Efektivitas Pemanfaatan Media Dadu Putar “Kantong Ajaib” dalam Meningkatkan Kemampuan Membaca Anak Usia 4–5 Tahun
DOI:
https://doi.org/10.59632/sjpp.v3i1.432Keywords:
Media Dadu Putar, Kantong Ajaib, Kemampuan Membaca, Bahasa AUDAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas media dadu putar “Kantong Ajaib” dalam meningkatkan kemampuan membaca anak usia 4–5 tahun di TK Ulil Albab Sawojajar, Malang. Latar belakang penelitian ini didasarkan pada pentingnya kemampuan membaca sebagai bagian dari aspek keaksaraan dalam perkembangan bahasa anak usia dini. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode quasi experiment design tipe nonequivalent control group design. Sampel penelitian terdiri atas 30 anak, dengan pembagian 14 anak sebagai kelompok kontrol dan 16 anak sebagai kelompok eksperimen. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui observasi dengan instrumen berupa lembar kerja peserta didik (LKPD) yang telah divalidasi. Uji validitas dan reliabilitas instrumen menggunakan bantuan SPSS 21.0 menunjukkan bahwa instrumen yang digunakan valid dan reliabel. Hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai t hitung = -1,101 dan signifikansi sebesar 0,28 (≥ 0,05), sehingga tidak terdapat perbedaan yang signifikan antara kelompok eksperimen dan kontrol. Dengan demikian, penggunaan media dadu putar “Kantong Ajaib” tidak efektif dalam meningkatkan kemampuan membaca anak usia 4–5 tahun di TK Ulil Albab. Namun demikian, media ini tetap dapat dipertimbangkan untuk dikembangkan dan diterapkan di lembaga lain sesuai dengan karakteristik dan kebutuhan peserta didik.
Downloads
References
Abyadh, A. (2021). 23) Peran Media Pembelajaran Untuk Anak Usia Dini Syukri STAI Diniyah Pekanbaru. Al Abyadh, 4(1), 16. https://ojs.diniyah.ac.id/index.php/Al-Abyadh/article/view/240
Arib, M. F., Rahayu, M. S., Sidorj, R. A., & Afgani, M. W. (2024). Experimental Research Dalam Penelitian Pendidikan. Innovative: Journal Of Social Science Research, 4(1), 5497–5511. https://j-innovative.org/index.php/Innovative/article/view/8468
Arnita, S., Susanti, A., Putra, R. E., Fussalam, Y. E., Pendidikan, J., Sekolah, G., Universitas, D., Bungo, M., & Jambi, U. M. (2025). UPAYA PENINGKATAN KETERAMPILAN MEMBACA PERMULAAN MELALUI METODE GLOBAL PADA SISWA KELAS 2 SD NO 112 / VI RANTAU KERMAS KECAMATAN JANGKAT. 7(2), 293–306. https://doi.org/10.52060/pgsd.v7i2.2813
Berlianti, D. F., Abid, A. Al, & Ruby, A. C. (2024). Metode Penelitian Kuantitatif Pendekatan Ilmiah untuk Analisis Data. Jurnal Review Pendidikan dan Pengajaran, 7(3), 1861–1864. https://doi.org/10.31004/jrpp.v7i3.32467
Etnawati, S. (2022). Implementasi Teori Vygotsky Terhadap Perkembangan Bahasa Anak Usia Dini. Jurnal Pendidikan, 22(2), 130–138. https://doi.org/10.52850/jpn.v22i2.3824
Fauzia, R. A. (2013). Penggunaan Metode Simulasi Dalam Meningkatkan Prestasi Belajar Siswa Ranah Psikomotor. 57–77. http://repository.upi.edu/3064/2/S_PKR_0907224_ABSTRACT.pdf
Ganarsih, A., Hafidah, R., & Nurjanah, N. (2022). Profil Kemampuan Membaca Permulaan Anak Usia 4-5 Tahun. Jurnal Kumara Cendekia, 10(3), 186–195. https://doi.org/10.20961/kc.v10i3.56350
Hasiana, I., & Wirastania, A. (2017). Pengaruh Musik dalam Mengembangkan Kemampuan Mengenal Bilangan Siswa Kelompok A di TK Lintang Surabaya. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 1(2), 131. https://doi.org/10.31004/obsesi.v1i2.25
