Pengaruh Metode Eksperimen terhadap Keterampilan Proses Sains Rambatan Warna Anak Usia 4-5 Tahun di TK Al Ghoniya Malang
DOI:
https://doi.org/10.59632/sjpp.v2i1.266Keywords:
Metode Eksperimen, Keterampilan Proses Sains, Rambatan Warna, TK Al Ghoniya MalangAbstract
Pentingnya pembelajaran sains bagi anak sebagai upaya meningkatkan berbagai aspek perkembangannya. Pada dasarnya pengetahuan anak perlu dibangun melalui pengalaman langsung sehingga dipilih metode sains untuk meningkatkan keterampilan proses sains. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan pengaruh metode eksperimen terhadap keterampilan proses sains pada materi rambatan warna. Kenyataan di lapangan menunjukkan bahwa keterampilan proses sains anak masih tergolong belum berkembang. Subjek penelitian ini adalah 15 anak di TK Al Ghoniya Malang dengan menggunakan metode eksperimen one group pre test post test sehingga dapat diketahui ada pengaruh atau tidak penerapan metode eksperimen terhadap keterampilan proses sains anak. Instrumen yang digunakan adalah skala likert berupa lembar observasi ceklis dengan teknik analisis data uji validitas konstruk dan uji reliabilitas. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh penerapan metode eksperimen terhadap keterampilan sains anak usia 4-5 tahun di TK Al Ghoniya Malang. Hal ini menunjukkan bahwa ada perbedaan signifikan antara sebelum dan sesudah menggunakan metode eksperimen terhadap keterampilan proses anak usia dini.Downloads
References
Aziz, Asri dan Supriyadi, Edi. (2022). Upaya Memberikan Informasi Kepada Siswa Terhadap Bimbingan Dan Konseling Melalui Layanan Bimbingan Klasikal Bagi Seluruh Siswa SMP Islam Nurul Yaqin. Papanda Jounal of Mathematics and Sciences Research. Vol 1. No 1. Hal 15-24.
Ferdiansyah, Muhammad dan Noverina, Ramadhona. (2018). Implementasi Permendikbud No. 111 Tahun 2014 Tentang Bimbingan dan Konseling Di Sekolah Dasar dan Menengah dalam Perbaikan Kualitas Materi Perkuliahan. Jurnal Wahana Konseling. Vol 1. No 2. Hal 45-55
Mukhtar, dkk. (2016). Program Layanan Bimbingan Klasikal Untuk Meningkatkan Self-Control Siswa. Psikopedagogia. Vol 5. No 1. Hal 1-16.
Panduan Operasional Penyelenggaraan Bimbingan dan Konseling Sekolah Menengah Pertama (SMP). (2016). Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Direktorat Jenderal Guru dan Tenaga Kependidikan.
Rahmi, Siti, dkk. (2021). Pelaksanaan Layanan Klasikal, Layanan Penempatan dan Penyaluran. Surabaya: CV. Kanaka Media
Rismawati. (2015). Pelaksanaan Layanan Klasikal Bimbingan Dan Konseling di SMP Negeri 3 Kandangan. Jurnal Mahasiswa BK An-Nur. Vol.1. No.1. Hal 64-74
Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Penulis yang mempublikasikan naskahnya pada SIBERNETIK: Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran menyetujui ketentuan berikut: Hak cipta atas artikel apapun pada ABDI UNISAP: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat dipegang penuh oleh penulisnya di bawah Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License dengan ketentuan sebagai berikut:
- Penulis mengakui bahwa SIBERNETIK: Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran berhak sebagai jurnal yang mempublikasikan pertama kali dengan lisensi Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
- Penulis dapat memasukan tulisan secara terpisah, mengatur distribusi non-ekskulif dari naskah yang telah terbit di jurnal ini ke dalam versi yang lain (misal: dikirim ke respository institusi penulis, publikasi ke dalam buku, dll), dengan mengakui bahwa naskah telah terbit pertama kali pada SIBERNETIK: Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran.
- Pembaca diperbolehkan mengunduh, menggunakan, dan mengadopsi isi artikel selama mengutip artikel dengan menyebutkan judul, penulis, dan nama jurnal ini. Pengutipan tersebut dilakukan demi kemajuan ilmu pengetahuan dan kemanusiaan serta tidak boleh melanggar hukum yang berlaku.