Perjalanan-Singgah Guru Pendidikan Kristen dan Kerja-kerja disiplin di Kelas IPS Kota Palangka Raya

Authors

  • Sepri Selawaisa Institut Agama Kristen Negeri Palangka Raya

DOI:

https://doi.org/10.59632/sjpp.v1i1.37

Keywords:

Keteladanan Subjektif, Memakna Disiplin Belajar, Partisipasi Guru Pendidikan Agama Kristen, Perjalanan Subjek Didik, Proses Pembelajaran di daerah

Abstract

Disiplin belajar merupakan usaha seseorang dalam mentaati atau mematuhi peraturan (tata tertib) dalam proses belajar mengajar guna meningkatkan kemampuan, keterampilan, pengetahuan, dan lain sebagainya. Perilaku tersebut hadir karena adanya kesadaran diri maupun menggunakan hukuman untuk mematuhi peraturan. Guru sangat berperan dalam proses belajar mengajar sehingga kehadiran guru dalam pelaksanaan pembelajaran memegang peran penting. Guru merupakan ujung tombak yang berhadapan secara langsung dengan peserta didik, sehingga pencapaian peserta didik dalam proses pembelajaran sangat ditentukan oleh guru. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan peran guru Pendidikan Agama Kristen dan mengetahui hambatan guru Pendidikan Agama Kristen dalam membentuk sikap disiplin belajar peserta didik pada kelas X IPS 4 dan X IPS 6 di SMA Negeri 3 Palangka Raya. Penelitian menggunakan metode kualitatif deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa peran guru Pendidikan Agama Kristen dalam membentuk sikap disiplin belajar peserta didik yang pernah dilakukan antara lain: partisipasi kerja-kerja guru sebagai pengajar, peran guru sebagai pendidik, peran guru sebagai motivator, peran guru sebagai teladan, peran guru sebagai pembimbing dan peran guru sebagai penasehat. Hambatan yang dialami guru Pendidikan Agama Kristen dalam membentuk sikap disiplin belajar peserta didik yaitu faktor internal (peserta didik) dan faktor eksternal (lingkungan keluarga dan lingkungan sekolah).

Downloads

Download data is not yet available.

References

Abidin, Z., Romadhona, G., Andini, V. Y., & Faiz, M. (2021). Implementasi Reward Dan Punishment Terhadap Peningkatan Kosa Kata Bahasa Inggris Di Bintana Research And Literacy Shelter Indonesia. Fenomena, 20(2). https://doi.org/10.35719/fenomena.v20i2.62

Ahmad Ardillah Rahman, Nasution, Warsono, Sanasintani, & Muhammad Said. (2021). Presence in Teaching : Intended Practices and Remaining Challenges of Teachers in Indonesia. International Academic Journal of Education & Literature.

Amiani, M. (2022). Intervensi Kualitas Proses Pembelajaran Yang Diampu Oleh Guru Pasca Sertifikasi Dan Dampaknya. PEDIR: Journal of Elementary Education, 2(1).

Andiny, T. T. (2020). PENGARUH KOMPETENSI DAN KARAKTERISTIK PEKERJAAN TERHADAP KINERJA GURU MELALUI KOMITMEN ORGANISASIONAL (Studi pada Sekolah Menengah Atas Negeri di Kota Palangka Raya). Danum Pambelum: Jurnal Pendidikan Dan Pelayanan, 16(1), 55–63.

Angellyna, S. (2021). Dampak Pandemi Covid-19 terhadap Persekutuan Jemaat di Gereja Kalimantan Evangelis Victoria Palangka Raya. Jurnal Teologi Gracia Deo, 3(2), 167–174.

Angellyna, S., & Tumbol, S. N. (2022). Kajian Historis Kritis Kedudukan dan Tugas Perempuan Dalam Surat 1 Korintus 14: 34 Bagi Gereja Masa Kini. Danum Pambelum: Jurnal Teologi Dan Musik Gereja, 2(2), 161–179.

Anjini, S., Veronika, S., Winati, R., Cristy, N., Hawahini, D. A., & SM, S. M. (2022). Involvement of Constructivism Philosophy, Prennialism, Idealism in the World of Children’s Education. Indonesian Journal of Christian Education and Theology, 1(2), 98–104.

Anthonysamy, L., Koo, A. C., & Hew, S. H. (2020). Self-regulated learning strategies in higher education: Fostering digital literacy for sustainable lifelong learning. Education and Information Technologies, 25(4), 2393–2414. https://doi.org/10.1007/s10639-020-10201-8

Apandie, C., & Rahmelia, S. (2020). Pendidikan kewarganegaraan masa depan: Learn, thrive, serve. Seminar Nasional Kewarganegaraan, 2, 1–10.

