Strategi Guru Mengimplementasikan Profil Pelajar Pancasila dalam Kurikulum Merdeka Belajar di SMPN 2 Pekalongan
DOI:
https://doi.org/10.59632/sjpp.v1i1.8Keywords:
Strategi Guru, Profil Pelajar Pancasila, Kurikulum MerdekaAbstract
Tujuan penelitian ini untuk menganalisis strategi yang digunakan guru SMP Negeri 2 Kajen Pekalongan untuk mengimplementasikan profil pelajar Pancasila dalam kurikulum merdeka belajar. Jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan dengan pendekatan kualitatif deskriptif. Hasil penelitian menunjukan bahwa SMPN 2 Kajen merupakan salah satu sekolah yang telah menerapkan profil pelajar Pancasila. Implementasi yang dilakukan oleh SMP N 2 Kajen Pekalongan melalui pembelajaran didalam dan diluar Kelas. Terdapat sejumlah tantangan yang dihadapi guru dalam mengimplementasikan profil pelajar pancasila yakni tantangan karakter kepribadian siswa yang berbeda, perkembangan teknologi dalam pembelajaran, dan pengaruh lingkungan lebih dominan pada siswa. Oleh karena itu sekolah membutuhkan strategi guru untuk mengimplementasikan profil pelajar Pancasila. Strategi guru mengimplementasikan profil pelajar pancasila merupakan rangkaian tindakan yang dilakukan oleh guru untuk menghadapi tantangan dalam mengimplementasi karakter pelajar pancasila. Strategi guru SMPN 2 Kajen Pekalongan dalam mengimplementasikan profil pelajar ancasila telah mengembangan dua model pembelajaran yaitu strategi guru dalam pembelajaran dan strategi guru dalam persiapan mengajar.
Downloads
References
Barnicot, Kirsten, Caio Redknap, Florence Coath, Jeantique Hommel, Laura Couldrey, and Mike Crawford. 2022. “Patient Experiences of Therapy for Borderline Personality Disorder: Commonalities and Differences between Dialectical Behaviour Therapy and Mentalization-Based Therapy and Relation to Outcomes.” Psychology and Psychotherapy: Theory, Research and Practice 95(1). doi: 10.1111/papt.12362.
Clifford, Katherine R., Amanda E. Cravens, and Corrine N. Knapp. 2022. “Responding to Ecological Transformation: Mental Models, External Constraints, and Manager Decision-Making.” BioScience 72(1). doi: 10.1093/biosci/biab086.
Diputera, Artha Mahindra, Suri Handayani Damanik, and Vera Wahyuni. 2022. “Evaluasi Kebijakan Pendidikan Karakter Profil Pelajar Pancasila Dalam Kurikulum Prototipe Untuk Pendidikan Anak Usia Dini.” Jurnal Bunga Rampai Usia Emas 8(1):1. doi: 10.24114/jbrue.v8i1.32650.
Dornan, Tim, Richard Conn, Helen Monaghan, Grainne Kearney, Hannah Gillespie, and Deirdre Bennett. 2019. “Experience Based Learning (ExBL): Clinical Teaching for the Twenty-First Century.” Medical Teacher 41(10). doi: 10.1080/0142159X.2019.1630730.
Harahap, Mely Novasari. 2021. “Analisis Data Penelitian Kualitatif Model Miles Dan Huberman.” Manhaj 18(1).
Jesus, Gabriela Martins de, Fabiano Cutigi Ferrari, Leo Natan Paschoal, Simone Do Rocio Senger de Souza, Daniel De Paula Porto, and Vinicius Humberto Serapilha Durelli. 2020. “Is It Worth Using Gamification on Software Testing Education? An Extended Experience Report in the Context of Undergraduate Students.” Journal of Software Engineering Research and Development 8. doi: 10.5753/jserd.2020.738.
Kemendikbud. 2022. “Program Sekolah Penggerak.” Direktorat Sekolah Dasar. Retrieved (http://ditpsd.kemdikbud.go.id/hal/program-sekolah-penggerak#:~:text=Program Sekolah Penggerak adalah katalis,(kepala sekolah dan guru).).
Khobir, Abdul, Fihris, Ana Chonitsa, and Mei Yuniati. 2022. “School Refusal Post-Covid: Handling, Role, Activity of Teachers and Parents To Prevent School Dropout.” Proceeding International Conference on Islam and Education (ICONIE) 2(2):541–54.
