Desain Media Pembelajaran Interaktif Mata Pelajaran PPKn Berbasis Sistem Informasi di SMPIT Insan Utama 2

Authors

  • Diaz Sari Universitas Muhammadiyah Riau
  • Dimas Ma'aruf Universitas Muhammadiyah Riau
  • Muhammad Jamil Ikhsan Harahap Universitas Muhammadiyah Riau
  • Andre Saputra Universitas Muhammadiyah Riau
  • Adnan Mustaqim Universitas Muhammadiyah Riau

DOI:

https://doi.org/10.59632/sjpp.v3i1.439

Keywords:

Pendidikan Pancasila, Media Digital, Interaktivitas, Teknologi Pendidikan, Inovasi Pembelajaran

Abstract

Pembelajaran Pendidikan Pancasila di sekolah umumnya masih berlangsung secara konvensional, dengan pendekatan satu arah yang kurang melibatkan siswa secara aktif. Hal ini menyebabkan siswa kesulitan memahami nilai-nilai Pancasila secara nyata dalam kehidupan mereka, terlebih di era digital saat ini. Penelitian ini bertujuan mengembangkan media pembelajaran interaktif berbasis sistem informasi yang disesuaikan dengan karakteristik dan gaya belajar siswa agar nilai-nilai Pancasila dapat disampaikan dengan lebih menarik dan bermakna. Metode yang digunakan adalah pendekatan kualitatif, dengan teknik pengumpulan data melalui studi literatur, observasi, dan wawancara. Subjek penelitian melibatkan guru dan siswa kelas VIII di SMPIT Insan Utama 2 Pekanbaru. Media yang dirancang memuat fitur seperti materi visual, kuis interaktif, tujuan pembelajaran, informasi umum, dan profil sekolah. Temuan dari penelitian ini menunjukkan bahwa pemanfaatan media interaktif mampu meningkatkan partisipasi siswa dan membantu mereka memahami isi materi secara lebih efektif. Penelitian ini menyimpulkan bahwa pengembangan media pembelajaran berbasis sistem informasi berpotensi menjadi alternatif strategis untuk menjawab kebutuhan belajar siswa sekaligus memperkuat pemahaman terhadap nilai-nilai Pancasila.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Andarwati, N., & Pujilestari, Y. (2023). PEMANFAATAN APLIKASI CANVA SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN PENDIDIKAN PANCASILA DAN KEWARGANEGARAAN. In Kajian Moral dan Kewarganegaraan (Vol. 11).

Anggraeni, S. A., & Nurazizah, S. (2024). Konsep Dasar Perencanaan Pembelajaran. Karimah Tauhid, 3(5), 5548–5562. https://doi.org/10.30997/karimahtauhid.v3i5.13204

Ansori, A., Pendidikan, M., Islam, A., Tinggi, S., Rusyd, I., & Utara, L. (2024). Pengertian: Jurnal Pendidikan Indonesia (PJPI) Mencari Tambahan Ilmu. 2(1), 137–144. https://doi.org/10.61930/pjpi.v2i1

Arie, K., Murni, W., Assabilah, A. D., & Murni, A. W. (2023). Artikel Nusantara Educational Review Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif JERA pada Mata Pelajaran PPKn Materi Mengenal Pengamalan Nilai-Nilai Pancasila dalam Kehidupan Sehari-Hari Kelas V SDN Sumokali Candi. In NER (Vol. 1, Issue 1). https://journal.unusida.ac.id/index.php/ner/

Hasanah, H. (2016). TEKNIK-TEKNIK OBSERVASI (Sebuah Alternatif Metode Pengumpulan Data Kualitatif Ilmu-ilmu Sosial).

Jurnal, L. :, Pendidikan, M., Abdullah, N., & Jabri, A. (2023). Literaksi: Jurnal Manajemen Pendidikan | 270 Pengaruh Pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan terhadap Karakter Siswa SMA: A Schematic Literature Review.

Sugiyono. (2017). Metode penelitian kuantitatif, kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Kamran, F., Kanwal, A., Afzal, A., & Rafiq, S. (2023). Impact of Interactive Teaching Methods on Students Learning Outcomes at University level. In Journal of Positive School Psychology (Vol. 7).

Nasa, A., & Rukmana Sari, N. (2023). Desain Media Pembelajaran Sebagai Pengembangan Sumber Belajar Pendidikan Agama Islam. Journal on Education, 06(01), 1707–1714.

Abdi, A. (2020). Pembelajaran PKN dan Aktivitas Belajarnya bagi Siswa Sekolah Menengah Pertama (SMP). Jurnal Serunai Ilmu Pendidikan, 6(2), 134-137.

Pendidikan Sultan Agung, J., Nurrusama Nilakandi, T., Pancasila dan Kewarganegaraan, P., PGRI Adi Buana Surabaya, U., Kunci, K., Pancasila, P., & Belajar, P. (2025). JP-SA INTEGRASI PEMBELAJARAN PENDIDIKAN PANCASILA BERDIFERENSIASI BERBASIS MULTIMEDIA GUNA MENDUKUNG PENGALAMAN BELAJAR SISWA. 5(2).

Wandini, R. R., Sipahutar, D. A., Rahmawati, I., Diah, R., & Harpani, S. (2022). Merubah Pandangan Siswa yang Menganggap Pembelajaran PKn Membosankan Menjadi Pembelajaran PKn Yang Menyenangkan. Jurnal Pendidikan dan Konseling, 4(4), 1489–1496. Universitas Pahlawan Tuanku Tambusai. E-ISSN: 2685-936X, P-ISSN: 2685-9351.wandwa

Rahman Hakim, B., & Teknik Elektro, J. (2014). Media Pembelajara Interaktif Animasi Flash PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF ANIMASI FLASH PADA STANDAR KOMPETENSI MEMASANG INSTALASI PENERANGAN LISTRIK BANGUNAN SEDERHANA DI SMK WALISONGO 2 GEMPOL Subuh Isnur Haryudo.

Sari, M., Syabrina, A. T., Balqis P, A. A., Harahap, A. N., Fauziah, S., Andriani, S., Simanungkalit, A. F., Tarigan, E. N. P. B., Gultom, S. H. B., Salwa, D., Isda, S., Rahmah, A., Siregar, F. M., Batubara, I. F. S., Wardinah, S., & Akbar, A. (2025). Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Berbasis Power Point untuk Meningkatkan Hasil Belajar PKn Kelas IV Sekolah Dasar. Indo-MathEdu Intellectuals Journal, 6(1), 558–565. https://doi.org/10.54373/imeij.v6i1.2502

Sholihah, M., Amaliyah, N., & Muhammadiyah Hamka, U. (2022). PERAN GURU DALAM MENERAPKAN METODE DISKUSI KELOMPOK UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS SISWA KELAS V SEKOLAH DASAR. Jurnal Cakrawala Pendas, 8(3). https://doi.org/10.31949/jcp.v8i2.2826

Published

30-06-2025

Scite_ Smart Citation

Dimensions Citation

How to Cite

Sari, D., Ma’aruf, D., Harahap, M. J. I., Saputra, A., & Mustaqim, A. (2025). Desain Media Pembelajaran Interaktif Mata Pelajaran PPKn Berbasis Sistem Informasi di SMPIT Insan Utama 2. SIBERNETIK: Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran, 3(1), 48–61. https://doi.org/10.59632/sjpp.v3i1.439

Similar Articles

1 2 3 4 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.