Apandie, C., & Rahmelia, S. (2022). Lessons for Citizens Regarding Government Efforts to Promote Covid-19 Vaccines: Responses and Challenges to Post-Pandemic Citizenship Education. Annual Civic Education Conference (ACEC 2021), 56–64.

Ariaini, W., & Sanaya, R. (2023). Dynamization of the Reprimand Model in the Independent Curriculum for Children 6-12 Years of Age in Primary Schools in Indonesia. Journal of Educational Analytics, 2(1), 35–46.

Auret, H. A. (2020). The responsibility of architecture: Beauty, justice and the call of care. Acta Theologica, 2020. https://doi.org/10.18820/23099089/actat.Sup29.9

Awak, N. E., Maling, A., Putri, Y., Kladit, S., & Prihadi, S. (2023). PEMBELAJARAN MEDIA, DURASI FLUKTUASI TIDUR DAN TEOLOGISASI PENDIDIKAN KRISTEN DI INDONESIA. Indonesian Journal of Teaching and Learning (INTEL), 2(2), 273–284.

Aypay, A. (2018). Predictive relationships among reward addiction - Punishment sensitivity and reward addiction - School burnout in middle school. Egitim ve Bilim, 43(194). https://doi.org/10.15390/EB.2018.6909

Azizah, N. (2021). Peran , Hak , Kewajiban Serta Profesionalisme. Seri Publikasi Pembelajaran, 1(2).

Bandur, A., Hamsal, M., & Furinto, A. (2022). 21st Century experiences in the development of school-based management policy and practices in Indonesia. Educational Research for Policy and Practice, 21(1). https://doi.org/10.1007/s10671-021-09293-x

Blessing, E. J. (2022). Household Order and the Discipleship of the People of God: An Exegetical Survey of Ephesians 5: 21–6: 9 and Other New Testament Household Texts.

Chiristina, R., Priskilla, R., Sanggew, R. Y. R., & Lestari, P. (2023). Dilematisasi Pelajar sebagai Pengguna Sepeda Motor di Bawah Umur: Studi Kasus SMP Negeri 7 Palangka Raya. Jurnal Ilmu Pendidikan Dan Sosial, 2(1), 62–78.

Dandung, M., Andiny, T. T., & Sulistyowati, R. (2022). Gaya Kepemimpinan Gembala dalam Meningkatkan Pertumbuhan Gereja di GKB EL-Shaddai Palangka Raya. Danum Pambelum: Jurnal Teologi Dan Musik Gereja, 2(2), 219–231.

Dela, C., Kristina, Rahayu, G., Putri, J., & Afriliandi. (2022). Ambivalensi Filsafat dan Teologi melalui Lensa Gianni Vattimo. Asian Journal of Philosophy and Religion, 1(2). https://doi.org/10.55927/ajpr.v1i2.1658

Desti, D. (2023). PENGEMBANGAN STANDAR KOMPETENSI GURU DI SD NEGERI 1 BAMBAN BARITO TIMUR KALIMANTAN TENGAH. Jurnal Pendidikan Dan Pengajaran, 2(1), 17–30.

Eksely, S. P., Handriani, Y., & Marselina, V. (2023). Optimizing Regulations in the Code of Ethics for Students: A Case Study of a SMKN in Palangkaraya City. Asian Journal of Applied Education (AJAE), 2(1), 1–16.

Fiddler, M. (2017). Panopticism. In The Routledge Companion to Criminological Theory and Concepts. https://doi.org/10.4324/9781315744902-104

Fitriana, F., Elisabeth, R., Esa, D. K., Nopraeda, N., & Munte, A. (2023). Permasalahan di Sekitar PAUD Kota Palangka Raya. Indonesia Islamic Education Journal, 1(2), 90–103.

Ginting, M. T. H. (2010). Penggunaan media CD interaktif tripleplay plus German dalam pembelajaran keterampilan berbicara bahasa Jerman di SMA Taman Madya Malang. Universitas Negeri Malang.

Grad, I., & Frunza, S. (2016). Postmodern ethics and the reconstruction of authenticity in communication-based society. Revista de Cercetare Si Interventie Sociala, 53(June).

Hamun, Y., Laka, F., Fabianus, L. ;, & Bosco, H. (2021). PERAN ORANG TUA DALAM BIMBINGAN BELAJAR ANAK PADA MASA PANDEMI COVID-19 DI KABUPATEN MANGGARAI, NTT. Jurnal Literasi Pendidikan Dasar (JLPD), 2(1).

