Pengembangan Media Pembelajaran Koper Perkalian Instrumen Musik untuk Menghafal Perkalian pada Siswa Kelas 2 Sekolah Dasar

Authors

  • Hani Hardiyanti Universitas Muhammadiyah Tasikmalaya
  • Budi Hendrawan Universitas Muhammadiyah Tasikmalaya
  • Mohammad Fahmi Nugraha Universitas Muhammadiyah Tasikmalaya

DOI:

https://doi.org/10.59632/sjpp.v1i1.208

Keywords:

Pengembangan Media, Koper perkalian, Instrumen musik, Siswa SD

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran koper perkalian instrumen musik serta menilai tingkat kualitas produk tersebut. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah jenis pengembangan Research and Development dengan desain model pengembangan Borg and Gall yang peneliti sederhanakan menjadi 7 tahapan. Teknik pengumpulan data yang digunakan melibatkan observasi, wawancara, angket, dan tes. Sementara itu, teknik analisis data melibatkan analisis kualitatif dan kuantitatif, termasuk analisis hasil tes siswa yang mencakup pretest dan posttest. Hasil validasi ahli media menunjukkan skor akhir sebesar 27 dari jumlah skor maksimal 32, dengan persentase 84% dan klasifikasi kategori 'Sangat Layak'. Ahli materi memberikan skor akhir sebesar 25 dari jumlah skor maksimal 28, dengan persentase 89% dan klasifikasi kategori 'Sangat Layak'. Ahli bahasa memberikan skor akhir sebesar 22 dari jumlah skor maksimal 24, dengan persentase 91% dan klasifikasi kategori 'Sangat Layak'. Hasil uji kelompok kecil menunjukkan skor rata-rata sebesar 18,4, dengan tingkat kelayakan 96,8% dan kategori 'Sangat Layak'. Sementara hasil uji kelompok besar menunjukkan skor rata-rata 19,6, dengan tingkat kelayakan 98,0% dan kategori 'Sangat Layak'. Hal ini mengindikasikan bahwa media pembelajaran koper perkalian instrumen musik sangat layak untuk digunakan. Berdasarkan hasil pretest dan posttest, terdapat perubahan yang signifikan, dengan rata-rata hasil pretest sebesar 60, sementara rata-rata hasil posttest mencapai 92. Hasil ini menunjukkan bahwa rata-rata hasil posttest lebih tinggi daripada rata-rata hasil pretest. Dengan menggunakan pengukuran keefektifan media menggunakan N-Gain, skor hasil 0,80 atau 80% termasuk dalam kategori 'Efektif' sebagai media pembelajaran koper perkalian instrumen musik untuk menghafal perkalian di kelas 2 SDN Gunung Koneng.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Abdillah, W. C., & Sukamto, S. (2018, August).Pengembangan Media Pembelajaran Koper Matematika Untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa SD. In SEMINAR NASIONAL PGSD 2017.

Abu Achmadi dan Widodo Supriyono, 2004.Gagne. Robert M, 1989. Kondisi Belajar dan Teori Pembelajaran.

Borg, W. R. and M. D. Gall. 1989. Educational Research: An Introduction. Fifth Edition. New York and London: Longman

Djohan. 2009. Psikologi Musik. Yogyakarta: Penerbit Best Publisher

Eko Putro Widoyoko. (2013). Teknik Penyusunan Instrumen Penelitian. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Furi, Meitha Dewi.(2020). Pengembangan Media Pembelajaran Tas Pintar Pada Konsep Perkalian di SDN 1 Papayan. Tasikmalaya.

Jamalus. 1988. Panduan Pengajaran Buku Pengajaran Musik Melalui Pengalaman Musik. Jakarta: Proyek Pengembangan Lembaga Pendidikan.

John M dan Ortiz,Ph.D. 2002. Nurturing Your Child With Music.jakarta : PT Gramedia. Pustaka Utama. Jamalus. (1975). Musik II. Bandung : Masa Baru. Mulyadi.

Kamus Besar Bahasa Indonesia. (1990). Jakarta: balai Pustaka. Hasbullah. (1999) Dasar – Dasar Pendidikan.Jakarta: RajaGrafindo Persada.

Rusman. (2013). Model-model Pembelajaran. Jakarta: Rajawali Pers.

L Ariani · 2014 - 2008. Evaluasi Pembelajaran. Yogyakarta: Multi Pressindo. Martono, Nanang. 2010. Metode Penelitian Kuantitatif. Jakarta: PT Raya. Grafindo Persada.

Malm, William P. 1996. Music Cultures of the Pacifik, The Near East, and Asia Third Edition. London: Oxford University Press

Martasera, L., Listyarini, I., & Untari, M. F. A. (2018, March).KEEFEKTIFAN MEDIA KANTONG PERKALIAN (KOPER) TERHADAP KEMAMPUAN BERHITUNG DALAM MATA PELAJARAN MATEMATIKA KELAS II SDN TLOGOSARI KULON 05 SEMARANG. In PROSIDING SEMINAR NASIONAL HIMA DAN PRODI PGSD 2017.

Philip Sheppard. 2007. Musik Makes Your Child Smarter. Jakarta: PT Gramedia. Pustaka Utama. B. Esti Pramuki, dkk. 2008 – 2009. Bahasa Indonesia.

Satiadarma, M. P & Zahra. (2004), Cerdas dengan musik. Jakarta: Puspa Suara.

Satrianingsih 2006, Pengaruh musik terhadap perkembangan emosi anak usia tk (ditinjau dari aspek psikologi)’, Skipsi Program Studi Ilmu Psikologi, Universitas Negeri Semarang, diakses 18 Agustus 2018

Setiawan, Y. (2020). PENGEMBANGAN MEDIA KOPER PERKALIAN HITUNG (KOTATUNG) PADA PEMBELAJARAN TEMATIK TEMA 2 SUBTEMA 4 KELAS 2 SEKOLAH DASAR (Doctoral dissertation, Universitas Muhammadiyah Malang).

Suherman, Eman dkk. (1992). Strategi Belajar Mengajar Matematika. Modul 1-9. Jakarta: Departemen Pendidikan dan Kebudayaan.

Sylado, Remy. 1983. Munuju Apresiasi Musik. Bandung: Angkasa

Sugiyono. (2014). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Published

04-01-2024

Scite_ Smart Citation

Dimensions Citation

How to Cite

Hardiyanti, H., Hendrawan, B., & Nugraha, M. F. (2024). Pengembangan Media Pembelajaran Koper Perkalian Instrumen Musik untuk Menghafal Perkalian pada Siswa Kelas 2 Sekolah Dasar. SIBERNETIK: Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran, 1(1), 158–163. https://doi.org/10.59632/sjpp.v1i1.208

Similar Articles

<< < 1 2 3 4 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.