Pengembangan Permainan Marble Adventure untuk Menstimulasi Kemampuan Mengenal Pola Geometri pada Anak Usia 5-6 Tahun
DOI:
https://doi.org/10.59632/sjpp.v2i1.267Keywords:
Marble Adventure, Pola Geometri, Anak Usia 5-6 TahunAbstract
Matematika sangat penting dalam kehidupan sehari-hari, melibatkan berbagai aspek seperti angka, pola, dan bentuk. Pengenalan konsep matematika sebaiknya dimulai sejak usia dini, terutama pada usia 0-6 tahun. Pemahaman pola, seperti menyalin, membuat, dan memperpanjang pola, adalah keterampilan kunci yang perlu dikembangkan untuk membangun intelektual anak dan mempersiapkan mereka untuk pembelajaran di masa depan. Penelitian ini mengidentifikasi rendahnya kemampuan anak-anak dalam memahami pola geometri di TK Bangkit, TK PKK VIII, dan TK Martopuro III di Kabupaten Pasuruan. Anak-anak kesulitan menyebut dan membedakan bentuk geometri seperti segitiga dan persegi, serta mengidentifikasi benda-benda yang terkait dengan geometri. Fenomena ini disebabkan oleh penggunaan media pembelajaran yang kurang efektif. Tujuan penelitian ini adalah mengembangkan permainan *Marble Adventure* yang layak untuk meningkatkan pemahaman geometri pada anak usia 5-6 tahun. Penelitian menggunakan model ADDIE dan melibatkan 30 anak dalam uji coba. Hasil validasi menunjukkan bahwa *Marble Adventure* sangat baik dengan persentase ahli permainan dan materi mencapai 96,66%, dan uji coba kelompok kecil serta besar 100%. Produk ini dinyatakan sangat layak untuk digunakan dalam pembelajaran geometri pada anak usia dini.Downloads
References
Afni, R. N., Mulyana, E. H., & Rahman, T. (2021). Pengembangan media pembelajaran berbasis android untuk memfasilitasi pengenalan bentuk geometri pada anak usia dini. Jurnal PAUD Agapedia, 5(1), 22–34.
Aisyah, Eni Nur, Tomas Iriyanto, Wuri Astuti, dan Evania Yafie. 2019. “Pengembangan Alat Permainan Ritatoon Tentang Binatang Peliharaan Sebagai Media Stimulasi Kemampuan Kognitif Anak Usia Dini.” Jurnal Kajian Teknologi Pendidikan 2(3):174–80.
Anditasari, R., Martutik, M., & Andajani, K. (2018). Pengembangan media berbasis permainan edukatif pada pembelajaran menulis teks deskripsi. State University of Malang.
Andriyani, M. (2015). Meningkatkan kemampuan mengenal bentuk bentuk-bentuk geometri datar melalui permainan tradisional gotri legendri pada anak kelas B TK Sunan Kalijaga. Jurnal Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini, 4(8), 8. http://journal.student.uny.ac.id/ojs/index.php/pgpaud/article/view/390
Ano, A. K., Mandagi, M. O., & Lengkong, J. (2023). Meningkatkan Kemampuan Mengenal Bentuk Geometri Melalui Alat Permainan Edukatif Tangram Di TK Reramoi Lolori Kecamatan Jailolo Kabupaten Halmahera Barat. Jurnal Pendidikan Indonesia, 4(7), 697–708. https://doi.org/10.59141/japendi.v4i7.2035
Arvy, B. R. (2023). Pengenalan Pola pada Anak Usia Dini : Rancangan Tugas dan Aktivitas Pendukung. Jurnal on Education, 06(01), 10019–10029.
Astrid, A., Kurnia, R., & Chairilsyah, D. (2021). PAUD Lectura: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, Vol 5, No 1, Oktober 2021. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(1), 23–34. https://doi.org/10.31849/paud-lectura.v4i02.7008
Ayuni, Yasmin Reza Putri. (2022). Pengembangan Buku Panduan Konsep Pola untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Logis Anak Usia 5-6 Tahun. JP2KG AUD (Jurnal Pendidikan, Pengasuhan, Kesehatan dan Gizi Anak Usia Dini), 3(2), 155–172. https://doi.org/10.26740/jp2kgaud.2022.3.2.155-172
Chairuna, U., Novita, R., & Amelia, R. (2019). EFEKTIVITAS PENGGUNAAN MEDIA SATE BUAH PADA PENGENALAN BENTUK GEOMETRI ANAK USIA 5-6 TAHUN DI KELOMPOK B TK SAVE THE KIDS BANDA ACEH. 6(2), 283–292.