Hasan, M., Harahap, T. K., Sos, S., & Mainuddin, M. P. I. (2022). PENGANTAR PENDIDIKAN INDONESIA: ARAH BARU DALAM MEMBENTUK PROFIL PELAJAR PANCASILA. Tata Media Group.

Hasan, M., Harahap, T. K., Trisnawati, S. N. I., Hamzah, H., Munte, A., Simanungkalit, L. N., Hakim, L., Hasibuan, S., Arisah, N., & Hasibuan, N. S. (2023). Pengantar Pendidikan Indonesia: Arah Baru Dalam Membentuk Profil Pelajar Pancasila. Penerbit Tahta Media.

Kharisma, C., & Suyatno, S. (2018). Peran Guru Dalam Menanamkan Karakteri Disiplin Siswa Di Sekolah Dasar Negeri Bleber 1 Prambanan Sleman. Jurnal Fundadikdas (Fundamental Pendidikan Dasar), 1(2), 131–139.

Kurniawan, A. L. (2022). Nasihat Berlakulah Adil dalam Haustafeln Kolose 4:1. Media (Jurnal Filsafat Dan Teologi), 3(2). https://doi.org/10.53396/media.v3i2.91

Lemhannas, L. K. N. (1997). Disiplin Nasional. Jakarta: PT Balai Pustaka.

Ligan, L. (2022). Peran Orang Tua Dalam Mendidik Anak Berdasarkan Kitab Ulangan 6: 4-9. Harati: Jurnal Pendidikan Kristen, 2(1), 73–84.

Llewelyn, J. (2003). Stay! Research in Phenomenology, 33(1). https://doi.org/10.1163/15691640360699627

Loheni, R., Lukas, L., Trisiana, R., Sitohang, R. M. S., Natalia, V., & Sariani, R. (2023). Kontribusi Guru dalam Pembentukan Subjek Disiplin Siswi/A: Narasi Deskriptif SMP di Kabupaten Barito Timur. EDUCATION: Scientific Journal of Education, 1(1), 10–28.

Lu, L. C., & Lu, C. J. (2010). Moral philosophy, materialism, and consumer ethics: An exploratory study in Indonesia. Journal of Business Ethics, 94(2). https://doi.org/10.1007/s10551-009-0256-0

Lumbanraja, D. T. S. (2021). The Mindset of Christ As The Foundation of The Church in Building Religious Harmony: An Interpretation of Philippians 2: 5. Dialog, 44(1), 67–74.

Magdalena, E., Natalia, D., Pranata, A., & Wijaya, N. J. (2022). Filsafat dan Estetika Menurut Arthur Schopenhauer. Clef : Jurnal Musik Dan Pendidikan Musik, 3(2). https://doi.org/10.51667/cjmpm.v3i2.1111

Malau, R. (2021). Implikasi Pendidikan Kristen dalam Keluarga Menurut Efesus 6: 1-4 Pada Masa Pandemi Covid-19. Harati: Jurnal Pendidikan Kristen, 1(1), 54–68.

Mariani, E. (2020). Pemikiran Henry A. Giroux tentang Pendidikan Kritis, Peran Guru sebagai Intelektual Transformatif dan Relevansinya bagi Pembelajaran pada Sekolah di Indonesia. Driyarkara School of Philosophy.

Mel Silberman. (2009). Active learning 101 Strategi Pembelajaran Aktif. In Indonesia.

Monica, N. (2023). CHRISTIAN EDUCATION TEACHER AS FACILITATOR BASED ON CONSTRUCTIVE SANCTIONS: A CASE STUDY AT JUNIOR HIGH SCHOOL 7 PALANGKA RAYA. Journal on Research and Review of Educational Innovation, 1(1), 12–24.

Munte, A. (2018). Era of Disruptions, Gender and Contributions of New Testament (NT) in Christian Religion. Ushuluddin International Conference (USICON), 2.

Munte, A. (2021). Analisis Keamanan Siber Dan Hukum Dari Perspektif Gender Dan Filsafat Politik Alison M. Jaggar. Al-Adl : Jurnal Hukum, 13(2), 284. https://doi.org/10.31602/al-adl.v13i2.4396

Munte, A. (2022a). Contemporary Ecopedagogical-Political Dialectics Based on Paulo Freire’s Philosophy in Palangka Raya, Indonesia. Journal of Education for Sustainability and Diversity, 1(1), 1–17.