Hastuti, S., & Neviyarni, N. (2021). Teori Belajar Bahasa. Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan, 3(1), 8–13. https://doi.org/10.31004/edukatif.v3i1.179
Herawati, N. H., & Katoningsih, S. (2023). Kemampuan Bahasa Anak Usia Prasekolah. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 7(2), 1685–1695. https://doi.org/10.31004/obsesi.v7i2.4122
Herawati, Y., & Wulansuci, G. (2023). Pengembangan Media Dadu Putar Menggunakan Kantong Ajaib Modifikasi Untuk Meningkatkan Kemampuan Membaca Anak Usia Dini. CERIA (Cerdas Energik Responsif Inovatif Adaptif), 6(6), 586–592. https://doi.org/10.22460/ceria.v6i6
Junaidi, J. (2019). Peran Media Pembelajaran Dalam Proses Belajar Mengajar. Diklat Review : Jurnal manajemen pendidikan dan pelatihan, 3(1), 45–56. https://doi.org/10.35446/diklatreview.v3i1.349
Kholilullah, Hamdan, H. (2020). Perkembangan Bahasa Anak Usia Dini. Jurnal Penelitian Sosial dan Keagamaan, 10(Juni), 75–94. https://ejournal.an-nadwah.ac.id/index.php/aktualita/article/download/163/133/
Kustiawan, U., Astuti, W., & Anisa, N. (2023). Pemanfaatan Model-Model Boneka untuk Pengembangan Kemampuan Bahasa Anak Usia Dini. Abdimas Pedagogi: Jurnal Ilmiah Pengabdian kepada Masyarakat, 6(1), 74. https://doi.org/10.17977/um050v6i1p74-80
Listriani, A., Hapidin, H., & Sumadi, T. (2020). Kemampuan Keaksaraan Anak Usia 5-6 Tahun dalam Penerapan Metode Spalding di TK Quantum Indonesia. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(1), 591. https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i1.680
Muliadi, D., & Setyawan, J. (2023). Pengaruh Dampak Pandemi Covid 19 Terhadap Kegiatan Pelaku UMKM (Studi Kasus Kegiatan Pelaku UMKM di Kabupaten Bogor-Jawa Barat). Jurnal Akutansi dan Pajak, 24(01), 1–7.
Muthma’innah, M., Amri, F., & Silitonga, F. (2024). Peningkatan Efektivitas Pembelajaran Melalui Strategi Pembelajaran. TADRIBUNA: Journal of Islamic Education Management, 4(2), 79–86. https://doi.org/10.61456/tjiec.v4i2.162
Mutira, S. (2024). Kemampuan Berbahasa Indonesia pada Mahasiswa Pendidikan Guru Sekolah Dasar. Jurnal Belaindika :Pembelajaran dan Inovasi Pendidikan, 6(1), 36–48. https://doi.org/10.52005/belaindika.v6i1.143
Ngura, E. T., Yasinta Maria Fono, & Martha Malo. (2024). Analisis Kemampuan Literasi Membaca Anak Usia 4-5 Tahun di TKK St. Clara Wudu. Indonesian Journal of Early Childhood: Jurnal Dunia Anak Usia Dini, 6(1), 158–166. https://doi.org/10.35473/ijec.v6i1.2542
Nurfadhillah, S., Ningsih, D. A., Ramadhania, P. R., & Sifa, U. N. (2021). Peranan Media Pembelajaran Dalam Meningkatkan Minat Belajar Siswa SD Negeri Kohod III. PENSA : Jurnal Pendidikan dan Ilmu Sosial, 3(2), 243–255. https://doi.org/10.36088/pensa.v3i2.1338
Rahmawati, S., & Irja, H. D. (2012). Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Kemampuan Membaca Awal Pada Anak Usia 5-6 Tahun Di Taman Kanak-Kanak Sri Mahkota Sabak Auh Kabupaten Siak. Jurnal Universitas Riau, 1–9. http://repository.unri.ac.id/handle/123456789/1230
Ramesh Chandra Pradhani. (2021). Reading Skill: A Key to the Development of Language Acquisition. The Creative Launcher, 6(4), 176–186. https://doi.org/10.53032/tcl.2021.6.4.27
Romdona S. (2024). Teknik Pengumpulan Data : Observasi, Wawancara dan Kuesioner. 3(1), 39–47. https://doi.org/10.61787/taceee75
