Efektivitas Pemanfaatan Media Dadu Putar “Kantong Ajaib” dalam Meningkatkan Kemampuan Membaca Anak Usia 4–5 Tahun

Authors

  • Sekar Agni Novi Natalia Universitas Negeri Malang
  • Usep Kustiawan Universitas Negeri Malang
  • Wuri Astuti Universitas Negeri Malang

DOI:

https://doi.org/10.59632/sjpp.v3i1.432

Keywords:

Media Dadu Putar, Kantong Ajaib, Kemampuan Membaca, Bahasa AUD

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas media dadu putar “Kantong Ajaib” dalam meningkatkan kemampuan membaca anak usia 4–5 tahun di TK Ulil Albab Sawojajar, Malang. Latar belakang penelitian ini didasarkan pada pentingnya kemampuan membaca sebagai bagian dari aspek keaksaraan dalam perkembangan bahasa anak usia dini. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode quasi experiment design tipe nonequivalent control group design. Sampel penelitian terdiri atas 30 anak, dengan pembagian 14 anak sebagai kelompok kontrol dan 16 anak sebagai kelompok eksperimen. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui observasi dengan instrumen berupa lembar kerja peserta didik (LKPD) yang telah divalidasi. Uji validitas dan reliabilitas instrumen menggunakan bantuan SPSS 21.0 menunjukkan bahwa instrumen yang digunakan valid dan reliabel. Hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai t hitung = -1,101 dan signifikansi sebesar 0,28 (≥ 0,05), sehingga tidak terdapat perbedaan yang signifikan antara kelompok eksperimen dan kontrol. Dengan demikian, penggunaan media dadu putar “Kantong Ajaib” tidak efektif dalam meningkatkan kemampuan membaca anak usia 4–5 tahun di TK Ulil Albab. Namun demikian, media ini tetap dapat dipertimbangkan untuk dikembangkan dan diterapkan di lembaga lain sesuai dengan karakteristik dan kebutuhan peserta didik.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Abyadh, A. (2021). 23) Peran Media Pembelajaran Untuk Anak Usia Dini Syukri STAI Diniyah Pekanbaru. Al Abyadh, 4(1), 16. https://ojs.diniyah.ac.id/index.php/Al-Abyadh/article/view/240

Arib, M. F., Rahayu, M. S., Sidorj, R. A., & Afgani, M. W. (2024). Experimental Research Dalam Penelitian Pendidikan. Innovative: Journal Of Social Science Research, 4(1), 5497–5511. https://j-innovative.org/index.php/Innovative/article/view/8468

Arnita, S., Susanti, A., Putra, R. E., Fussalam, Y. E., Pendidikan, J., Sekolah, G., Universitas, D., Bungo, M., & Jambi, U. M. (2025). UPAYA PENINGKATAN KETERAMPILAN MEMBACA PERMULAAN MELALUI METODE GLOBAL PADA SISWA KELAS 2 SD NO 112 / VI RANTAU KERMAS KECAMATAN JANGKAT. 7(2), 293–306. https://doi.org/10.52060/pgsd.v7i2.2813

Berlianti, D. F., Abid, A. Al, & Ruby, A. C. (2024). Metode Penelitian Kuantitatif Pendekatan Ilmiah untuk Analisis Data. Jurnal Review Pendidikan dan Pengajaran, 7(3), 1861–1864. https://doi.org/10.31004/jrpp.v7i3.32467

Etnawati, S. (2022). Implementasi Teori Vygotsky Terhadap Perkembangan Bahasa Anak Usia Dini. Jurnal Pendidikan, 22(2), 130–138. https://doi.org/10.52850/jpn.v22i2.3824

Fauzia, R. A. (2013). Penggunaan Metode Simulasi Dalam Meningkatkan Prestasi Belajar Siswa Ranah Psikomotor. 57–77. http://repository.upi.edu/3064/2/S_PKR_0907224_ABSTRACT.pdf