Munte, A. (2022b). Philosophy of Giorgio Agamben-Homo Sacer’s on the Independent Curriculum for Learning in Indonesia: Critical Reflection. International Seminar Commemorating the 100th Annniversary of Tamansiswa, 1(1), 464–468.

Munte, A. (2023). Jejak Ziarah Pemikiran Heidegger dalam Ruang Pendidikan Konseling Kristen Atas Sorge-Entschlossenheit-Angst-Zeitlichkeit. PEADA’: Jurnal Pendidikan Kristen, 4(1), 44–58.

Munte, A., & Korsina, R. E. (2022). Martha Nussbaum’s Feminist Philosophy on Body Autonomy and Its Relationship to the Experiences of Women Survivors of Child Marriage: A Case Study in Sukamara, Central Kalimantan. Jurnal SUARGA: Studi Keberagamaan Dan Keberagaman, 1(1), 27–34.

Munte, A., & Natalia, D. (2022). Contribution of Obedience According to Hannah Arendt Philosophy towards Terrorist Women in Indonesia. Al Huwiyah: Journal of Woman and Children Studies, 2(1).

Munte, A., Natalia, D., Magdalena, E., Wijaya, N. J., & Malau, R. (2023). Aesthetic Musicality of Arthur Schopenhauer and New Testament Throughout the Ages: Musikalitas Estetis Arthur Schopenhauer dan Perjanjian Baru Sepanjang Zaman. Journal of Social and Humanities, 1(1).

Munte, A., & Wirawan, A. (2022). Meneropong RUU TPKS melalui Lensa Konstitutif Tubuh-Simone de Beauvoir. Prosiding Seminar Nasional IAHN-TP Palangka Raya, 1.

Natalia, D. (2019). Misi dalam Konteks Indonesia sebagai Masyarakat yang Plural. Prosiding Seminar Nasional IAHN-TP Palangka Raya, 2, 12–20.

Natalia, D. (2023). Palangka Raya People’s Responses to the Governor’s Circular on Covid-19 Pandemic. TEMALI: Jurnal Pembangunan Sosial, 6(1).

Natalia, D., Tarantang, J., & Astiti, N. N. A. (2020). MAKNA MANUHIR DALAM KEHIDUPAN MASYARAKAT DAYAK NGAJU DI KOTA PALANGKA RAYA. Jurnal Studi Agama Dan Masyarakat, 16(1). https://doi.org/10.23971/jsam.v16i1.2077

Ningtyas, L. D. (2019). Pengaruh Naturalistic Intelligence dan New Environmental Paradigm terhadap Environmental Sensitivity. IJEEM - Indonesian Journal of Environmental Education and Management, 4(2). https://doi.org/10.21009/ijeem.042.01

Novitasari, S. I., Natalia, T. L., Pebrianto, T., & Gresella, Y. E. (2023). Digital Literacy Inherency within Narratives Subject at SMP Kristen Palangka Raya. Journal of Scientific Research, Education, and Technology (JSRET), 2(2), 648–661.

Nugrahhu, P. A. (2021). Mengubah Pola Pikir Melalui Pendidikan Seni. JOURNAL OF MUSIC EDUCATION AND PERFORMING ARTS, 1(1), 11–15.

Nugrahhu, P. A. (2022). Persepsi Anggota Paduan Suara Terhadap Metode Latihan Daring dan Paduan Suara Virtual. Danum Pambelum: Jurnal Teologi Dan Musik Gereja, 2(1), 11–19.

Pahan, B. P. (2020). Peran Nyanyin Ungkup dalam Sejarah Pekabaran Injil di Kalimantan. Danum Pambelum: Jurnal Pendidikan Dan Pelayanan, 16(1), 1–6.

PAHAN, B. P., PRAKOSA, P., Teol, M. S., & SATU, D. A. (2014). tanggungjawab orang tua mendisplinkan anaknya sebagai siswa pada kelas VIII SMP Negeri 2 kurun.

PAHAN, B. P., PURWANTORO, B., Th, M., YUEL, S., & Th, M. (2011). PENGELOLAAN ADMINISTRASI PAK DI KELAS X SMA NEGERI 4 PALANGKA RAYA.

Pattiasina, S. M. O., Susanto, D., & Pradita, Y. (2022). Pendampingan Potensi Pemuda Desa Hanjak Maju dalam Ruang Pluralitas di Kalimantan Tengah. Magistrorum et Scholarium: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 3(2), 320–329.

Pewangi, M., & Sitti Satriani. (2019). Peranan Guru Pendidikan Agama Islam dalam Membentuk Disiplin Belajar Siswa. TARBAWI: Jurnal Pendidikan Agama Islam, 4(2).

