Penerapan Metode Pembelajaran Berbasis Proyek untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Logis pada Anak Kelompok B di KB-TK Anak Teladan Kota Malang

Authors

  • Devi Yistia Pangestuti Universitas Negeri Malang
  • Tomas Iriyanto Universitas Negeri Malang
  • Nur Anisa Universitas Negeri Malang

DOI:

https://doi.org/10.59632/sjpp.v2i1.268

Keywords:

Metode Proyek, Berpikir Logis, Taman Kanak-Kanak

Abstract

Penelitian diadakan dengan tujuan untuk meningkatkan berpikir logis anak kelompok B pada kegiatan pembelajaran berbasis proyek di KB-TK Anak Teladan. Metode penelitian yang sudah diterapkan dengan menggunakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK), dengan melibatkan 2 siklus, dengan satu siklusnya berisi dua sesi yang dikhususkan untuk tiap- tiap proses yakni perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Penelitian diselenggarakan dalam rentang waktu bulan Desember 2023. Subjek penelitian, yang terdiri dari 15 anak di kelompok B, wawancara, observas, dan dokumentasi sebagai bagian dari prosedur pengumpulan data yang digunakan. Dapat diasumsikan dari temuan penelitian ini bahwa ada peningkatan sebanyak 87% dalam keseluruhan jumlah kelas pada kemampuan dalam berpikir logis anak kelas B melalui penerapan metode berbasis proyek di KB-TK Anak Teladan Kota Malang.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Agustina, Y. (2018). Penerapan Metode Proyek Untuk Meningkatkan Kognitif Dalam Mengenal Geometri Pada Anak Usia 5-6 Tahun Di Tk Aisyiyah 2 Kedaton Bandar Lampung [UIN Raden Intan Lampung]. http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/4482

Arikunto,S. (2019). Penelitian Tindakan Kelas. https://books.google.co.id/books?hl=en&lr&id=- RwmEAAAQBAJ&oi=fnd&pg=PA1&dq=PENELITIAN+TINDAKAN+KELAS+(Suryani+(ed.);+Revisi)&ots=TCUhYTeen_&sig=meSracfdhFE_Tf3ESDFi4tFDZVU&redi r_ esc=y#v=onepage&q=PENELITIAN TINDAKAN KELAS (Suryani (ed.)%3B Revisi)&f=false

Arikunto, S., Suhardjono, & Supardi. (2010). Penelitian Tindakan Kelas (Edisi Revisi)(Suryani (ed.)). PT Bumi Aksara.

Arikunto, S., Suhardjono, & Supardi. (2021). Penelitian Tindakan Kelas (Edisi Revisi)

(Suryani (ed.)). PT Bumi Aksara.

Bachri, B. S. (2010). Meyakinkan Validitas Data Melalui Triangulasi Pada Penelitian Kualitatif. Jurnal Teknologi Pendidikan, 10(1), 46–62. https://garuda.kemdikbud.go.id/documents/detail/139619

Darimi, I. (2016). Diagnosis Kesulitan Belajar Siswa Dalam Pembelajaran Aktif Di Sekolah. JURNAL EDUKASI: Media Kajian Bimbingan Konseling, 2(1), 30–43. https://doi.org/10.22373/je.v2i1.689

Diana, N. (2018). Mengembangkan Kemampuan Berpikir Kreatif dan Berpikir Logis Mahasiswa dengan Adversity Quotient dalam Pemecahan Masalah.

Prosiding Seminar Nasional Matematika Dan Pendidikan Matematika (SNMPM), 2(1), 101–112.http://www.fkip- unswagati.ac.id/ejournal/index.php/snmpm/article/view/377

Gregory, G. H., & Chapman, C. (2013). Differentiated Instructional Strategies (Third). Sage Company.

Hamdani. (2011). Strategi Belajar Mengajar. Pustaka Setia.

Hidayah, A. (2023). Implementasi Pembelajaran Berbasis Proyek Dalam Kegiatan Sains Bagi Anak Usia Dini. 1–178.

Hurlock, E. B. (1978). Perkembangan Anak (A. Dhama (ed.)). Erlangga.

