Efektivitas Aplikasi Marbel terhadap Perkembangan Kemampuan Membaca Anak Usia 5–6 Tahun

Authors

  • Rizqi Nur Fajriyah Firdyanisa Universitas Negeri Malang
  • Ahmad Samawi Universitas Negeri Malang
  • Rosyi Damayani Twinsari Maningtyas Universitas Negeri Malang

DOI:

https://doi.org/10.59632/sjpp.v2i2.330

Keywords:

Efektivitas, Aplikasi Marbel, Kemampuan Membaca

Abstract

Perkembangan bahasa ialah suatu aspek penting dalam proses tumbuh kembang anak dan proses pembelajarannya sangat wajib diperhatikan, salah satunya yaitu kemampuan membaca. Menurut hasil pra-penelitian, ternyata masih terdapat beberapa anak berusia 5 – 6 tahun yang kemampuan membacanya masih belum optimal, seperti belum mampu mengingat huruf alfabet, belum lancar membaca suku kata, dan sebagainya. Oleh sebab itu, perlu diterapkan pembelajaran interaktif untuk meningkatkan kemampuan membaca anak melalui pemanfaatan game edukasi yaitu aplikasi Marbel. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis efektivitas aplikasi Marbel terhadap perkembangan kemampuan membaca anak usia 5 – 6 tahun. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan metode penelitian kuantitatif pre-experimental design berupa One-Group Pretest-Posttest Design, serta analisis uji hipotesis Wilcoxon Signed Test. Populasi berjumlah 24 anak yang selanjutnya diambil sampel sebanyak 10 anak dengan menggunakan teknik nonprobability purposive sampling. Instrumen penelitian berupa lembar asesmen dan lembar observasi asesmen pra-post intervensi skala likert dengan format checklist. Hasil penelitian menunjukkan bahwa rerata skor asesmen post-intervensi yang nilainya jauh lebih tinggi daripada asesmen pra-intervensi. Kesimpulannya adalah penggunaan aplikasi Marbel terbukti efektif terhadap perkembangan kemampuan membaca anak usia 5 – 6 tahun.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Ahmad Rohani. (1997). Media Instruksional Edukatif. Jakarta: Rineka Cipta.

Ahmad Susanto. 2014. Teori Belajar dan Pembelajaran di Sekolah Dasar. Jakarta: Kencana Prenada Media Grup.

Aisyah Fadilah, K., dkk. 2023. Pengertian Media, Tujuan, Fungsi, Manfaat dan Urgensi Media Pembelajaran. Journal of Student Research (JSR) Vol. 1, No.2

Cecep Kustandi, Daddy Darmawan. (2020). Pengembangan Media Pembelajaran: Konsep & Aplikasi Pengembangan Media Pembelajaran bagi Pendidik di Sekolah dan Masyarakat. Jakarta: Kencana

Depdiknas. (2006). Undang-undang Guru dan Dosen serta standar Nasional Pendidikan Tahun 2005. Jakarta: Penerbit CV Tamita Utama.

Fikri, H., Madona, S. A. (2018). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Multimedia Interaktif. Yogyakarta: Penerbit Samudra Biru

Jafar, M. I., & Sawerigading, U. (2021). Pengaruh Penggunaan Media Interaktif Animasi Terhadap Minat Belajar Matematika Siswa SD di Kabupaten Pangkajene dan Kepulauan. Jurnal Pendidikan 11(1), 251–262.

Jamil Sya’ban. (2016). Permainan Cerdas dan Kreatif. Jakarta: Penebar Plus

Kemdikbud. (2018). Permendikbud No 37 tahun 2018 tentang perubahan atas permendikbud No. 24 Tahun 2016 tentang kompetensi Inti dan Kompetensi Dasar Sekolah Dasar/Madrasah Ibtidaiyah. Jakarta: Kemdikbud.

Korompot, S., Rahim, M., & Pakaya, R. (2020). Persepsi Siswa Tentang Faktor yang Mempengaruhi Minat Belajar. JAMBURA Guidance and Counseling Journal, 1(1), 40–48. https://doi.org/10.37411/jgcj.v1i1.136

Vira Fransiska, Sukmawarti. (2021). Pengembangan Media Puzzle Berbantu Powerpoint Pada Materi Pecahan Di SD. Journal Pusdikra Volume 1, Nomor 1

Rosiana Khomsoh. (2018). Penggunaan Media Puzzle Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Dalam Pembelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial di Sekolah. Jurnal Mahasiswa Unesa Vol. 2 No. 2, http://jurnalmahasiswa.unesa.ac.idindex.php/jurnal-penelitian- pgsd/article/view/3119

Santika, D., Sutisnawati, A., & Uswatun, D. A. (2020). Analisis Minat Belajar Siswa Pada Proses Pembelajaran Daring Di Kelas Va SDN Lembursitu. Junnal DIKDAS Vol 2 No 2

Yudha, Army Nur. (2017). Peningkatan Hasil Belajar Matematika Melalui Discovery Learning Berbantuan Talking Stick Siswa Kelas 2 SD. Skripsi. Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar FKIP-UKSW

Yunitasari, R., & Hanifah, U. (2020). Pengaruh Pembelajaran Daring terhadap Minat Belajar Siswa pada Masa COVID-19. Jurnal Ilmu Pendidikan Edukatif 2(3), 232–243.

Published

31-12-2024

How to Cite

Firdyanisa, R. N. F., Samawi, A., & Maningtyas, R. D. T. (2024). Efektivitas Aplikasi Marbel terhadap Perkembangan Kemampuan Membaca Anak Usia 5–6 Tahun. SIBERNETIK: Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran, 2(2), 99–108. https://doi.org/10.59632/sjpp.v2i2.330