Pohl, C. D. (2011). Hospitality and the Mental Health of Children and Families. American Journal of Orthopsychiatry, 81(4). https://doi.org/10.1111/j.1939-0025.2011.01111.x

Pongoh, F. D. (2022). Analisis Chi-Square, Studi Kasus: Hubungan Motivasi, Keinginan dan Cita-cita masuk IAKN Palangka Raya. D’CARTESIAN: Jurnal Matematika Dan Aplikasi, 11(1), 9–11.

Pongoh, F. D. (2023). FAKTOR YANG MEMPENGARUHI MOTIVASI BELAJAR PENDIDIKAN AGAMA KRISTEN. Paedagoria: Jurnal Kajian, Penelitian Dan Pengembangan Kependidikan, 14(1), 1–6.

Pransinartha, P. (2022). Strategy For Supervision Of Dayak Ngaju Traditional Music For GKE Tewah Youth. PROCEEDING INTERNATIONAL CONFERENCE ON MUSIC AND CULTURE (ICOMAC), 2, 31–45.

Prasetiawati, P. (2020). The Role of Religious Harmony Forum for Maintain Religious Life in Palangka Raya. Proceedings of the First International Conference on Christian and Inter Religious Studies, ICCIRS 2019, December 11-14 2019, Manado, Indonesia.

Rahmelia, S., & Prasetiawati, P. (2021). Implementasi Self-Directed Learning Siswa SMPN 7 Palangka Raya Di Masa Pandemi. JP3M: Jurnal Pendidikan, Pembelajaran Dan Pemberdayaan Masyarakat, 3(1), 194–205.

Riani, F., Watie, T., Elisabeth, R., Selvina, B., Bella, A., & Waromi, Y. (2022). Philosophy of Idealism and Its Contribution to Christian Counseling and Leadership: A Meaningful Process. Indonesian Journal of Christian Education and Theology, 1(2), 90–97.

Riordan, D. V. (2021). The Scapegoat Mechanism in Human Evolution: An Analysis of René Girard’s Hypothesis on the Process of Hominization. Biological Theory, 16(4). https://doi.org/10.1007/s13752-021-00381-y

Sanasintani. (2019). The Teacher’s Response to the Supervision Approach of Supervisors with Cultural Insights: Huma Betang Cantik City, Central Kalimantan, Indonesia. https://doi.org/10.2991/icet-18.2018.20

Sanasintani. (2020). Collegial supervision model at primary school 4 menteng palangka raya, central kalimantan, indonesia. Proceedings of the International Conference on Industrial Engineering and Operations Management, 59.

Sanasintani, S. (2022). Pembinaan Profesional Guru Pendidikan Agama Kristen Melalui Supervisi Klinis. Jurnal Teologi Berita Hidup, 5(1), 39–55.

Sanasintani, S. P. (2020). IMPLEMENTATION ACADEMIC SUPERVISIONS BY THE EDUCATION SUPERVISSORS IN MADRASAH IBTIDAIYAH NEGERI (MIN) PAHANDUT PALANGKA RAYA. Penamas, 33(2). https://doi.org/10.31330/penamas.v33i2.387

Saputra, D. A., Pransiska, F., Agustiana, J., & Veronika, S. (2023). Philosophy and Theology Based on the Philosopher Réne Girard: A Reflection. Asian Journal of Philosophy and Religion, 2(1), 163–172.

Sarmauli, M. T. (n.d.). Preaching and Tolerance Amongst Religion: an Analyses From Homiletic Perspective. International Journal on Integrated Education, 1(1), 1–9.

Sarmauli, S. (2016). PERSAUDARAAN LINTAS IMAN: Relasi Legitimasi dan Identitas Elit Agama Kota Palangka Raya. Al-Qalam, 21(1), 169–176.

Sarmauli, S., & Pransinartha, P. (2022). Enkulturasi Nilai-nilai Kristiani dalam Tradisi Batak melalui Lagu “Nunga Loja Daginghon” sebagai Bentuk Pendidikan Spiritual dalam Keluarga. Jurnal Ilmiah Religiosity Entity Humanity (JIREH), 4(1), 1–17.

Sembiring, N. N., Sarmauli, Y. K., Silalahi, H., & ... (2021). Life Must Go On: Serving People without Ulterior Motives as Responses to Mount Sinabung Eruption. Journal of Hunan ….

