Pengaruh Metode Eksperimen terhadap Keterampilan Proses Sains Rambatan Warna Anak Usia 4-5 Tahun di TK Al Ghoniya Malang

Authors

  • Ulin Nuha Universitas Negeri Malang
  • Tomas Iriyanto Universitas Negeri Malang
  • I Wayan Sutama Universitas Negeri Malang
  • I Wayan Sutama Universitas Negeri Malang

DOI:

https://doi.org/10.59632/sjpp.v2i1.266

Keywords:

Metode Eksperimen, Keterampilan Proses Sains, Rambatan Warna, TK Al Ghoniya Malang

Abstract

Pentingnya pembelajaran sains bagi anak sebagai upaya meningkatkan berbagai aspek perkembangannya. Pada dasarnya pengetahuan anak perlu dibangun melalui pengalaman langsung sehingga dipilih metode sains untuk meningkatkan keterampilan proses sains. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan pengaruh metode eksperimen terhadap keterampilan proses sains pada materi rambatan warna. Kenyataan di lapangan menunjukkan bahwa keterampilan proses sains anak masih tergolong belum berkembang. Subjek penelitian ini adalah 15 anak di TK Al Ghoniya Malang dengan menggunakan metode eksperimen one group pre test post test sehingga dapat diketahui ada pengaruh atau tidak penerapan metode eksperimen terhadap keterampilan proses sains anak. Instrumen yang digunakan adalah skala likert berupa lembar observasi ceklis dengan teknik analisis data uji validitas konstruk dan uji reliabilitas. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh penerapan metode eksperimen terhadap keterampilan sains anak usia 4-5 tahun di TK Al Ghoniya Malang. Hal ini menunjukkan bahwa ada perbedaan signifikan antara sebelum dan sesudah menggunakan metode eksperimen terhadap keterampilan proses anak usia dini.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Aziz, Asri dan Supriyadi, Edi. (2022). Upaya Memberikan Informasi Kepada Siswa Terhadap Bimbingan Dan Konseling Melalui Layanan Bimbingan Klasikal Bagi Seluruh Siswa SMP Islam Nurul Yaqin. Papanda Jounal of Mathematics and Sciences Research. Vol 1. No 1. Hal 15-24.

Ferdiansyah, Muhammad dan Noverina, Ramadhona. (2018). Implementasi Permendikbud No. 111 Tahun 2014 Tentang Bimbingan dan Konseling Di Sekolah Dasar dan Menengah dalam Perbaikan Kualitas Materi Perkuliahan. Jurnal Wahana Konseling. Vol 1. No 2. Hal 45-55

Mukhtar, dkk. (2016). Program Layanan Bimbingan Klasikal Untuk Meningkatkan Self-Control Siswa. Psikopedagogia. Vol 5. No 1. Hal 1-16.

Panduan Operasional Penyelenggaraan Bimbingan dan Konseling Sekolah Menengah Pertama (SMP). (2016). Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Direktorat Jenderal Guru dan Tenaga Kependidikan.

Rahmi, Siti, dkk. (2021). Pelaksanaan Layanan Klasikal, Layanan Penempatan dan Penyaluran. Surabaya: CV. Kanaka Media

Rismawati. (2015). Pelaksanaan Layanan Klasikal Bimbingan Dan Konseling di SMP Negeri 3 Kandangan. Jurnal Mahasiswa BK An-Nur. Vol.1. No.1. Hal 64-74

Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Published

22-06-2024

How to Cite

Nuha, U., Iriyanto, T., Sutama, I. W., & Sutama, I. W. (2024). Pengaruh Metode Eksperimen terhadap Keterampilan Proses Sains Rambatan Warna Anak Usia 4-5 Tahun di TK Al Ghoniya Malang. SIBERNETIK: Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran, 2(1), 14–22. https://doi.org/10.59632/sjpp.v2i1.266