Pengaruh Media Halang Rintang terhadap Peningkatan Jangkauan Smash dan Block pada Pembelajaran Bola Voli Kelas 6 SDN 1 dan 2 Karangpaningal

Authors

  • Gilang Maulana Praja Universitas Muhammadiyah Tasikmalaya
  • Rahmat Permana Universitas Muhammadiyah Tasikmalaya
  • Fajar Nugraha Universitas Muhammadiyah Tasikmalaya

DOI:

https://doi.org/10.59632/sjpp.v2i2.289

Keywords:

Media Halang Rintang, Jangkauan Smash dan Block, Pembelajaran Bola Voli

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya jangkauan siswa pada saat melakukan smash dan block pada pembelajaran bola voli. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui bagaimana pengaruh media halang rintang terhadap peningkatan jangkauan smash dan block. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kuantitatif, metode quasi eksperiment. Instrumen penelitian berpacu pada vertical jump test. Populasi dan sampel penelitian adalah peserta didik kelas VI SDN 1 dan 2 Karangpaningal yang berjumlah 38. Untuk posisi smash kelas kontrol memperoleh nilai rata-rata pre-test 30,11 cm dan nilai rata-rata post-test 31,05 cm, dengan persentase peningkatan 3,17 %, untuk kelas eksperimen memperoleh nilai rata-rata pre-test 30,58 cm dan nilai rata-rata post-test 32,95 cm, dengan persentase peningkatan 7,76 %. Sedangkan untuk posisi block kelas kontrol memperoleh nilai rata-rata pre-test 27,26 cm dan nilai rata-rata post-test 28,21 cm dengan persentase peningkatan 3,84 %, untuk kelas eksperimen memperoleh nilai rata-rata pre-test 27,16 cm dan nilai rata-rata post-test 28,42 cm, dengan persentase peningkatan 4,64 %. Dilihat dari persentase peningkatan, kelas eksperimen yang diberikan treatment menggunakan media halang rintang mengalami peningkatan yang lebih besar daripada kelas kontrol yang diberikan treatment tanpa menggunakan media halang rintang, sehingga media halang rintang ini efektif untuk meningkatkan jangkauan smash dan block pada pembelajaran bola voli kelas 6 SDN 1 dan 2 Karangpaningal.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Bagaskara, Bayu Adhitya, and Suharjana Suharjana. 2019. “Pengaruh Latihan Plyometric Box Jump Dan Plyometric Standing Jump Terhadap Kemampuan Vertical Jump Pada Atlet Klub Bola Voli.” Medikora 18(2): 64–69.

Baso, & Sekeon, S. A. (2018). Hubungan antara aktivitas fisik dengan kualitas tidur pada remaja di SMA Negeri 9 Manado. KESMAS: Jurnal Kesehatan Masyarakat Universitas Sam Ratulangi, 7(5

Batiurat, Wilhelmus, Yos Wandik, and Miftah Fariz Prima Putra. 2023. “Modifikasi Permainan Bolavoli Dalam Pendidikan Jasmani.” Multilateral : Jurnal Pendidikan Jasmani dan Olahraga 22(4): 272.

Bulqini, A. et al (2023). Plyometric hurdle jump training using beach sand media increases power and muscle strength in young adult males. Physical Education Theory and Methodology, 23(4), 531-536.

Diahratri, Khusnul. 2022. “Efektivitas Penggunaan Youtube Sebagai Media Belajar Mahasiswa Program Studi Pendidikan Informatika STKIP PGRI Pacitan. Skripsi. Pacitan.” Khusnul Diahratri.2022 5(3): 248–53.

Dr. Shoffan Shoffa, S.Pd., M.Pd., Dkk ii. 2018. “Media Pembelajaran.” Analytical Biochemistry 11(1): 1–5. http://link.springer.com

Famili, Restu. 2022. “Penerapan Model Problem Based Learning Pada Materi Mari Melaksanakan Salat Wajib Lima Waktu.” GUAU: Jurnal Pendidikan Profesi Guru Agama Islam 2(3): 201–8.

Kurniawati, putri. 2017. “Instrumen Pengumpulan Data.” Universitas Nusantara PGRI Kediri 01: 1–7.

L M Fauzi. et al . (2023). STATISTIK Panduan Praktis Analisis Data Penelitian Dengan Bantuan Ms. Excel dan SPSS 2

Mansur, M. F. N, & Rahman, A. A. (2024). Meningkatkan Gerak Lokomotor Melompat Melalui Permainan Halang Rintang. Gelanggang Olahraga: Jurnal Pendidikan Jasmani dan Olahraga (JPJO), 7(2), 408-417.