Setiawan, E., Wulandari, E., Olivia, O., Riyanti, K., & Juniari, R. (2022). Komparasi Deskriptif Thomas Aquinas tentang Filsafat dan Teologi. Asian Journal of Philosophy and Religion, 1(2). https://doi.org/10.55927/ajpr.v1i2.1635

Siburian, L., Amiani, M., & Munthe, Y. (2023). Memakna Disiplin dalam Kehidupan SMK Negeri di Kabupaten Barito Selatan, Kalimantan Tengah. DIAJAR: Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran, 2(2), 167–174.

Sihombing, O. M. (2015). BENTUK LAGU DAN MAKNA ENDE BUE-BUE PADA MASYARAKAT MANDAILING DI KELURAHAN LOSUNG PADANGSIDIMPUAN. UNIMED.

Sihombing, O. M. (2019). PEMBELAJARAN LITERASI MUSIK BERBASIS COOPERATIVE LEARNING PADA MIRACLE CHOIR UPI. Universitas Pendidikan Indonesia.

Sihombing, O. M. (2022). Penerapan Metode Zoltan Kodaly Pada Mata Kuliah Mayor Vokal Program Studi Musik Gereja IAKN Palangka Raya. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 4(5), 3929–3934.

Simanjuntak, N. L. (2019). NILAI-NILAI NASIONALISME MELALUI PERAN TOKOH PROKLAMASI (Analisis Buku Teks Pelajaran Sejarah SMA). Universitas Pendidikan Indonesia.

Sinta, S. E., Sumberto, D., Zain, P. E., Hersiana, L., Siska, R., Yumame, H. D., & Inggeruhi, L. E. (2022). Consciousness, Subject Reality and Dialectics of Materialism Philosophy: A Simple Exploration. Indonesian Journal of Christian Education and Theology, 1(2), 105–110.

Sisianti, D., Iriani, Y., & Senik, K. (2022). Teacher’s Perception, Character Formation of Grade Students: Case Study at Primary School in City of Palangka Raya. Jurnal Ilmiah Pendidikan Holistik (JIPH), 1(3), 257–268.

Sripada, C. (2016). Self-expression: a deep self theory of moral responsibility. Philosophical Studies, 173(5). https://doi.org/10.1007/s11098-015-0527-9

Sriwijayanti, I. (n.d.). FAKULTAS THEOLOGIA UNIVERSITAS KRISTEN DUTA WACANA YOGYAKARTA.

Sriwijayanti, I. (2020). Christian Education in the Information of Era Openness with a Faith of Community Approach. ICCIRS 2019: Proceedings of the First International Conference on Christian and Inter Religious Studies, ICCIRS 2019, December 11-14 2019, Manado, Indonesia, 435.

Sriwijayanti, I. (2023). Pendidikan Kristiani Multikultural dalam Kurikulum Katekisasi di Resort GKE Kasongan. PEADA’: Jurnal Pendidikan Kristen, 4(1), 1–15.

Stepania, G., & Setianti, Y. (2022). THE SCAPEGOATING OF THE PHILOSOPHER RENE GIRARD: A BASIC REFLECTION. Indonesian Journal of Christian Education and Theology, 1(2), 111–121.

Strelan, P., Osborn, A., & Palmer, E. (2020). The flipped classroom: A meta-analysis of effects on student performance across disciplines and education levels. In Educational Research Review (Vol. 30). https://doi.org/10.1016/j.edurev.2020.100314

SUGIYANTO, S., Th, M., PRAKOSA, P., Teol, M. S., & SATU, D. A. (2014). PERAN KOMPETENSI PROFESIONAL GURU PAK DALAM MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR SISWA KELAS VII-1 DI SMP KRISTEN PALANGKA RAYA.

Sulistyowati, R., Munte, A., Silipta, S., & Rudie, R. (2022). Strengthening Music Learning at SMKN. Dimas: Jurnal Pemikiran Agama Untuk Pemberdayaan, 22(2).

Sulistyowati, R., Nugrahhu, P. A., & Utami, N. N. A. (2021). Pengaruh Musik Iringan terhadap Minat Jemaat Beribadah di GKE Palangka I Palangka Raya. Tonika: Jurnal Penelitian Dan Pengkajian Seni, 4(2), 122–132.

Suradi, F. M., & Sumiati. (2022). Penggunaan Pendekatan Contextual Teaching And Learning Berbantuan Media Audio Visual Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika. Jurnal Pengajaran Sekolah Dasar, 1(1). https://doi.org/10.56855/jpsd.v1i1.107

Susanto, D., Natalia, D., Jeniva, I., & Veronica, M. (2022). BRAND KNOWLEDGE TRAINING THROUGH PACKAGING MATERIALS AND THE USE OF SOCIAL MEDIA IN HURUNG BUNUT VILLAGE, GUNUNG MAS DISTRICT. AMALA Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(2), 81–89.