Ganarsih, A., Hafidah, R., & Nurjanah, N. (2022). Profil Kemampuan Membaca Permulaan Anak Usia 4-5 Tahun. Jurnal Kumara Cendekia, 10(3), 186–195. https://doi.org/10.20961/kc.v10i3.56350

Hasiana, I., & Wirastania, A. (2017). Pengaruh Musik dalam Mengembangkan Kemampuan Mengenal Bilangan Siswa Kelompok A di TK Lintang Surabaya. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 1(2), 131. https://doi.org/10.31004/obsesi.v1i2.25

Hastuti, S., & Neviyarni, N. (2021). Teori Belajar Bahasa. Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan, 3(1), 8–13. https://doi.org/10.31004/edukatif.v3i1.179

Herawati, N. H., & Katoningsih, S. (2023). Kemampuan Bahasa Anak Usia Prasekolah. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 7(2), 1685–1695. https://doi.org/10.31004/obsesi.v7i2.4122

Herawati, Y., & Wulansuci, G. (2023). Pengembangan Media Dadu Putar Menggunakan Kantong Ajaib Modifikasi Untuk Meningkatkan Kemampuan Membaca Anak Usia Dini. CERIA (Cerdas Energik Responsif Inovatif Adaptif), 6(6), 586–592. https://doi.org/10.22460/ceria.v6i6

Junaidi, J. (2019). Peran Media Pembelajaran Dalam Proses Belajar Mengajar. Diklat Review : Jurnal manajemen pendidikan dan pelatihan, 3(1), 45–56. https://doi.org/10.35446/diklatreview.v3i1.349

Kholilullah, Hamdan, H. (2020). Perkembangan Bahasa Anak Usia Dini. Jurnal Penelitian Sosial dan Keagamaan, 10(Juni), 75–94. https://ejournal.an-nadwah.ac.id/index.php/aktualita/article/download/163/133/

Kustiawan, U., Astuti, W., & Anisa, N. (2023). Pemanfaatan Model-Model Boneka untuk Pengembangan Kemampuan Bahasa Anak Usia Dini. Abdimas Pedagogi: Jurnal Ilmiah Pengabdian kepada Masyarakat, 6(1), 74. https://doi.org/10.17977/um050v6i1p74-80

Listriani, A., Hapidin, H., & Sumadi, T. (2020). Kemampuan Keaksaraan Anak Usia 5-6 Tahun dalam Penerapan Metode Spalding di TK Quantum Indonesia. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(1), 591. https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i1.680

Muliadi, D., & Setyawan, J. (2023). Pengaruh Dampak Pandemi Covid 19 Terhadap Kegiatan Pelaku UMKM (Studi Kasus Kegiatan Pelaku UMKM di Kabupaten Bogor-Jawa Barat). Jurnal Akutansi dan Pajak, 24(01), 1–7.

Muthma’innah, M., Amri, F., & Silitonga, F. (2024). Peningkatan Efektivitas Pembelajaran Melalui Strategi Pembelajaran. TADRIBUNA: Journal of Islamic Education Management, 4(2), 79–86. https://doi.org/10.61456/tjiec.v4i2.162

Mutira, S. (2024). Kemampuan Berbahasa Indonesia pada Mahasiswa Pendidikan Guru Sekolah Dasar. Jurnal Belaindika :Pembelajaran dan Inovasi Pendidikan, 6(1), 36–48. https://doi.org/10.52005/belaindika.v6i1.143

Ngura, E. T., Yasinta Maria Fono, & Martha Malo. (2024). Analisis Kemampuan Literasi Membaca Anak Usia 4-5 Tahun di TKK St. Clara Wudu. Indonesian Journal of Early Childhood: Jurnal Dunia Anak Usia Dini, 6(1), 158–166. https://doi.org/10.35473/ijec.v6i1.2542