Sanaky, M. M. (2021). Analisis Faktor-Faktor Keterlambatan Pada Proyek Pembangunan Gedung Asrama Man 1 Tulehu Maluku Tengah. Jurnal Simetrik, 11(1), 432–439. https://doi.org/10.31959/js.v11i1.615
Setyaningsih, U., & Indrawati, I. (2022). Strategi Pengembangan Kemampuan Membaca Anak Usia 5-6 Tahun. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(4), 3701–3713. https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i4.2340
Setyawan, F., & Setyawan, F. H. (2016). Meningkatkan Kemampuan Berbahasa Anak Usia Dini Melalui Model Pembelajaran Audio Visual Berbasis Android. Jurnal PG-PAUD Trunojoyo : Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Anak Usia Dini, 3(2), 92–98. https://doi.org/10.21107/pgpaudtrunojoyo.v3i2.3490
Sianturi, R. (2022). Uji homogenitas sebagai syarat pengujian analisis. Jurnal Pendidikan, Sains Sosial, dan Agama, 8(1), 386–397. https://doi.org/10.53565/pssa.v8i1.507
Sintia, I., Pasarella, M. D., & Nohe, D. A. (2022). Perbandingan Tingkat Konsistensi Uji Distribusi Normalitas Pada Kasus Tingkat Pengangguran di Jawa. Prosiding Seminar Nasional Matematika, Statistika, dan Aplikasinya, 2(2), 322–333.
Syahrizal, H., & Jailani, M. S. (2023). Jenis-Jenis Penelitian Dalam Penelitian Kuantitatif dan Kualitatif. Jurnal QOSIM Jurnal Pendidikan Sosial & Humaniora, 1(1), 13–23. https://doi.org/10.61104/jq.v1i1.49
Wahab, N. A. A., Monika, H. I., Idirani, C. E., & Puspa, P. (2023). Literasi Membaca Permulaan Anak Usia 4-5 Tahun melalui Media Papan Kata di TK Mekar Wangi Desa Botubarani. Jurnal Ilmiah Cahaya Paud, 5(1), 31–38. https://doi.org/10.33387/cahayapd.v5i1.5557
Wahidah, A. F. N., & Latipah, E. (2021). Pentingnya Mengetahui Perkembangan Bahasa Anak Usia Dini Dan Stimulasinya. (JAPRA) Jurnal Pendidikan Raudhatul Athfal (JAPRA), 4(1), 43–62. https://doi.org/10.15575/japra.v4i1.10940
Downloads
Published
Scite_ Smart Citation
Dimensions Citation
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Sekar Agni Novi Natalia, Usep Kustiawan, Wuri Astuti

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Penulis yang mempublikasikan naskahnya pada SIBERNETIK: Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran menyetujui ketentuan berikut: Hak cipta atas artikel apapun pada ABDI UNISAP: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat dipegang penuh oleh penulisnya di bawah Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License dengan ketentuan sebagai berikut:
- Penulis mengakui bahwa SIBERNETIK: Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran berhak sebagai jurnal yang mempublikasikan pertama kali dengan lisensi Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
- Penulis dapat memasukan tulisan secara terpisah, mengatur distribusi non-ekskulif dari naskah yang telah terbit di jurnal ini ke dalam versi yang lain (misal: dikirim ke respository institusi penulis, publikasi ke dalam buku, dll), dengan mengakui bahwa naskah telah terbit pertama kali pada SIBERNETIK: Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran.
- Pembaca diperbolehkan mengunduh, menggunakan, dan mengadopsi isi artikel selama mengutip artikel dengan menyebutkan judul, penulis, dan nama jurnal ini. Pengutipan tersebut dilakukan demi kemajuan ilmu pengetahuan dan kemanusiaan serta tidak boleh melanggar hukum yang berlaku.





