Peran Guru Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan dalam Pemanfaatan Objek Wisata Pantai
DOI:
https://doi.org/10.59632/sjpp.v3i1.441Keywords:
PJOK, Wisata Pantai, Peran GuruAbstract
Pendidikan jasmani akan menarik ketika guru dapat menciptakan suasana menyenangkan dalam proses pembelajaran. Guru Pendidikan jasmani olahraga dan Kesehatan perlu mengambil peran dengan memanfaatkan objek wisata pantai. Untuk mencapai tujuan penelitian di gunakan metode deskriptif kualitatif, dengan menggunakan observasi dan wawancara dengan para guru olahraga, pengelolah objek wisata dan pemangku kepentingan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat beberapa wahana berbasis olahraga di wisata pantai Galesong yang dapat di manfaatkan guru dalam memberikan pembelajaran Pendidikan jasmani dan olahraga kepada siswa, seperti renang, jet ski, polo air, voli pantai, dayung, water sport, sepeda. Penelitian ini dapat dijadikan sebagai alternatif Guru untuk memberikan materi Pendidikan jasmani olahraga dan Kesehatan dengan suasana yang menyenangkan kepada siswanya dan sebagai bahan referensi untuk penelitian model pembelajaran pendidikan jasmani dan penelitian wisata olahraga selanjutnya. Peran guru terhadap pemanfaatan objek wisata Pantai dan pengembangan pariwisata olahraga sangat mendukung dengan mengarahkan siswa untuk aktif berolahraga atau menekuni olahraga air. Dalam kurikulum saat ini, guru tidak cukup hanya memberikan pembelajaran, tetapi guru harus mampu menjadi motivator dan trainer dengan keterbatasan yang ada.
Downloads
References
Dena, Coward., Matthew, Coyn., Gordon, Goodman., Denise, Hayes., Marion, Lay., Linda, Lee., Graham, McKay., Charles, Parkinson., Richard, Way. 2013. Sport Tourism. The essential guide to understanding and developing sport tourism in BC. Canada: British Columbia Corp.
Franzoni, S. Mengukur kinerja keberlanjutan sektor pariwisata. Manajemen Pariwisata. Perspektif, 16, 22–27, 2015. https://doi.org/10.1016/j.tmp.2015.05.007
Firmansyah, H. (2016). Physical Education and Character Education. 14, 318–320.https://doi.org/10.2991/icemal-16.2016.65
G. Yana, I. K. B. Astra, and I. G. Suwiwa, “Persepsi Wisatawan terhadap Potensi Pariwisata Olahraga Wahana Canyoning,” Indones. J. Sport Tour., vol. 3, no. 1, p. 26, 2021, doi: 10.23887/ijst.v3i1.35432
Greenwell, T.C., DAnzy-Bussel, L.A., & Shonk, D.J. 2013. Managing sports events. Champaign, IL: Human Kinetics.
Maison., Astalini., Kurniawan, D. A., Perdana, R., Anggraini, L. Fenomena Pendidikan Fisikologi SMA: Hubungan Sikap Siswa Terhadap Fisika, Gaya Belajar, Motivasi. Jurnal Universal Penelitian Pendidikan. 7(10), 2199-2207, 2019.
Miles, M. B.., Huberman, A. M & Saldana. J. 2014. Qualitative Data Analysis. London: Sage Publication (Terjemahan Tjetjep Rohendi Rohidi). Jakarta: Universitas Indonesia (UI- Press).
Roe, P., Hrymak, V., & Dimanche, F. Menilai kelestarian lingkungan di kawasan pariwisata dan rekreasi: Risiko‐penilaian‐model berbasis. Jurnal Pariwisata Berkelanjutan, 22(2), 319–338, 2014. https://doi.org/ 10.1080/09669582.2013.815762.
Sanusi, Rahmat. 2020. Analisis Potensi Parawisata Olahraga Berbasis Sumber Daya Alam di Kabupaten Karimun Provinsi Kepulauan Riau. Jurnal Ilmu Keolahragaan Volume III Nomor 1 Mei 2020.
Soedjatmiko. (2015). Sport Tourism Development in Indonesia. Journal of Sport Science 3 (2015) 257-261.
Sugiyono. 2020. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan kombinasi (mixed methods). Bandung: Alfabeta
Downloads
Published
Scite_ Smart Citation
Dimensions Citation
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Zulfikar, Irma Rahmayani, Suastika Nurafiati

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Penulis yang mempublikasikan naskahnya pada SIBERNETIK: Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran menyetujui ketentuan berikut: Hak cipta atas artikel apapun pada ABDI UNISAP: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat dipegang penuh oleh penulisnya di bawah Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License dengan ketentuan sebagai berikut:
- Penulis mengakui bahwa SIBERNETIK: Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran berhak sebagai jurnal yang mempublikasikan pertama kali dengan lisensi Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
- Penulis dapat memasukan tulisan secara terpisah, mengatur distribusi non-ekskulif dari naskah yang telah terbit di jurnal ini ke dalam versi yang lain (misal: dikirim ke respository institusi penulis, publikasi ke dalam buku, dll), dengan mengakui bahwa naskah telah terbit pertama kali pada SIBERNETIK: Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran.
- Pembaca diperbolehkan mengunduh, menggunakan, dan mengadopsi isi artikel selama mengutip artikel dengan menyebutkan judul, penulis, dan nama jurnal ini. Pengutipan tersebut dilakukan demi kemajuan ilmu pengetahuan dan kemanusiaan serta tidak boleh melanggar hukum yang berlaku.