Peran Guru Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan dalam Pemanfaatan Objek Wisata Pantai

Authors

  • Zulfikar STKIP YPUP Makassar
  • Irma Rahmayani Universitas Patompo
  • Suastika Nurafiati STKIP YPUP Makassar

DOI:

https://doi.org/10.59632/sjpp.v3i1.441

Keywords:

PJOK, Wisata Pantai, Peran Guru

Abstract

Pendidikan jasmani akan menarik ketika guru dapat menciptakan suasana menyenangkan dalam proses pembelajaran. Guru Pendidikan jasmani olahraga dan Kesehatan perlu mengambil peran dengan memanfaatkan objek wisata pantai. Untuk mencapai tujuan penelitian di gunakan metode deskriptif kualitatif, dengan menggunakan observasi dan wawancara dengan para guru olahraga, pengelolah objek wisata dan pemangku kepentingan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat beberapa wahana berbasis olahraga di wisata pantai Galesong yang dapat di manfaatkan guru dalam memberikan pembelajaran Pendidikan jasmani dan olahraga kepada siswa, seperti renang, jet ski, polo air, voli pantai, dayung, water sport, sepeda. Penelitian ini dapat dijadikan sebagai alternatif Guru untuk memberikan materi Pendidikan jasmani olahraga dan Kesehatan dengan suasana yang menyenangkan kepada siswanya dan sebagai bahan referensi untuk penelitian model pembelajaran pendidikan jasmani dan penelitian wisata olahraga selanjutnya. Peran guru terhadap pemanfaatan objek wisata Pantai dan pengembangan pariwisata olahraga sangat mendukung dengan mengarahkan siswa untuk aktif berolahraga atau menekuni olahraga air. Dalam kurikulum saat ini, guru tidak cukup hanya memberikan pembelajaran, tetapi guru harus mampu menjadi motivator dan trainer dengan keterbatasan yang ada.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Dena, Coward., Matthew, Coyn., Gordon, Goodman., Denise, Hayes., Marion, Lay., Linda, Lee., Graham, McKay., Charles, Parkinson., Richard, Way. 2013. Sport Tourism. The essential guide to understanding and developing sport tourism in BC. Canada: British Columbia Corp.

Franzoni, S. Mengukur kinerja keberlanjutan sektor pariwisata. Manajemen Pariwisata. Perspektif, 16, 22–27, 2015. https://doi.org/10.1016/j.tmp.2015.05.007

Firmansyah, H. (2016). Physical Education and Character Education. 14, 318–320.https://doi.org/10.2991/icemal-16.2016.65

G. Yana, I. K. B. Astra, and I. G. Suwiwa, “Persepsi Wisatawan terhadap Potensi Pariwisata Olahraga Wahana Canyoning,” Indones. J. Sport Tour., vol. 3, no. 1, p. 26, 2021, doi: 10.23887/ijst.v3i1.35432

Greenwell, T.C., DAnzy-Bussel, L.A., & Shonk, D.J. 2013. Managing sports events. Champaign, IL: Human Kinetics.

Maison., Astalini., Kurniawan, D. A., Perdana, R., Anggraini, L. Fenomena Pendidikan Fisikologi SMA: Hubungan Sikap Siswa Terhadap Fisika, Gaya Belajar, Motivasi. Jurnal Universal Penelitian Pendidikan. 7(10), 2199-2207, 2019.

Miles, M. B.., Huberman, A. M & Saldana. J. 2014. Qualitative Data Analysis. London: Sage Publication (Terjemahan Tjetjep Rohendi Rohidi). Jakarta: Universitas Indonesia (UI- Press).

Roe, P., Hrymak, V., & Dimanche, F. Menilai kelestarian lingkungan di kawasan pariwisata dan rekreasi: Risiko‐penilaian‐model berbasis. Jurnal Pariwisata Berkelanjutan, 22(2), 319–338, 2014. https://doi.org/ 10.1080/09669582.2013.815762.

Sanusi, Rahmat. 2020. Analisis Potensi Parawisata Olahraga Berbasis Sumber Daya Alam di Kabupaten Karimun Provinsi Kepulauan Riau. Jurnal Ilmu Keolahragaan Volume III Nomor 1 Mei 2020.

Soedjatmiko. (2015). Sport Tourism Development in Indonesia. Journal of Sport Science 3 (2015) 257-261.

Sugiyono. 2020. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan kombinasi (mixed methods). Bandung: Alfabeta

Published

30-06-2025

Scite_ Smart Citation

Dimensions Citation

How to Cite

Zulfikar, Z., Rahmayani, I., & Nurafiati, S. (2025). Peran Guru Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan dalam Pemanfaatan Objek Wisata Pantai. SIBERNETIK: Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran, 3(1), 68–75. https://doi.org/10.59632/sjpp.v3i1.441

Similar Articles

<< < 1 2 

You may also start an advanced similarity search for this article.