Anak Usia 5-6 Tahun. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 2(1), 26–35.

Kurnia. (2018). Pengaruh Penggunaan Media Pembelajaran Terhadap Kemampuan Mengenal Konsep Bilangan Pada Anak Usia Dini . 5(3), 2474–2480.

Martini, R. dan F. (2024). Dampak Permainan Lego terhadap Perkembangan Kognitif Anak Usia Dini. Journal of Telenursing (Joting), 6, 447–455.

Mulyaningsih. (2020). PENGARUH PERMAINAN PUZZLE TERHADAP KEMAMPUAN MENGENAL LAMBANG BILANGAN PADA ANAK USIA DINI PENDAHULUAN Taman kanak-kanak merupakan lembaga pendidikan yang ditujukan bagi anak- anak usia 4-6 tahun untuk melaksanakan suatu proses pembelajaran agar anak dapa. 1(1), 29–40.

Pahrul, Y., & Amalia, R. (2020). Metode Bermain Dalam Lingkaran dalam Pengembangan Kemampuan Kognitif Anak Usia Dini Di Taman Penitipan Anak Tambusai Kecamatan Bangkinang Kota. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(2), 1464–1471. https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i2.812

Puspita, Y. (2022). Meningkatkan Kemampuan Kognitif Anak Dalam Mengenal Lambang Bilangan Melalui Permainan Kantong Angka. PAUD Teratai, 4(1), 112–118.

Putri & Ningrum. (2023). Pengembangan media kongka (koper angka) untuk menstimulasi kemampuan mengenal konsep bilangan pada anak usia 5-6 tahun. 9, 298–311.

Retnaningrum, W., & Umam, N. (2021). Perkembangan Kognitif Anak Usia Dini Melalui Permainan Mencari Huruf. Jurnal Tawadhu, 5(1), 29. https://doi.org/10.52802/twd.v5i1.120

Septiviani, E. (2024). Volume 3 Nomor 3 Tahun 2024 Halaman 465-473 PENGGUNAAN MEDIA MANIPULATIF DALAM KEGIATAN MENGENAL KONSEP BILANGAN DI TK KRISTEN IMMANUEL. 3, 2715–2723. https://doi.org/10.26418/jppk.v13i3.72221

Sugiyono, D. (2010). Metode penelitian kuantitatif kualitatif dan R&D. In Penerbit Alfabeta.

Valentina Dewi, E. R., Hibana, H., & Ali, M. (2023). Pengaruh Penggunaan Media Loose Parts terhadap Perkembangan Kognitif Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 7(1), 267–282. https://doi.org/10.31004/obsesi.v7i1.3451

Wicaksana, A., & Rachman, T. (2018). Media Pembelajaran Pendidikan Anak Usia Dini. In Angewandte Chemie International Edition, 6(11), 951–952. (Vol. 3, Issue 1). https://medium.com/@arifwicaksanaa/pengertian-use-case-a7e576e1b6bf

Zaman, B., Pd, M., & Eliyawati, H. C. (2010). Media Pembelajaran Anak Usia Dini. Media Pembelajaran Anak Usia Dini, 6(1), 34. http://file.upi.edu/Direktori/FIP/JUR._PGTK/197010221998022-CUCU_ELIYAWATI/MEDIA_PEMBELAJARAN_ANAK_USIA_DINI-PPG_UPI.pdf

Published

31-12-2024

How to Cite

Mukaromah, F. R., Iriyanto, T., & Anisa, N. (2024). Pengembangan Media Pembelajaran Koper Pintar (Smart Suitcase) untuk Menstimulasi Kemampuan Mengenal Angka pada Anak Usia 5-6 Tahun. SIBERNETIK: Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran, 2(2), 140–146. https://doi.org/10.59632/sjpp.v2i2.276