Analisis Kesulitan Membaca Siswa (Studi Kasus di SDN 10 Kota Solok)
DOI:
https://doi.org/10.59632/sjpp.v1i1.11Keywords:
Kesulitan Membaca, Daya Ingat, Motivasi Belajar SiswaAbstract
Latar belakang penelitian ini adalah suatu kendala yang dialami siswa dalam membaca pada saat proses pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk menguraikan kesulitan-kesulitan yang dialami siswa kelas 1 pada saat membaca. Adapun penelitian yang digunakan oleh seorang peneliti yaitu studi kasus. Informan yang terdapat dalam penelitian ini adalah Guru kelas 1, Siswa kelas 1 sebanyak 12 orang yang dimana laki-laki berjumlah 5 orang dan perempuan berjumlah 7 orang dengan menggunakan teknik purposive sampling. Kunci dalam Instrumen penelitian ini adalah peneliti sendiri, dengan menggunakan alat bantu berupa pedoman wawancara, kamera, dan catatan lapangan. Pengumpulan data yang digunakan peneliti menggunakan proses observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil data yang telah diperoleh oleh peneliti lalu dilakukan analisis terlebih dahulu dengan menggunakan model miles and Huberman, yaitu Reduksi data, Display data dan Kesimpulan. Untuk menguji keabsahan data peneliti menggunakan teknik perbandingan (Triangulasi). Setelah melakukan keabsahan data maka diperoleh Hasil penelitian yang menunjukkan kemampuan daya ingat siswa saat membaca yang lemah, siswa sulit dalam membedakan beberapa huruf, kurangnya konsentrasi siswa dalam membaca, motivasi belajar rendah siswa pada saat membaca,siswa terpengaruh oleh teman-temannya, serta kurangnya dorongan orang tua dalam membantu anaknya untuk belajar membaca.
Downloads
References
Abdurrahman, Mulyono (1996). Pendidikan Bagi Anak Berkesulitan Belajar. Jakarta: Depdikbud Dirjen Dikti.
Afrianti, Y., & Wirman, A. (2020). Penggunaan Media Busy Book Untuk Menstimulasi Kemampuan Membaca Anak. Jurnal Pendidikan Tambusai, 4(2).
Alkhasanah Nuraini, D. (2023). Analisis Kesulitan Belajar Membaca Permulaan Siswa Kelas 2 SD.
Aprilia Ulfaitul Inka, Fathurohman, P. (2021). Analisis Kesulitan Membaca Permulaan Siswa Kelas I _ Jurnal Penelitian dan Pengembangan Pendidikan (1)
Fauzi. (2018). Karakteristik Kesulitan Belajar Membaca Pada Siswa Kelas Rendah Sekolah Dasar. Jurnal Perpektif Ilmu Pendidikan.
Kumara, Amitya & Lucky Ade Sessiani (2014). Menangani Anak yang Mengalami Kesulitan dalam Mengenali dan Menyembunyikan Bunyi Huruf (hlm. 27-50), dalam Amitya Kumara,dkk. Kesulitan Berbahasa pada Anak. Yogyakarta: PT Kanisius
Mabunga, A. S., Mabunga, M. E. M., & Yani, A. (2019). Kesulitan Membaca Permulaan Pada Anak Usia Dini Dalam Perspektif Analisis Reading Readiness. Mimbar Pendidikan, 4(2), 113–126
Pratiwi, I.M. & Ariawan, V. A. N. (2017). Analisis Kesulitan Siswa Dalam Membaca Permulaan di Kelas Satu Sekolah Dasar. Jurnal Sekolah Dasar: Kajian Teori dan Praktik Pendidikan.
Downloads
Published
Scite_ Smart Citation
Dimensions Citation
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Nisa Gusrianti, Safrizal

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Penulis yang mempublikasikan naskahnya pada SIBERNETIK: Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran menyetujui ketentuan berikut: Hak cipta atas artikel apapun pada ABDI UNISAP: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat dipegang penuh oleh penulisnya di bawah Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License dengan ketentuan sebagai berikut:
- Penulis mengakui bahwa SIBERNETIK: Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran berhak sebagai jurnal yang mempublikasikan pertama kali dengan lisensi Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
- Penulis dapat memasukan tulisan secara terpisah, mengatur distribusi non-ekskulif dari naskah yang telah terbit di jurnal ini ke dalam versi yang lain (misal: dikirim ke respository institusi penulis, publikasi ke dalam buku, dll), dengan mengakui bahwa naskah telah terbit pertama kali pada SIBERNETIK: Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran.
- Pembaca diperbolehkan mengunduh, menggunakan, dan mengadopsi isi artikel selama mengutip artikel dengan menyebutkan judul, penulis, dan nama jurnal ini. Pengutipan tersebut dilakukan demi kemajuan ilmu pengetahuan dan kemanusiaan serta tidak boleh melanggar hukum yang berlaku.





