Analisis Kesulitan Membaca Siswa (Studi Kasus di SDN 10 Kota Solok)

Authors

  • Nisa Gusrianti Universitas Islam Negeri Mahmud Yunus Batusangkar
  • Safrizal UIN K.H Abdurrahman Wahid Pekalongan

DOI:

https://doi.org/10.59632/sjpp.v1i1.11

Keywords:

Kesulitan Membaca, Daya Ingat, Motivasi Belajar Siswa

Abstract

Latar belakang penelitian ini adalah suatu kendala yang dialami siswa dalam membaca pada saat proses pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk menguraikan kesulitan-kesulitan yang dialami siswa kelas 1 pada saat membaca. Adapun penelitian yang  digunakan oleh seorang peneliti yaitu studi kasus. Informan yang terdapat dalam penelitian ini adalah Guru kelas 1, Siswa kelas 1 sebanyak 12 orang yang dimana laki-laki  berjumlah 5 orang dan perempuan berjumlah 7 orang dengan menggunakan teknik purposive sampling. Kunci dalam Instrumen penelitian ini adalah peneliti sendiri, dengan menggunakan alat bantu berupa pedoman wawancara, kamera, dan catatan lapangan. Pengumpulan data yang digunakan peneliti menggunakan proses observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil data yang telah diperoleh oleh peneliti lalu dilakukan analisis terlebih dahulu dengan menggunakan model miles and Huberman, yaitu Reduksi data, Display data dan Kesimpulan. Untuk menguji keabsahan data peneliti menggunakan teknik perbandingan (Triangulasi). Setelah melakukan keabsahan data maka diperoleh Hasil penelitian yang menunjukkan kemampuan daya ingat siswa saat membaca yang lemah, siswa sulit dalam membedakan beberapa huruf, kurangnya konsentrasi siswa dalam membaca, motivasi belajar rendah siswa pada saat membaca,siswa terpengaruh oleh teman-temannya, serta kurangnya dorongan orang tua dalam membantu anaknya untuk belajar membaca.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Abdurrahman, Mulyono (1996). Pendidikan Bagi Anak Berkesulitan Belajar. Jakarta: Depdikbud Dirjen Dikti.

Afrianti, Y., & Wirman, A. (2020). Penggunaan Media Busy Book Untuk Menstimulasi Kemampuan Membaca Anak. Jurnal Pendidikan Tambusai, 4(2).

Alkhasanah Nuraini, D. (2023). Analisis Kesulitan Belajar Membaca Permulaan Siswa Kelas 2 SD.

Aprilia Ulfaitul Inka, Fathurohman, P. (2021). Analisis Kesulitan Membaca Permulaan Siswa Kelas I _ Jurnal Penelitian dan Pengembangan Pendidikan (1)

Fauzi. (2018). Karakteristik Kesulitan Belajar Membaca Pada Siswa Kelas Rendah Sekolah Dasar. Jurnal Perpektif Ilmu Pendidikan.

Kumara, Amitya & Lucky Ade Sessiani (2014). Menangani Anak yang Mengalami Kesulitan dalam Mengenali dan Menyembunyikan Bunyi Huruf (hlm. 27-50), dalam Amitya Kumara,dkk. Kesulitan Berbahasa pada Anak. Yogyakarta: PT Kanisius

Mabunga, A. S., Mabunga, M. E. M., & Yani, A. (2019). Kesulitan Membaca Permulaan Pada Anak Usia Dini Dalam Perspektif Analisis Reading Readiness. Mimbar Pendidikan, 4(2), 113–126

Pratiwi, I.M. & Ariawan, V. A. N. (2017). Analisis Kesulitan Siswa Dalam Membaca Permulaan di Kelas Satu Sekolah Dasar. Jurnal Sekolah Dasar: Kajian Teori dan Praktik Pendidikan.

Published

20-06-2023

Scite_ Smart Citation

Dimensions Citation

How to Cite

Gusrianti, N., & Safrizal, S. (2023). Analisis Kesulitan Membaca Siswa (Studi Kasus di SDN 10 Kota Solok). SIBERNETIK: Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran, 1(1), 20–24. https://doi.org/10.59632/sjpp.v1i1.11

Similar Articles

1 2 3 4 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.