Peran WhatsApp Group dalam Meningkatkan Komunikasi Sosial di Madrasah Tsanawiyah Bustanul Ulum
DOI:
https://doi.org/10.59632/sjpp.v3i1.440Keywords:
WhatsApp Group, Komunikasi Sosial, Pendidikan Madrasah, Teknologi PendidikanAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis peran WhatsApp Group dalam meningkatkan komunikasi sosial di Madrasah Tsanawiyah Bustanul Ulum. Latar belakang penelitian ini berfokus pada pentingnya komunikasi yang efektif dalam lingkungan pendidikan, khususnya di madrasah yang memiliki karakteristik berbasis keislaman. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengeksplorasi bagaimana WhatsApp Group dapat mempercepat penyebaran informasi dan mempererat hubungan sosial antar siswa, guru, dan orang tua. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode studi kasus, di mana data dikumpulkan melalui wawancara mendalam dengan satu guru wali kelas dan 15 siswa, serta observasi aktivitas grup WhatsApp sekolah. Hasil penelitian menunjukkan bahwa WhatsApp Group berfungsi sebagai media yang efektif dalam penyebaran informasi akademik dan non-akademik, serta meningkatkan interaksi sosial antar warga sekolah. Penggunaan WhatsApp yang terstruktur dan etis menjadi faktor kunci dalam efektivitas komunikasi ini. Simpulan penelitian ini adalah WhatsApp Group telah berhasil meningkatkan komunikasi sosial di madrasah. Saran untuk sekolah adalah untuk mengatur waktu penggunaan WhatsApp Group yang lebih terstruktur, seperti membatasi percakapan pada jam-jam tertentu, agar tidak mengganggu kegiatan belajar mengajar atau waktu pribadi siswa dan guru. Hal ini dapat membantu menjaga keseimbangan antara komunikasi sosial dan kebutuhan belajar.
Downloads
References
Dewi, N. P., & Laelasari, I. 2020.). Penerapan pembelajaran IPA daring berbasis WhatsApp Group untuk siswa Madrasah Ibtidaiyyah di tengah pandemi COVID-19. https://doi.org/10.21043/jp.v14i2
Hartatik, F., Hernina, I., & Lestari, D. (2021). Penggunaan WhatsApp sebagai media komunikasi pembelajaran Bahasa Inggris. Nomosleca: Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Bahasa Indonesia, 7(1). https://doi.org/10.26905/nomosleca
Khoiriyah, N., Ula, Z., Fauziyah, Y., Anbiya, B. F., & Pendidikan Agama Islam. (2023). Analisis pemanfaatan aplikasi WhatsApp sebagai alat komunikasi guru dan siswa dalam pembelajaran: Perspektif guru Pendidikan Agama Islam. Jurnal Taklim, 21(1). https://ejournal.upi.edu/index.php/taklim
Lee, C. E., Chern, H. H., & Azmir, D. A. (2023). WhatsApp use in a higher education learning environment: Perspective of students of a Malaysian private university on academic performance and team effectiveness. Education Sciences, 13(3), 244. https://doi.org/10.3390/educsci13030244
Magister Pendidikan, Universitas Kristen Wacana Sumba. (n.d.). Pendekatan penelitian pendidikan: Metode penelitian kualitatif, metode penelitian kuantitatif dan metode penelitian kombinasi (mixed method).
Mbada, C. E., Jeje, O. O., Akande, M., Mbada, K. A., Fatoye, C., Olakorede, D., Awoniyi, O., Okafor, U. A. C., Falade, O., & Fatoye, F. (2023). Social presence and dynamics of group communication: An analysis of a health professionals WhatsApp group chats. PLOS ONE, 18(7), e0288773. https://doi.org/10.1371/journal.pone.0288773
Nurdin, N., Nurliana, N., & Mashuri, S. (2022). Online Islamic religious education learning during COVID-19 pandemic. International Journal of Contemporary Islamic Education, 4(1). https://doi.org/10.1016/j.iheduc.2010.07
Sadikin, A., & Hamidah, A. (2020). Pembelajaran daring di tengah wabah COVID-19. BIODIK: Jurnal Ilmiah Pendidikan Biologi, 6(2), 214–224. https://doi.org/10.22437/bio.v6i2.9759
Safira, I., Luthfi, M., Syaroh, M., & Lubis, I. (2022). Pengaruh penggunaan WhatsApp dalam kegiatan pembelajaran terhadap prestasi belajar di masa pandemi (Studi kasus dilakukan pada siswa kelas IX Madrasah Tsanawiyah Al-Wasliyah Jalan Tanjung Mulia Medan). Jurnal Network Media, 5(2), 2569–6446.
Ziden, A. A., Rahman, M. F. A., & Ching, T. W. (2020). Exploring the use of mobile instant messaging for parent-teacher communication. International Journal of Interactive Mobile Technologies (iJIM), 14(4), 152–165. https://doi.org/10.3991/ijim.v14i04.12403
Downloads
Published
Scite_ Smart Citation
Dimensions Citation
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 M.Fahrul Muchlis, Diaz Sari, Sepri Rahmad Jeki Irwan, Very Heriansyah

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Penulis yang mempublikasikan naskahnya pada SIBERNETIK: Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran menyetujui ketentuan berikut: Hak cipta atas artikel apapun pada ABDI UNISAP: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat dipegang penuh oleh penulisnya di bawah Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License dengan ketentuan sebagai berikut:
- Penulis mengakui bahwa SIBERNETIK: Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran berhak sebagai jurnal yang mempublikasikan pertama kali dengan lisensi Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
- Penulis dapat memasukan tulisan secara terpisah, mengatur distribusi non-ekskulif dari naskah yang telah terbit di jurnal ini ke dalam versi yang lain (misal: dikirim ke respository institusi penulis, publikasi ke dalam buku, dll), dengan mengakui bahwa naskah telah terbit pertama kali pada SIBERNETIK: Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran.
- Pembaca diperbolehkan mengunduh, menggunakan, dan mengadopsi isi artikel selama mengutip artikel dengan menyebutkan judul, penulis, dan nama jurnal ini. Pengutipan tersebut dilakukan demi kemajuan ilmu pengetahuan dan kemanusiaan serta tidak boleh melanggar hukum yang berlaku.