Martini, & Marzela, F. (2018). Pola Tidur yang Buruk Meningkatkan Risiko Hipertensi Poor Sleep Pattern Increases Risk of Hypertension. Jurnal Mkmi, 14(3), 297-303

Matrik Sulton Andara, Yulia Ratimiasih, and Maftukin Hudah. 2021. “Pembinaan Prestasi Cabang Olahraga Bola Voli Di Klub Bina Taruna Kota Semarang Tahun 2021.” STAND : Journal Sports Teaching and Development 2(1): 8–13.

Nani. 2024. “Penerapan Metode Projek Based Learning ( PjBL ) Berpengaruh Pada Motivasi Belajar Siswa Di Pembelajaran Menulis Tekseksposisi SMP N 1 Kadugede.” 2: 194–201.

Neni Isnaeni, and Dewi Hildayah. 2020. “Media Pembelajaran Dalam Pembentukan Interaksi Belajar Siswa.” Jurnal Syntax Transformation 1(5): 148–56.

Ningrum, M. A, & Hamidah, M. (2023). Meningkatkan Kemampuan Motorik Kasar melalui Permainan Halang Rintang pada Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 7(5), 5133-5142.

Permana, Rahmat. 2016. “Penguasaan Rangkaian Tes Kebugaran Jasmani Indonesia (TKJI) Melalui Diskusi Dan Simulasi (Kajian Pustaka Pemahaman Teori Dan Praktek TKJI Terhadap Mahasiswa PGSD UMTAS).” Refleksi Edukatika 6(2): 119–29.

Ramadhaniah, R., & Huriyati, E. (2014). Durasi tidur, asupan energi, dan aktivitas fisik dengan kejadian obesitas pada tenaga kesehatan puskesmas. Jurnal Gizi Klinik Indonesia, 11(2), 85-96

Ratminingsih, Ni Made. 2010. “Penelitian Eksperimental Dalam Pembelajaran Bahasa Kedua.” Prasi 6(11): 31–40.

Ritiauw, Samuel Patra. 2021. “Pedagogika: Jurnal Pedagogik Dan Dinamika Pendidikan.” 9(1): 272–78.

Rohmah, L., & Muhammad, H. N. (2021). Tingkat kebugaran jasmani dan aktivitas fisik siswa sekolah. Jurnal Universitas Negeri Surabaya, 9(01), 511-519.

Safitri, Andini Helmalia, Rukayah Rukayah, and Muhammad Amin. 2024. “Global Journal Education and Learning.” 1: 99–105.

Santoso, G.. (2023). Uji Paired Sample T Test. Jurnal Pendidikan Transformatif, 2(1), 91-99.

Santoso, S. (2020). Panduan lengkap SPSS 26. Elex Media Komputindo.

Sari, F, & Armanjaya, S. (2023). The Effect of Plyometric Box Jump and Hurdle Hopping Exercises on Limb Muscle Explosive Power in a High School Volleyball Team. JOURNAL RESPECS (Research Physical Education and Sports), 5(2), 411-417

Setiawati, S. (2016). Penggunaan kamus besar bahasa indonesia (kbbi) dalam pembelajaran kosakata baku dan tidak baku pada siswa kelas iv sd. Jurnal Gramatika: Jurnal Penelitian Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, 2(1), 44-51.

Sukestiyarno, Y. L., & Agoestanto, A. (2017). Batasan prasyarat uji normalitas dan uji homogenitas pada model regresi linear. Unnes Journal of Mathematics, 6(2), 168-177

Usmadi, U. (2020). Pengujian persyaratan analisis (Uji homogenitas dan uji normalitas). Inovasi Pendidikan, 7(1).

Widada, Renaldi Dimas Surya. 2018. “Pengaruh Latihan Halang Rintang Terhadap Power Otot Tungkai Peserta Ekstrakurikuler Futsal Putri Di SMA Negeri 1 Imogiri.” Analytical Biochemistry 11(1): 1–5.

Widiastuti. 2010. “Formulir Tes Kebugaran Jasmani Indonesia (TKJI).” Olahraga Kebugaran Jasmani 1200: 71–87.

Published

31-12-2024

How to Cite

Praja, G. M., Permana, R., & Nugraha, F. (2024). Pengaruh Media Halang Rintang terhadap Peningkatan Jangkauan Smash dan Block pada Pembelajaran Bola Voli Kelas 6 SDN 1 dan 2 Karangpaningal. SIBERNETIK: Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran, 2(2), 121–132. https://doi.org/10.59632/sjpp.v2i2.289