Citrowati, E. (2019). Penerapan Konsep Geometri dalam Mengembangkan Logika Matematika di TK Melati Kabupaten Pasaman Barat Tahun 2018. JurnaJ Penelitian
dan Kajian Ilmu, XIII(5), 124. https://jurnal.umsb.ac.id/index.php/menarailmu/article/view/1397
Ekaningtias, M., & Nunung, S. (2019). JUPE: Jurnal Pendidikan Mandala. JUPE: Jurnal Pendidikan Mandala, 4(5), 276–280. http://ejournal.mandalanursa.org/index.php/JUPE/index
Faoziyah, N., & Dalimarta, F. F. (2024). Mengenalkan Matematika Yang Menyenangkan Bagi Anak Usia Dini. 2(3), 549–554.
Harahap, R. A. S. (2022). Mengembangkan kreativitas anak usia dini melalui bermain. Jurnal Pendidikan dan Konseling (JPDK), 4(5), 625–630.
Hernawati, Nurhaedah, & Rahmatiah. (2022). Meningkatkan Kemampuan Kognitif Anak Melalui Kegiatan Menyusun Bentuk Geometri Dengan Berbagai Pola. Profesi Kependidikan, 3(2), 1–6.
Hidayat, H., Delviana, D., Fauziah, D. F., & Yuniar, M. (2021). Pengembangan Kreatifitas Anak Usia Dini Melalui Bentuk Geometri di Era Digital. Aulad: Journal on Early Childhood, 4(1), 16–21. https://doi.org/10.31004/aulad.v4i1.85
Humairoh, A., Mustika, N., & Wandani, R. R. (2023). Kepentingan Geometri Dasar Untuk Sekolah Dasar. Jurnal Ilmiah Multidisiplin, 1(2), 351–355.
Iriyanto, Tomas, Eny Nur Aisyah, dan Nur Anisa. 2021. “Studi Kasus Perilaku Temper Tantrum Anak Usia 5 Tahun Di Tk Laboratorium Universitas Negeri Malang.” in Seminar Nasional Jurusan Pendidikan Luar Biasa Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Malang.
Khadijah. (2016). Pengembangan Kognitif Anak Usia Dini. https://www.google.com/url?sa=t&source=web&rct=j&url=https://core.ac.uk/download/pdf/53037014.pdf&ved=2ahUKEwjO79-u9vHrAhVLfSsKHYWkCSgQFjAAegQIAxAB&usg=AOvVaw0_S_abnQpYEkF4FJ8At0XT
Kholida, A., Sutama, I. W., & Suryadi, S. (2020). Pengembangan Alat Permainan Kartu U-Kids (Uno Kids) Untuk Menstimulasi Kecerdasan Logis-Matematis Anak Usia 5-6 Tahun. Cakrawala Dini: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 11(2), 76–87. https://doi.org/10.17509/cd.v11i2.24854
Kurniawati, N. (2020). Pengembangan mengenal bentuk geometri melalui media bahan alam kardus bekas di PAUD. CERIA (Cerdas Energik Responsif Inovatif Adaptif), 3(Vol 3, No 1 (2020): Volume 3 Nomor 1, Januari 2020), 28–33. https://journal.ikipsiliwangi.ac.id/index.php/ceria/article/view/3453
Kusuma Cahyani Tesya, & Heni, L. (2021). Pengembangan Pembuatan APE bagi Anak Usia Dini. Prenada Media Group.
KW.Lestari. (2011). KONSEP MATEMATIKA ANAK USIA DINI (22 ed.). http://repositori.kemdikbud.go.id/id/eprint/575
Lestari, O. I., Adjie, N., & Dewi, F. (2022). Penggunaan Aplikasi Marbel Bentuk Untuk Meningkatkan Pemahaman Bentuk Geometri Pada Anak Usia Dini. Prosiding Seminar Nasional PGPAUD UPI Kampus Purwakarta, 1(1), 1–6. http://proceedings2.upi.edu/index.php/semnaspgpaudpwk/article/view/1756%0Ahttp://proceedings2.upi.edu/index.php/semnaspgpaudpwk/article/downl
Lubis, M. Y. (2019). Mengembangkan sosial emosional anak usia dini melalui bermain. Generasi Emas, 2(1), 47–58.
Lubis, N. A., & Umar, A. (2022). Pengenalan Konsep Matematika pada Anak Usia Dini. Seulanga : Jurnal Pendidikan Anak, 3(1), 53–61. https://doi.org/10.47766/seulanga.v3i1.429
Naylul, T. K., Makassar, I., Selatan, S., Ilmu, F., & Universitas, P. (2021). Peningkatan Kemampuan Matematika Anak Melalui Permainan Bentuk Geometri di TK Naylul Ilmi Makassar Sulawesi Selatan. 3(4), 25–30.
Nurhafizah, N. (2018). Pelatihan pembuatan media pembelajaran anak usia dini menggunakan bahan sisa. Early Childhood: Jurnal Pendidikan, 2(2b), 44–53.
