Penerapan Metode Pembelajaran Berbasis Proyek untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Logis pada Anak Kelompok B di KB-TK Anak Teladan Kota Malang
DOI:
https://doi.org/10.59632/sjpp.v2i1.268Keywords:
Metode Proyek, Berpikir Logis, Taman Kanak-KanakAbstract
Penelitian diadakan dengan tujuan untuk meningkatkan berpikir logis anak kelompok B pada kegiatan pembelajaran berbasis proyek di KB-TK Anak Teladan. Metode penelitian yang sudah diterapkan dengan menggunakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK), dengan melibatkan 2 siklus, dengan satu siklusnya berisi dua sesi yang dikhususkan untuk tiap- tiap proses yakni perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Penelitian diselenggarakan dalam rentang waktu bulan Desember 2023. Subjek penelitian, yang terdiri dari 15 anak di kelompok B, wawancara, observas, dan dokumentasi sebagai bagian dari prosedur pengumpulan data yang digunakan. Dapat diasumsikan dari temuan penelitian ini bahwa ada peningkatan sebanyak 87% dalam keseluruhan jumlah kelas pada kemampuan dalam berpikir logis anak kelas B melalui penerapan metode berbasis proyek di KB-TK Anak Teladan Kota Malang.Downloads
References
Agustina, Y. (2018). Penerapan Metode Proyek Untuk Meningkatkan Kognitif Dalam Mengenal Geometri Pada Anak Usia 5-6 Tahun Di Tk Aisyiyah 2 Kedaton Bandar Lampung [UIN Raden Intan Lampung]. http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/4482
Arikunto,S. (2019). Penelitian Tindakan Kelas. https://books.google.co.id/books?hl=en&lr&id=- RwmEAAAQBAJ&oi=fnd&pg=PA1&dq=PENELITIAN+TINDAKAN+KELAS+(Suryani+(ed.);+Revisi)&ots=TCUhYTeen_&sig=meSracfdhFE_Tf3ESDFi4tFDZVU&redi r_ esc=y#v=onepage&q=PENELITIAN TINDAKAN KELAS (Suryani (ed.)%3B Revisi)&f=false
Arikunto, S., Suhardjono, & Supardi. (2010). Penelitian Tindakan Kelas (Edisi Revisi)(Suryani (ed.)). PT Bumi Aksara.
Arikunto, S., Suhardjono, & Supardi. (2021). Penelitian Tindakan Kelas (Edisi Revisi)
(Suryani (ed.)). PT Bumi Aksara.
Bachri, B. S. (2010). Meyakinkan Validitas Data Melalui Triangulasi Pada Penelitian Kualitatif. Jurnal Teknologi Pendidikan, 10(1), 46–62. https://garuda.kemdikbud.go.id/documents/detail/139619
Darimi, I. (2016). Diagnosis Kesulitan Belajar Siswa Dalam Pembelajaran Aktif Di Sekolah. JURNAL EDUKASI: Media Kajian Bimbingan Konseling, 2(1), 30–43. https://doi.org/10.22373/je.v2i1.689
Diana, N. (2018). Mengembangkan Kemampuan Berpikir Kreatif dan Berpikir Logis Mahasiswa dengan Adversity Quotient dalam Pemecahan Masalah.
Prosiding Seminar Nasional Matematika Dan Pendidikan Matematika (SNMPM), 2(1), 101–112.http://www.fkip- unswagati.ac.id/ejournal/index.php/snmpm/article/view/377
Gregory, G. H., & Chapman, C. (2013). Differentiated Instructional Strategies (Third). Sage Company.
Hamdani. (2011). Strategi Belajar Mengajar. Pustaka Setia.
Hidayah, A. (2023). Implementasi Pembelajaran Berbasis Proyek Dalam Kegiatan Sains Bagi Anak Usia Dini. 1–178.
Hurlock, E. B. (1978). Perkembangan Anak (A. Dhama (ed.)). Erlangga.
Irmaida. (2020). Peningkatan Kemampuan Berpikir Logis Anak Usia 5-6 Tahun Melalui Media Papan Flanel Di Ra Fathun Qarib Banda Aceh [Universitas Islam Negeri Ar-Raniry]. https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/11071/
Karomani. (2009). Logika. Graha Ilmu.
