Pengaruh Penggunaan Media Simpai (Hulahoop) terhadap Peningkatan Koordinasi Gerak Mata dan Tangan pada Anak Usia 5-6 Tahun di TK Dharma Wanita Pelem

Authors

  • Wilis Yohana Efraim Universitas Negeri Malang
  • Pramono Universitas Negeri Malang
  • Rosyi Damayani Twinsari Maningtyas Universitas Negeri Malang

DOI:

https://doi.org/10.59632/sjpp.v2i2.277

Keywords:

Media Simpai (Hulahoop) , Koordinasi Mata dan Tangan, Anak Usia Dini

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah ada pengaruh terhadap penggunaan media simpai (hulahoop) terhadap gerak mata dan tangan pada anak usia 5-6 tahun di TK Dharma Wanita Pelem. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif metode eksperimen dengan model pre-experimental designs menggunakan bentuk designs one group pretest-posttest designs. Kelompok pre-eksperimen pretest-posttest merupakan kelompok yang perkembangan ketrampilan motoriknya belum berkembang secara optimal serta membutuhkan treatment atau perlakuan menggunakan media simpai (hulahoop). Pengumpulan data menggunakan teknik observasi (cheklist) dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan analisis deskriptif dan uji statistik paramentrik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan koordinasi gerak mata dan tangan anak sebelum melakukan permainan dengan menggunakan media simpai (hulahoop) dan sesudah melakukan memperoleh hasil penilaian yang signifikan. Hal tersebut juga dibuktikan dengan adanya peningkatan jumlah pada hasil pemberian pretest dan posttest yang baik, sesuai data yang menunjukkan adanya suatu pengaruh koordinasi gerak mata dan tangan dengan menggunakan media simpai (hulahoop) pada anak usia 5-6 tahun di TK Dharma Wanita Pelem.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Alfani, M., Putri, A., & Maningtyas, R. D. T. (2010). Development of the Game “Construction Fitness Signs” to Stimulate Basic Locomotor Movement Skills in Early Childhood. Budapest International Research and Critics Institute-Journal (BIRCI-Journal), 4(4), 13235–13246. www.bircu-journal.com/index.php/birci

Ardini, P. P., Edila Abdul, V. S., & Utoyo, S. (2023). Bermain Pasir Buatan dan Koordinasi Mata-Tangan Anak Usia Dini di Gorontalo. Efektor, 10(1), 63–69. https://doi.org/10.29407/e.v10i1.18645

Hakiki, N., & Khotimah, K. (2020). Penggunaan Permainan Edukatif Tradisional dalam Mengembangkan Motorik Kasar Anak Usia Dini. PRESCHOOL: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 1(1), 22–31. https://doi.org/10.35719/preschool.v1i1.3

Hurlock, E. (1978). Perkembangan Anak. Jakarta: Erlangga.

John W. Santrock (2007). Perkembangan Anak. Jilid 1 Edisi kesebelas. Jakarta : PT. Erlangga.

Mardiani, M. (2020). Meningkatkan Hasil Belajar Koordinasi Gerak Melalui Model Kooperatif. Jurnal Sinektik, 3(1), 99. https://doi.org/10.33061/js.v3i1.3771

Mukhlisa, N., & Kurnia, selia dwi. (2020). Penerapan permainan papan titian dalam mengembangkan motorik kasar pada anak usia dini. Educhild, 2(1), 65–75.

Pramono, P., Nurhasan, N., & Widyah Kusnanik, N. (2017). Analysis of Learning Process in Early Childhood Age 4-5 Years Old. 128(Icet), 229–234. https://doi.org/10.2991/icet-17.2017.39

Pramono, P., S, A. J., Sutama, I. W., Gunadi, L., & Mohamed, H. B. (2023). Development of Early Childhood Game Model to Increase Movement Activities for Kindergarten and Preschool Student. Proceedings of the International Conference on Information Technology and Education (ICITE 2021), 609(Icite), 187–191. https://doi.org/10.2991/assehr.k.211210.032

Saragih, U. M. (2020). PENGEMBANGAN MODEL PERMAINAN HULAHOOP TRIMI JULIANA SARAGIH PROGRAM STUDI MAGISTER PSIKOLOGI PROGRAM PASCASARJANA UNIVERSITAS MEDAN AREA MEDAN Ketua Program tudi Dipindai dengan CamScanner.

Sumosardjuno. Sadoso. (1994). Pengetahuan Praktis Kesehatan dalam Olahraga, Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama.

Susanto, A. (2021). Pendidikan anak usia dini: Konsep dan teori. Bumi Aksara

Sita, M. (2022). Pengembangan Permainan Simpai: Stimulasi Kecerdasan Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(5), 5066–5078. https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i5.1912

Subekti, M. R. (2019). Hubungan Antara Daya Ledak Otot Lengan Dan Koordinasi Mata-Tangan Dengan Kemampuan Shooting Bola Basket Pada Siswa Sekolah Menengah Atas. JURNAL PENDIDIKAN DASAR PERKHASA: Jurnal Penelitian Pendidikan Dasar, 5(1), 73–86. https://doi.org/10.31932/jpdp.v5i1.382

Vanny Mutia May Andry, & Yaswinda. (2021). Kajian Literatur Pengembangan Koordinasi Mata dan Tangan Anak Usia Taman Kanak-Kanak. Jurnal Pelita PAUD, 6(1), 110–117. https://doi.org/10.33222/pelitapaud.v6i1.1440

Yenti, Y. (2021). Pentingnya Peran Pendidik dalam Menstimulasi Perkembangan Karakter Anak di PAUD. Jurnal Pendidikan Tambusai, 5(2), 2045–2051. https://jptam.org/index.php/jptam/article/view/1218%0Ahttps://jptam.org/index.php/jptam/article/download/1218/1088

Yusuf, M., Haidar, D., Patiung, D., Mattemmu, E., Praningrum, W., Negeri, U. I., Makassar, A., Aisyiyah, T. K., Athfal, B., Perumnas, I. I., Makassar, K., & Id, Y.-A. A. (2022). KHIDMAH: Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat Penerapan Metode Menebalkan Garis Putus-Putus Dalam Meningkatkan Koordinasi Mata Dan Tangan Anak Usia 4-5 Tahun Di Tk Aisyiyah Bustanul Athfal Ii Perumnas Application Of The Method Of Thickening The Dotted Line. Jurnal Pengabdian Kepada Msyarakat, 2(2), 185–193.

Zahroh, A., & Aziz, Y. (2019). Peningkatan Keterampilan Motorik Kasar Melalui Alat Permainan Simpai pada Anak Kelompok A di Taman Kanak-Kanak Dharma Wanita Bangun Ungging Mojokerto. JECED: Journal of Early Childhood Education and Development, 1(1), 30-36

Published

31-12-2024

How to Cite

Efraim, W. Y., Pramono, P., & Maningtyas, R. D. T. (2024). Pengaruh Penggunaan Media Simpai (Hulahoop) terhadap Peningkatan Koordinasi Gerak Mata dan Tangan pada Anak Usia 5-6 Tahun di TK Dharma Wanita Pelem. SIBERNETIK: Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran, 2(2), 133–139. https://doi.org/10.59632/sjpp.v2i2.277