Nurfadhillah, S., Ningsih, D. A., Ramadhania, P. R., & Sifa, U. N. (2021). Peranan Media Pembelajaran Dalam Meningkatkan Minat Belajar Siswa SD Negeri Kohod III. PENSA : Jurnal Pendidikan dan Ilmu Sosial, 3(2), 243–255. https://doi.org/10.36088/pensa.v3i2.1338

Rahmawati, S., & Irja, H. D. (2012). Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Kemampuan Membaca Awal Pada Anak Usia 5-6 Tahun Di Taman Kanak-Kanak Sri Mahkota Sabak Auh Kabupaten Siak. Jurnal Universitas Riau, 1–9. http://repository.unri.ac.id/handle/123456789/1230

Ramesh Chandra Pradhani. (2021). Reading Skill: A Key to the Development of Language Acquisition. The Creative Launcher, 6(4), 176–186. https://doi.org/10.53032/tcl.2021.6.4.27

Romdona S. (2024). Teknik Pengumpulan Data : Observasi, Wawancara dan Kuesioner. 3(1), 39–47. https://doi.org/10.61787/taceee75

Sanaky, M. M. (2021). Analisis Faktor-Faktor Keterlambatan Pada Proyek Pembangunan Gedung Asrama Man 1 Tulehu Maluku Tengah. Jurnal Simetrik, 11(1), 432–439. https://doi.org/10.31959/js.v11i1.615

Setyaningsih, U., & Indrawati, I. (2022). Strategi Pengembangan Kemampuan Membaca Anak Usia 5-6 Tahun. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(4), 3701–3713. https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i4.2340

Setyawan, F., & Setyawan, F. H. (2016). Meningkatkan Kemampuan Berbahasa Anak Usia Dini Melalui Model Pembelajaran Audio Visual Berbasis Android. Jurnal PG-PAUD Trunojoyo : Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Anak Usia Dini, 3(2), 92–98. https://doi.org/10.21107/pgpaudtrunojoyo.v3i2.3490

Sianturi, R. (2022). Uji homogenitas sebagai syarat pengujian analisis. Jurnal Pendidikan, Sains Sosial, dan Agama, 8(1), 386–397. https://doi.org/10.53565/pssa.v8i1.507

Sintia, I., Pasarella, M. D., & Nohe, D. A. (2022). Perbandingan Tingkat Konsistensi Uji Distribusi Normalitas Pada Kasus Tingkat Pengangguran di Jawa. Prosiding Seminar Nasional Matematika, Statistika, dan Aplikasinya, 2(2), 322–333.

Syahrizal, H., & Jailani, M. S. (2023). Jenis-Jenis Penelitian Dalam Penelitian Kuantitatif dan Kualitatif. Jurnal QOSIM Jurnal Pendidikan Sosial & Humaniora, 1(1), 13–23. https://doi.org/10.61104/jq.v1i1.49

Wahab, N. A. A., Monika, H. I., Idirani, C. E., & Puspa, P. (2023). Literasi Membaca Permulaan Anak Usia 4-5 Tahun melalui Media Papan Kata di TK Mekar Wangi Desa Botubarani. Jurnal Ilmiah Cahaya Paud, 5(1), 31–38. https://doi.org/10.33387/cahayapd.v5i1.5557

Wahidah, A. F. N., & Latipah, E. (2021). Pentingnya Mengetahui Perkembangan Bahasa Anak Usia Dini Dan Stimulasinya. (JAPRA) Jurnal Pendidikan Raudhatul Athfal (JAPRA), 4(1), 43–62. https://doi.org/10.15575/japra.v4i1.10940

Published

30-06-2025

Scite_ Smart Citation

Dimensions Citation

How to Cite

Natalia, S. A. N., Kustiawan, U., & Astuti, W. (2025). Efektivitas Pemanfaatan Media Dadu Putar “Kantong Ajaib” dalam Meningkatkan Kemampuan Membaca Anak Usia 4–5 Tahun. SIBERNETIK: Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran, 3(1), 36–47. https://doi.org/10.59632/sjpp.v3i1.432

Similar Articles

1 2 3 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.