Pendekatan Pemecahan Masalah Matematika dalam Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Siswa

Authors

  • Ahmad SMP Negeri 2 Pancarijang

DOI:

https://doi.org/10.59632/sjpp.v1i1.157

Keywords:

Pemecahan masalah, Matematika, Hasil Belajar, Pendekatan Pembelajaran

Abstract

Meskipun pentingnya matematika telah diakui secara luas, masih banyak siswa yang mengalami kesulitan dalam memahami konsep-konsep matematika dan mencapai hasil belajar. Penggunaan pendekatan pemecahan masalah dalam pembelajaran matematika dapat meningkatkan pemahaman konsep dan hasil belajar siswa kelas VII B SMP Negeri 2 Pancarijang tahun 2015/2016. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (classroom action research) dengan dua siklus. Setiap siklus terdiri dari tahapan yang sama yakni, perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi, evaluasi dan refleksi. Data penelitian ini berupa data hasil belajar dan data tentang proses belajar mengajar. Penerapan pembelajaran dengan pendekatan pemecahan masalah dapat meningkatkan perhatian dan motivasi belajar siswa serta hasil belajar matematika siswa. Skor rata-rata hasil belajar matematika pada siklus I sebesar 67,84% dan pada siklus II sebesar 77,40% atau ada peningkatan sebesar 9,56%.atau indikator lainnya dapat dilihat pada siklus I masih terdapat 9 atau setara dengan (28,13%) orang siswa yang tidak tuntas, tetapi pada siklus II sudah tidak ada lagi siswa yang tidak tuntas.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Afifurrahman, A. (2014). Penerapan Pembelajaran Matematika Melalui Pemecahan Masalah Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Materi Spldv. Edusentris, 1(3), 227. https://doi.org/10.17509/edusentris.v1i3.147

Arisetyawan, A. (2019). Pentingnya Pembelajaran Etnomatematika Dalam Meningkatkan Kemampuan Kognitif Siswa Dan Bagaimana Mendisain Bahan Ajar Berbasis Kearifan Lokal. In Jurnal Basicedu (Vol. 3, Issue 2, pp. 621–626). Universitas Pahlawan Tuanku Tambusai. https://doi.org/10.31004/basicedu.v3i2.47

Hafid, H., & Wiyati, E. (2017). Peningkatan Hasil Belajar Matematika melalui Pendekatan Problem Solving Secara Berkelompok. Sigma (Suara Intelektual Gaya Matematika), 4(1), 1–15.

Kencanawaty, G. (2019). Implementasi Pendidikan Karakter Berbasis Kearifan Lokal Pada Pelajaran Matematika. MathEducation Nusantara, 2(2), 194–200.

Nahak, P., Amsikan, S., & Nahak, S. (2020). Pengembangan Bahan Ajar Berbasis Kontekstual Pada Mata Pelajaran Matematika Kelas Vii Smpn Neonbat Dengan Materi Pokok Himpunan. In MATH-EDU: Jurnal Ilmu Pendidikan Matematika (Vol. 5, Issue 1, pp. 31–37). Universitas Timor. https://doi.org/10.32938/jipm.5.1.2020.31-37

Salfia, E. (2021). Pengembangan Bahan Ajar Berbasis E-Modul Interaktif Menggunakan Model Pembelajaran Berbasis Masalah Pada Materi Integral SMA Kelas XII. In Jurnal Riset Ilmu Pendidikan (Vol. 1, Issue 1, pp. 12–18). Lembaga Riset Mutiara Akbar. https://doi.org/10.56495/jrip.v1i1.62

Sari, F. I. (2022). Peningkatan Hasil Belajar Matematika melalui Pendekatan Pembelajaran Problem Solving pada Siswa Kelas V SD Negeri 20 Alesipitto Kecamatan Ma’rang Kabupaten Pangkep. In Uinversitas Muhammadiyah Makassar. Universitas Muhammadiyah Makassar.

Sutamrin, S., & Sahid, S. (2021). Pengembangan Bahan Ajar Berbasis Masalah Terbuka dalam Pembelajaran Kalkulus. In Sainsmat : Jurnal Ilmiah Ilmu Pengetahuan Alam (Vol. 10, Issue 2, p. 189). Universitas Negeri Makassar. https://doi.org/10.35580/sainsmat102262272021

Published

26-06-2023

Scite_ Smart Citation

Dimensions Citation

How to Cite

Ahmad. (2023). Pendekatan Pemecahan Masalah Matematika dalam Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Siswa. SIBERNETIK: Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran, 1(1), 129–137. https://doi.org/10.59632/sjpp.v1i1.157