Pengaruh Penggunaan Media Simpai (Hulahoop) terhadap Peningkatan Koordinasi Gerak Mata dan Tangan pada Anak Usia 5-6 Tahun di TK Dharma Wanita Pelem
DOI:
https://doi.org/10.59632/sjpp.v2i2.277Keywords:
Media Simpai (Hulahoop) , Koordinasi Mata dan Tangan, Anak Usia DiniAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah ada pengaruh terhadap penggunaan media simpai (hulahoop) terhadap gerak mata dan tangan pada anak usia 5-6 tahun di TK Dharma Wanita Pelem. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif metode eksperimen dengan model pre-experimental designs menggunakan bentuk designs one group pretest-posttest designs. Kelompok pre-eksperimen pretest-posttest merupakan kelompok yang perkembangan ketrampilan motoriknya belum berkembang secara optimal serta membutuhkan treatment atau perlakuan menggunakan media simpai (hulahoop). Pengumpulan data menggunakan teknik observasi (cheklist) dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan analisis deskriptif dan uji statistik paramentrik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan koordinasi gerak mata dan tangan anak sebelum melakukan permainan dengan menggunakan media simpai (hulahoop) dan sesudah melakukan memperoleh hasil penilaian yang signifikan. Hal tersebut juga dibuktikan dengan adanya peningkatan jumlah pada hasil pemberian pretest dan posttest yang baik, sesuai data yang menunjukkan adanya suatu pengaruh koordinasi gerak mata dan tangan dengan menggunakan media simpai (hulahoop) pada anak usia 5-6 tahun di TK Dharma Wanita Pelem.
Downloads
References
Alfani, M., Putri, A., & Maningtyas, R. D. T. (2010). Development of the Game “Construction Fitness Signs” to Stimulate Basic Locomotor Movement Skills in Early Childhood. Budapest International Research and Critics Institute-Journal (BIRCI-Journal), 4(4), 13235–13246. www.bircu-journal.com/index.php/birci
Ardini, P. P., Edila Abdul, V. S., & Utoyo, S. (2023). Bermain Pasir Buatan dan Koordinasi Mata-Tangan Anak Usia Dini di Gorontalo. Efektor, 10(1), 63–69. https://doi.org/10.29407/e.v10i1.18645
Hakiki, N., & Khotimah, K. (2020). Penggunaan Permainan Edukatif Tradisional dalam Mengembangkan Motorik Kasar Anak Usia Dini. PRESCHOOL: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 1(1), 22–31. https://doi.org/10.35719/preschool.v1i1.3
Hurlock, E. (1978). Perkembangan Anak. Jakarta: Erlangga.
John W. Santrock (2007). Perkembangan Anak. Jilid 1 Edisi kesebelas. Jakarta : PT. Erlangga.
Mardiani, M. (2020). Meningkatkan Hasil Belajar Koordinasi Gerak Melalui Model Kooperatif. Jurnal Sinektik, 3(1), 99. https://doi.org/10.33061/js.v3i1.3771
Mukhlisa, N., & Kurnia, selia dwi. (2020). Penerapan permainan papan titian dalam mengembangkan motorik kasar pada anak usia dini. Educhild, 2(1), 65–75.
Pramono, P., Nurhasan, N., & Widyah Kusnanik, N. (2017). Analysis of Learning Process in Early Childhood Age 4-5 Years Old. 128(Icet), 229–234. https://doi.org/10.2991/icet-17.2017.39
Pramono, P., S, A. J., Sutama, I. W., Gunadi, L., & Mohamed, H. B. (2023). Development of Early Childhood Game Model to Increase Movement Activities for Kindergarten and Preschool Student. Proceedings of the International Conference on Information Technology and Education (ICITE 2021), 609(Icite), 187–191. https://doi.org/10.2991/assehr.k.211210.032
Saragih, U. M. (2020). PENGEMBANGAN MODEL PERMAINAN HULAHOOP TRIMI JULIANA SARAGIH PROGRAM STUDI MAGISTER PSIKOLOGI PROGRAM PASCASARJANA UNIVERSITAS MEDAN AREA MEDAN Ketua Program tudi Dipindai dengan CamScanner.