Kuswana, W. S. (2013). Taksonomi berpikir (A. Fauzia (ed.)). Remaja Rosdakarya. Margono. (2002). Metodologi Penelitian Pendidikan. Rineka Cipta.
Moeslichatoen. (2004). Metode Pengajaran di Taman Kanak-Kanak. Rineka Cipta
Moleong, L. J. (2021). Metodologi Penelitian Kualitatif. PT Remaja Rosdakarya. Mulyasa. (2008). Menjadi Guru Profesional : Menciptakan Pembelajaran Kreatif dan
Menyenangkan. Remaja Rosdakarya.
Munandar. (2014). Pengembangan Kreativitas Anak Berbakat. Rineka Cipta.
Parwata, K. Y. L., Sudiatmika, A. A. I. A. R., & Devi, N. L. P. L. (2018). Pengaruh Teman Sebaya, Orang Tua, Dan Guru Terhadap Masalah Belajar Anak Superior. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Sains Indonesia (JPPSI), 1(1), 1–11. https://doi.org/10.23887/jppsi.v1i1.21911
Piaget, J. (1950). Psikologi Perkembangan. PT Remaja Rosdakarya.
Rachmawati, Y., & Kurniati, E. (2019). Strategi Pengembangan Kreativitas pada Anak: Usia Taman Kanak-Kanak. Kencana.
Rukiyah, S., Slamet, S. Y., & Syamsudin, M. M. (2015). Upaya meningkatkan kemampuan kognitif dalam mengenal geometri melalui metode permainan melompat bentuk pada anak kelompok A2 TK Al-Huda Kerten. Jurnal Universitas Sebelas Maret, 3(1), 1–8. https://doi.org/https://doi.org/10.20961/kc.v3i1.34356
Salim, & Syahrum. (2016). Metodologi penelitian kualitatif. Ciptapustaka Media. Sallis, E. (2010). Manajemen Mutu Pendidikan (Y. Anas (ed.)). IRCiSoD.
Santrock, J. W. (2008). Psikologi Pendidikan. Salemba.
Santrock, J. W. (2011a). Child Development : an Introduction. McGraw-Hill. Santrock, J. W. (2011b). Educational Psychology. McGraw-Hill.
Sugiyono. (2010). Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D). Alfabeta.
Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kualitatif. Untuk Penelitian yang Bersifat: Eksploratif, Enterpretif, Interaktif, dan Konstruktif. Alfabeta.
Suminah, E. (2015). Kerangka Dasar dan Struktur Kurikulum 2013 Pendidikan Anak Usia Dini. Direktorat Pembinaan Pendidikan Anak Usia Dini.
Sari, A. Y., & Zulfah, U. (2017). Implementasi pembelajaran project based learning untuk anak usia dini. Motoric, 1(1), 10-10.
Wena, M. (2013). Strategi Pembelajaran Inovatif Kontemporer. Bumi Aksara.
Wiyani, N. A. (2014). Psikologi Perkembangan Anak Usia Dini : Panduan Bagi Orang Tua Dan Pendidik PAUD Dalam Memahami Serta Mendidik Anak Usia Dini. Gava Media.
Yaman, S. (2005). Effectiveness on Development of Logical Thinking Skills of Problem Based Learning Skills in Science Teaching. Journal of Turkish Science Education, 2(1), 31–33.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Penulis yang mempublikasikan naskahnya pada SIBERNETIK: Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran menyetujui ketentuan berikut: Hak cipta atas artikel apapun pada ABDI UNISAP: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat dipegang penuh oleh penulisnya di bawah Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License dengan ketentuan sebagai berikut:
- Penulis mengakui bahwa SIBERNETIK: Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran berhak sebagai jurnal yang mempublikasikan pertama kali dengan lisensi Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
- Penulis dapat memasukan tulisan secara terpisah, mengatur distribusi non-ekskulif dari naskah yang telah terbit di jurnal ini ke dalam versi yang lain (misal: dikirim ke respository institusi penulis, publikasi ke dalam buku, dll), dengan mengakui bahwa naskah telah terbit pertama kali pada SIBERNETIK: Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran.
- Pembaca diperbolehkan mengunduh, menggunakan, dan mengadopsi isi artikel selama mengutip artikel dengan menyebutkan judul, penulis, dan nama jurnal ini. Pengutipan tersebut dilakukan demi kemajuan ilmu pengetahuan dan kemanusiaan serta tidak boleh melanggar hukum yang berlaku.