Susila, T. (2022a). Merefleksikan ibadah nabi-nabi abad delapan dalam ibadah new normal. KURIOS, 8(1). https://doi.org/10.30995/kur.v8i1.371

Susila, T. (2022b). Pendampingan Pastoral Holistik Dari Pendeta Bagi Keluarga Berduka Di Jemaat GKE Nanga Bulik Kabupaten Lamandau. Danum Pambelum: Jurnal Teologi Dan Musik Gereja, 2(1). https://doi.org/10.54170/dp.v2i1.105

Susila, T. (2022c). SACRIFICE AND TRIBUTE IN HOSEA 6:6: THE IMPLICATION OF CONTEXTUAL WORSHIPPING. Interdisciplinary Social Studies, 1(5). https://doi.org/10.55324/iss.v1i5.129

Susila, T., & Pradita, Y. (2022). Peran Pelayanan Diakonia Terhadap Pertumbuhan Gereja Pada Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Ilmiah Religiosity Entity Humanity (JIREH), 4(1), 124–133.

Susila, T., & Risvan, L. (2022). Recontructing the Formation of Israel’s Religion in the context of Old Testament Biblical Text. Khazanah Theologia, 4(2). https://doi.org/10.15575/kt.v4i2.17024

Syuhada, S. (2022). The Influence of Principal Leadership, Rewards and Punishment from Principals on Teacher Discipline in Elementary Schools. Journal of Educational Sciences, 6(1). https://doi.org/10.31258/jes.6.1.p.128-142

Tanyid, M. (2019). PENDIDIKAN KELUARGA. CURA ANIMARUM, 1(1), 45–55.

Tekerop, E. P., Istiniah, Elisabeth, R., & Munte, A. (2019). Kontribusi Kecerdasan Naturalis Anak Menurut Filosofi Jean Jacques Rousseau: Studi Literatur. PEDIR: Journal Elmentary Education, Vol. 1(2), 52–63.

Teriasi, R., Widyasari, Y., Supardi, J. S., Merdiasi, D., Apandie, C., & Sepniwati, L. (2022). Pendampingan Ekonomi Kreatif Bagi Komunitas Ibu Rumah Tangga. Jurnal Pengabdian Masyarakat (ABDIRA), 2(4), 1–9.

Timan Herdi Ginting, M., Colina, Y., & Haloho, O. (2022). Communautaire: Journal of Community Service Penerapan Media Pembelajaran Pop Up Book dalam Kurikulum Merdeka Belajar bagi Guru-Guru Paud. Communautaire: Journal of Community Service, 01(01).

Triadi, D., Pongoh, F. D., Wulan, R., Prihadi, S., Wadani, J., Natalia, L., Yusnani, Y., & Mandibondibo, W. (2022). PENINGKATAN KOMPETENSI SUMBER DAYA MANUSIA PADA ABAD 21 DI SMAN 1 PULANG PISAU. INTEGRITAS: Jurnal Pengabdian, 6(2), 418–430.

Triadi, D., Prihadi, S., Andin, T. T., Inriani, E., Colina, Y., Darnita, C. D., Petriana, P., Renita, S., Tesalonika, T., & Marajoko, M. (2022). Pemberdayaan Pemuda melalui Budi Daya Ikan Lele di Yayasan Borneo Bersinar Kalimantan Cemerlang. Jurnal Pengabdian Masyarakat (Abdira), 2(1). https://doi.org/10.31004/abdira.v2i1.50

Trisiana, R., Munte, A., Betaubun, C. A., & Malau, R. (2023). Perlukah Filsafat Ber-Lokalitas-Naratif di Sekolah Dasar?: Membingkai Sekat Pengasuhan Guru. Madako Elementary School, 2(1), 1–21.

Tumbol, S. (2020). Preaching Great Commission of the Book of Matthew 28: 18-20 in the Context of Indonesian Pluralism in Palangka Raya. Proceedings of the First International Conference on Christian and Inter Religious Studies, ICCIRS 2019, December 11-14 2019, Manado, Indonesia.

Utami, N. N. A. (2022). Penggunaan Fitur Bahasa Perempuan pada Novel Tempurung Karya Oka Rusmini. Diglosia: Jurnal Kajian Bahasa, Sastra, Dan Pengajarannya, 5(2), 327–340.