Sumosardjuno. Sadoso. (1994). Pengetahuan Praktis Kesehatan dalam Olahraga, Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama.
Susanto, A. (2021). Pendidikan anak usia dini: Konsep dan teori. Bumi Aksara
Sita, M. (2022). Pengembangan Permainan Simpai: Stimulasi Kecerdasan Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(5), 5066–5078. https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i5.1912
Subekti, M. R. (2019). Hubungan Antara Daya Ledak Otot Lengan Dan Koordinasi Mata-Tangan Dengan Kemampuan Shooting Bola Basket Pada Siswa Sekolah Menengah Atas. JURNAL PENDIDIKAN DASAR PERKHASA: Jurnal Penelitian Pendidikan Dasar, 5(1), 73–86. https://doi.org/10.31932/jpdp.v5i1.382
Vanny Mutia May Andry, & Yaswinda. (2021). Kajian Literatur Pengembangan Koordinasi Mata dan Tangan Anak Usia Taman Kanak-Kanak. Jurnal Pelita PAUD, 6(1), 110–117. https://doi.org/10.33222/pelitapaud.v6i1.1440
Yenti, Y. (2021). Pentingnya Peran Pendidik dalam Menstimulasi Perkembangan Karakter Anak di PAUD. Jurnal Pendidikan Tambusai, 5(2), 2045–2051. https://jptam.org/index.php/jptam/article/view/1218%0Ahttps://jptam.org/index.php/jptam/article/download/1218/1088
Yusuf, M., Haidar, D., Patiung, D., Mattemmu, E., Praningrum, W., Negeri, U. I., Makassar, A., Aisyiyah, T. K., Athfal, B., Perumnas, I. I., Makassar, K., & Id, Y.-A. A. (2022). KHIDMAH: Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat Penerapan Metode Menebalkan Garis Putus-Putus Dalam Meningkatkan Koordinasi Mata Dan Tangan Anak Usia 4-5 Tahun Di Tk Aisyiyah Bustanul Athfal Ii Perumnas Application Of The Method Of Thickening The Dotted Line. Jurnal Pengabdian Kepada Msyarakat, 2(2), 185–193.
Zahroh, A., & Aziz, Y. (2019). Peningkatan Keterampilan Motorik Kasar Melalui Alat Permainan Simpai pada Anak Kelompok A di Taman Kanak-Kanak Dharma Wanita Bangun Ungging Mojokerto. JECED: Journal of Early Childhood Education and Development, 1(1), 30-36
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Wilis Yohana Efraim, Pramono, Rosyi Damayani Twinsari Maningtyas

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Penulis yang mempublikasikan naskahnya pada SIBERNETIK: Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran menyetujui ketentuan berikut: Hak cipta atas artikel apapun pada ABDI UNISAP: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat dipegang penuh oleh penulisnya di bawah Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License dengan ketentuan sebagai berikut:
- Penulis mengakui bahwa SIBERNETIK: Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran berhak sebagai jurnal yang mempublikasikan pertama kali dengan lisensi Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
- Penulis dapat memasukan tulisan secara terpisah, mengatur distribusi non-ekskulif dari naskah yang telah terbit di jurnal ini ke dalam versi yang lain (misal: dikirim ke respository institusi penulis, publikasi ke dalam buku, dll), dengan mengakui bahwa naskah telah terbit pertama kali pada SIBERNETIK: Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran.
- Pembaca diperbolehkan mengunduh, menggunakan, dan mengadopsi isi artikel selama mengutip artikel dengan menyebutkan judul, penulis, dan nama jurnal ini. Pengutipan tersebut dilakukan demi kemajuan ilmu pengetahuan dan kemanusiaan serta tidak boleh melanggar hukum yang berlaku.