Lexy J Moleong. 2010. Metodologi Penelitian Kualitatif . Bandung: Remaja Rosdakarya.
Lubaba, Meilin Nuril, and Iqnatia Alfiansyah. 2022. “Analisis Penerapan Profil Pelajar Pancasila Dalam Pembentukan Karakter Peserta Didik Di Sekolah Dasar.” Edusaintek: Jurnal Pendidikan, Sains Dan Teknologi 9(3):687–706.
Novera, Ellya, Daharnis Daharnis, Erita Yeni, and Fauzan Ahmad. 2021. “Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila: Sebuah Orientasi Baru Pendidikan Dalam Meningkatkan Karakter Siswa Indonesia.” Jurnal Basicedu 5(6):6349_6356.
Ortega-Sánchez, Delfín, and Alfredo Jiménez-Eguizábal. 2019. “Project-Based Learning through Information and Communications Technology and the Curricular Inclusion of Social Problems Relevant to the Initial Training of Infant School Teachers.” Sustainability (Switzerland) 11(22). doi: 10.3390/su11226370.
Peng, Hu, Zhaogan Zeng, Changshou Deng, and Zhijian Wu. 2021. “Multi-Strategy Serial Cuckoo Search Algorithm for Global Optimization.” Knowledge-Based Systems 214. doi: 10.1016/j.knosys.2020.106729.
Prastowo, Agung Ilham, Arham Junaidi Firman, Tri Mulyanto, and Rz Ricky Satria Wiranata. 2020. “The Independent Learning Curriculum Concept of Imam Zarkasyi’s Perspective in Pesantren for Facing the Era of Society 5.0.” in ACM International Conference Proceeding Series.
Rizal, Yenni, Modestus Deovany, and Ayu Siti Andini. 2022. “Kepercayaan Diri Siswa Pada Pelaksanaan Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila.” Sosial Horizon: Jurnal Pendidikan Sosial 9(1):46–57. doi: 10.31571/sosial.v9i1.3699.
Sihombing, Agustian GP. 2022. “Urgensi Pendidikan Etika Moral.” Kompas.Com. Retrieved (https://www.kompas.com/edu/read/2022/08/11/132213171/urgensi-pendidikan-etika-moral?page=all).
Susilawati, Eni, Saleh Sarifudin, and Suyitno Muslim. 2021. “Internalisasi Nilai Pancasila Dalam Pembelajaran Melalui Penerapan Profil Pelajar Pancasila Berbantuan Platform Merdeka Mengajar.” Jurnal Teknodik. doi: 10.32550/teknodik.v25i2.897.
Wardana, Dodi Jaya, Anita Handayani, Andi Rahmad Rahim, Sukaris Sukaris, and Nur Fauziyah. 2021. “Sosialisasi Pentingnya Nilai–Nilai Pancasila.” DedikasiMU(Journal of Community Service) 3(1). doi: 10.30587/dedikasimu.v3i1.2357.
Wetekam, Johannes, Julio Hechavarría, Luciana López-Jury, and Manfred Kössl. 2022. “Correlates of Deviance Detection in Auditory Brainstem Responses of Bats.” European Journal of Neuroscience 55(6). doi: 10.1111/ejn.15527.
Downloads
Published
Scite_ Smart Citation
Dimensions Citation
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Ana Chonitsa, Jasmin Idaningrum, Zulaifa Afifah

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Penulis yang mempublikasikan naskahnya pada SIBERNETIK: Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran menyetujui ketentuan berikut: Hak cipta atas artikel apapun pada ABDI UNISAP: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat dipegang penuh oleh penulisnya di bawah Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License dengan ketentuan sebagai berikut:
- Penulis mengakui bahwa SIBERNETIK: Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran berhak sebagai jurnal yang mempublikasikan pertama kali dengan lisensi Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
- Penulis dapat memasukan tulisan secara terpisah, mengatur distribusi non-ekskulif dari naskah yang telah terbit di jurnal ini ke dalam versi yang lain (misal: dikirim ke respository institusi penulis, publikasi ke dalam buku, dll), dengan mengakui bahwa naskah telah terbit pertama kali pada SIBERNETIK: Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran.
- Pembaca diperbolehkan mengunduh, menggunakan, dan mengadopsi isi artikel selama mengutip artikel dengan menyebutkan judul, penulis, dan nama jurnal ini. Pengutipan tersebut dilakukan demi kemajuan ilmu pengetahuan dan kemanusiaan serta tidak boleh melanggar hukum yang berlaku.