Irmaida. (2020). Peningkatan Kemampuan Berpikir Logis Anak Usia 5-6 Tahun Melalui Media Papan Flanel Di Ra Fathun Qarib Banda Aceh [Universitas Islam Negeri Ar-Raniry]. https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/11071/

Karomani. (2009). Logika. Graha Ilmu.

Kuswana, W. S. (2013). Taksonomi berpikir (A. Fauzia (ed.)). Remaja Rosdakarya. Margono. (2002). Metodologi Penelitian Pendidikan. Rineka Cipta.

Moeslichatoen. (2004). Metode Pengajaran di Taman Kanak-Kanak. Rineka Cipta

Moleong, L. J. (2021). Metodologi Penelitian Kualitatif. PT Remaja Rosdakarya. Mulyasa. (2008). Menjadi Guru Profesional : Menciptakan Pembelajaran Kreatif dan

Menyenangkan. Remaja Rosdakarya.

Munandar. (2014). Pengembangan Kreativitas Anak Berbakat. Rineka Cipta.

Parwata, K. Y. L., Sudiatmika, A. A. I. A. R., & Devi, N. L. P. L. (2018). Pengaruh Teman Sebaya, Orang Tua, Dan Guru Terhadap Masalah Belajar Anak Superior. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Sains Indonesia (JPPSI), 1(1), 1–11. https://doi.org/10.23887/jppsi.v1i1.21911

Piaget, J. (1950). Psikologi Perkembangan. PT Remaja Rosdakarya.

Rachmawati, Y., & Kurniati, E. (2019). Strategi Pengembangan Kreativitas pada Anak: Usia Taman Kanak-Kanak. Kencana.

Rukiyah, S., Slamet, S. Y., & Syamsudin, M. M. (2015). Upaya meningkatkan kemampuan kognitif dalam mengenal geometri melalui metode permainan melompat bentuk pada anak kelompok A2 TK Al-Huda Kerten. Jurnal Universitas Sebelas Maret, 3(1), 1–8. https://doi.org/https://doi.org/10.20961/kc.v3i1.34356

Salim, & Syahrum. (2016). Metodologi penelitian kualitatif. Ciptapustaka Media. Sallis, E. (2010). Manajemen Mutu Pendidikan (Y. Anas (ed.)). IRCiSoD.

Santrock, J. W. (2008). Psikologi Pendidikan. Salemba.

Santrock, J. W. (2011a). Child Development : an Introduction. McGraw-Hill. Santrock, J. W. (2011b). Educational Psychology. McGraw-Hill.

Sugiyono. (2010). Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D). Alfabeta.

Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kualitatif. Untuk Penelitian yang Bersifat: Eksploratif, Enterpretif, Interaktif, dan Konstruktif. Alfabeta.

Suminah, E. (2015). Kerangka Dasar dan Struktur Kurikulum 2013 Pendidikan Anak Usia Dini. Direktorat Pembinaan Pendidikan Anak Usia Dini.

Sari, A. Y., & Zulfah, U. (2017). Implementasi pembelajaran project based learning untuk anak usia dini. Motoric, 1(1), 10-10.

Wena, M. (2013). Strategi Pembelajaran Inovatif Kontemporer. Bumi Aksara.

Wiyani, N. A. (2014). Psikologi Perkembangan Anak Usia Dini : Panduan Bagi Orang Tua Dan Pendidik PAUD Dalam Memahami Serta Mendidik Anak Usia Dini. Gava Media.

Yaman, S. (2005). Effectiveness on Development of Logical Thinking Skills of Problem Based Learning Skills in Science Teaching. Journal of Turkish Science Education, 2(1), 31–33.

Published

22-06-2024

How to Cite

Pangestuti, D. Y., Iriyanto, T., & Anisa, N. (2024). Penerapan Metode Pembelajaran Berbasis Proyek untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Logis pada Anak Kelompok B di KB-TK Anak Teladan Kota Malang. SIBERNETIK: Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran, 2(1), 38–45. https://doi.org/10.59632/sjpp.v2i1.268