Nurjani, Y. Y., & Jubaedah, E. (2020). Pengenalan Bentuk Geometri Melalui Metode Bermain Permainan Tradisional Sondah Bagi Anak Usia Dini. Journal of SPORT (Sport, Physical Education, Organization, Recreation, and Training), 4(1), 22–29. https://doi.org/10.37058/sport.v4i1.1557
Pratiwi, W. (2017). Konsep bermain pada anak usia dini. TADBIR: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 5(2), 106–117.
Purba, H. T. B., Kartono, K., & Ghasya, D. A. V. (2023). Pengembangan Media Pembelajaran 3D Berbasis Microsoft Powerpoint Materi the Earth and Beyond Kelas V. Fondatia, 7(2), 340–355. https://doi.org/10.36088/fondatia.v7i2.3414
Putro, K. Z. (2016). Mengembangkan kreativitas anak melalui bermain. Aplikasia: Jurnal Aplikasi Ilmu-Ilmu Agama, 16(1), 19–27.
Santoso, G., Anissa, A. S., Rosha, M., Hurriyah, N., & Gamaria, H. (2023). Jurnal Pendidikan Transformatif ( JPT ) Eksplorasi Matematika : Teori dan Penerapannya Jurnal Pendidikan Transformatif ( JPT ). 02(05), 8–16.
Saputra, A. (2019). Permainan Edukatif Untuk Anak Usia Dini. PELANGI: Jurnal Pemikiran dan Penelitian Islam Anak Usia Dini, 1(1), 102–113. https://doi.org/10.52266/pelangi.v1i1.283
Sistiarini, R. D. (2021). Pengembangan Permainan Sirkuit Animove Untuk Menstimulasi Kemampuan Motorik Kasar Anak Usia 5-6 Tahun. AWLADY : Jurnal Pendidikan Anak, 7(1), 46. https://doi.org/10.24235/awlady.v7i1.6837
Siswono, T. Y. E. (2016). Berpikir kritis dan berpikir kreatif sebagai fokus pembelajaran matematika. Seminar Nasional Matematika Dan Pendidikan Matematika (Senatik 1), 11–26.
Siti Nur Hayati, & Putro, K. Z. (2021). Bermain Dan Permainan Anak Usia Dini. Generasi Emas, 4(1), 52–64. https://doi.org/10.25299/jge.2021.vol4(1).6985
Sugiyono. (2011). METODE PENELITIAN KUANTITATIF,KUALITATIF,DAN R&D. Alfabeta.
Sugiyono. (2014). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif,Kualitatif,dan R&D. Alfabeta.
Sum, T. A., & Taran, E. G. M. (2020). Kompetensi pedagogik Guru PAUD dalam perencanaan dan Pelaksanaan Pembelajaran. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 4(2), 543–550.
Susanto, N. (2017). Hakikat Dan Signifikansi Permainan. Jendela Olahraga, 2(1), 99–104. https://doi.org/10.26877/jo.v2i1.1287
Suwendra I Wayan. (2018). Metodologi Penelitian Kualitatif dalam Ilmu Sosial, Pendidikan, Kebudayaan (M. L. Arya (ed.)). Nilacakra.
Syariah, K. B., & Ilmu, G. (n.d.). METODE PENELITIAN KUANTITATIF (Nomor september 2016).
Vivien Pitriani, N. R., Wahyuni, I. G. A. D., & Gunawan, I. K. P. (2021). Penerapan Model Addie Dalam Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Menggunakan Lectora Inspire Pada Program Studi Pendidikan Agama Hindu. Cetta: Jurnal Ilmu Pendidikan, 4(3), 515–532. https://doi.org/10.37329/cetta.v4i3.1417
Wulan, F. (2023). PERKEMBANGAN KOGNITIF ANAK USIA DINI. Feniks Muda Sejahtera
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Brian Pramesti Riswanda, Tomas Iriyanto, Nur Anisa
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Penulis yang mempublikasikan naskahnya pada SIBERNETIK: Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran menyetujui ketentuan berikut: Hak cipta atas artikel apapun pada ABDI UNISAP: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat dipegang penuh oleh penulisnya di bawah Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License dengan ketentuan sebagai berikut:
- Penulis mengakui bahwa SIBERNETIK: Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran berhak sebagai jurnal yang mempublikasikan pertama kali dengan lisensi Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
- Penulis dapat memasukan tulisan secara terpisah, mengatur distribusi non-ekskulif dari naskah yang telah terbit di jurnal ini ke dalam versi yang lain (misal: dikirim ke respository institusi penulis, publikasi ke dalam buku, dll), dengan mengakui bahwa naskah telah terbit pertama kali pada SIBERNETIK: Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran.
- Pembaca diperbolehkan mengunduh, menggunakan, dan mengadopsi isi artikel selama mengutip artikel dengan menyebutkan judul, penulis, dan nama jurnal ini. Pengutipan tersebut dilakukan demi kemajuan ilmu pengetahuan dan kemanusiaan serta tidak boleh melanggar hukum yang berlaku.