Valentino, Y., Jesika, N., Filistina, R., & Doo, A. (2023). Membaca Pandangan Filosof Gianni Vattimo dalam Pendidikan Agama Kristen di Indonesia. DIAJAR: Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran, 2(1), 49–56.

van Wynen, S. E., & Niemandt, C. J. P. (2020). Leading in the certainty of uncertain times. HTS Teologiese Studies / Theological Studies, 76(2). https://doi.org/10.4102/hts.v76i2.6114

Veronica, M. (2022). Pendidikan Konseling Kristianistik: Refleksi Kritis melalui Terang Henri Nouwen. Harati: Jurnal Pendidikan Kristen, 2(2), 184–198.

Veronica, M., & Munte, A. (2022). Pengalaman, Persepsi dan Imajinasi Filosof David Hume: Melihat Kembali Lensa Konseling Kristen di Indonesia. Jurnal Pendidikan Dan Konseling, 4(4), 1211–1216.

Veronika, R., Camelia, C., Febriliana, R., & Yapen, Y. E. (2023). DIGITAL LITERACY AS A SOCIAL MOBILIZATION AND LEARNING PLATFORM. SEIKAT: Jurnal Ilmu Sosial, Politik Dan Hukum, 2(3), 228–241.

Wainarisi, Y. O. R. (2021a). Menafsir Ulang Makna בּ֣וֹרְאֶ֔יךָ dalam Pengkotbah 12:1. Danum Pambelum: Jurnal Teologi Dan Musik Gereja, 1(1). https://doi.org/10.54170/dp.v1i1.32

Wainarisi, Y. O. R. (2021b). Meretas Ekslusivisme Kristen Tinjauan Eksposisi terhadap Kitab Yunus bagi Teologi Agama-agama. Lembaga Literasi Dayak.

Wainarisi, Y. O. R., & Tumbol, S. N. (2022a). Pergeseran Makna Sungai Kahayan bagi Masyarakat Dayak Ngaju di Desa Bukit Rawi Kabupaten Pulang Pisau. Journal of Moral and Civic Education, 6(1). https://doi.org/10.24036/8851412612022627

Wainarisi, Y. O. R., & Tumbol, S. N. (2022b). Perubahan Makna Teologis Sungai Kahayan Bagi Masyarakat Bukit Rawi. Manna Rafflesia, 9(1). https://doi.org/10.38091/man_raf.v9i1.273

Wainarisi, Y. O. R., Wilson, W., & Susanto, D. (2022). Pelatihan multimedia bagi jemaat gereja Kristen Evangelikal (GKE) Resort Bukit Bamba Kecamatan Kahayan Tengah. KACANEGARA Jurnal Pengabdian Pada Masyarakat, 5(2). https://doi.org/10.28989/kacanegara.v5i2.1188

Wainarisi, Y. O. R., Wilson, W., Telhalia, T., Aloysius, A., & Neti, N. (2023). MODERASI BERAGAMA DALAM PENDIDIKAN INKLUSIF GEREJA: PENGABDIAN KEPADA MASYARAKAT DI KEMENTERIAN AGAMA KABUPATEN BARITO TIMUR. JPKM: Jurnal Pengabdian Kesehatan Masyarakat, 4(1), 42–64.

Wersig, E. M., & Wilson-Smith, K. (2021). Identity in transition: an interpretative phenomenological analysis of international humanitarian workers’ experiences of returning home. Journal of International Humanitarian Action, 6(1). https://doi.org/10.1186/s41018-021-00091-x

Winaryo, S. (2020). EVALUASI PROGRAM PENYELENGGARAAN PENDIDIKAN BERKUALITAS DAN TERAKSES JENJANG PENDIDIKAN DASAR DI PROVINSI KALIMANTAN TENGAH. Equity In Education Journal, 2(1). https://doi.org/10.37304/eej.v2i1.1679

YUEL, S., Th, M., TERIASI, R., Th, S., & Setinawati, M. T. (2011). TUJUAN PAK DALAM MENUMBUHKAN IMAN SISWA REMAJA SMAN JABIREN 1.

Yulianingrum, T., & Mardiana, T. (2022). Analisis Karakter Disiplin Siswa Sekolah Dasar Pada Pembelajaran Tatap Muka Pasca Pandemi. Jurnal Pengajaran Sekolah Dasar, 1(1). https://doi.org/10.56855/jpsd.v1i1.81

Published

20-06-2023

Scite_ Smart Citation

Dimensions Citation

How to Cite

Selawaisa, S. (2023). Perjalanan-Singgah Guru Pendidikan Kristen dan Kerja-kerja disiplin di Kelas IPS Kota Palangka Raya. SIBERNETIK: Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran, 1(1), 72–88. https://doi.org/10.59632/sjpp.v1i1.37

Similar Articles

<< < 1 2 3 4 5 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.