Efektivitas Aplikasi Marbel terhadap Perkembangan Kemampuan Membaca Anak Usia 5–6 Tahun
DOI:
https://doi.org/10.59632/sjpp.v2i2.330Keywords:
Efektivitas, Aplikasi Marbel, Kemampuan MembacaAbstract
Perkembangan bahasa ialah suatu aspek penting dalam proses tumbuh kembang anak dan proses pembelajarannya sangat wajib diperhatikan, salah satunya yaitu kemampuan membaca. Menurut hasil pra-penelitian, ternyata masih terdapat beberapa anak berusia 5 – 6 tahun yang kemampuan membacanya masih belum optimal, seperti belum mampu mengingat huruf alfabet, belum lancar membaca suku kata, dan sebagainya. Oleh sebab itu, perlu diterapkan pembelajaran interaktif untuk meningkatkan kemampuan membaca anak melalui pemanfaatan game edukasi yaitu aplikasi Marbel. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis efektivitas aplikasi Marbel terhadap perkembangan kemampuan membaca anak usia 5 – 6 tahun. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan metode penelitian kuantitatif pre-experimental design berupa One-Group Pretest-Posttest Design, serta analisis uji hipotesis Wilcoxon Signed Test. Populasi berjumlah 24 anak yang selanjutnya diambil sampel sebanyak 10 anak dengan menggunakan teknik nonprobability purposive sampling. Instrumen penelitian berupa lembar asesmen dan lembar observasi asesmen pra-post intervensi skala likert dengan format checklist. Hasil penelitian menunjukkan bahwa rerata skor asesmen post-intervensi yang nilainya jauh lebih tinggi daripada asesmen pra-intervensi. Kesimpulannya adalah penggunaan aplikasi Marbel terbukti efektif terhadap perkembangan kemampuan membaca anak usia 5 – 6 tahun.
Downloads
References
Ahmad Rohani. (1997). Media Instruksional Edukatif. Jakarta: Rineka Cipta.
Ahmad Susanto. 2014. Teori Belajar dan Pembelajaran di Sekolah Dasar. Jakarta: Kencana Prenada Media Grup.
Aisyah Fadilah, K., dkk. 2023. Pengertian Media, Tujuan, Fungsi, Manfaat dan Urgensi Media Pembelajaran. Journal of Student Research (JSR) Vol. 1, No.2
Cecep Kustandi, Daddy Darmawan. (2020). Pengembangan Media Pembelajaran: Konsep & Aplikasi Pengembangan Media Pembelajaran bagi Pendidik di Sekolah dan Masyarakat. Jakarta: Kencana
Depdiknas. (2006). Undang-undang Guru dan Dosen serta standar Nasional Pendidikan Tahun 2005. Jakarta: Penerbit CV Tamita Utama.
Fikri, H., Madona, S. A. (2018). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Multimedia Interaktif. Yogyakarta: Penerbit Samudra Biru
Jafar, M. I., & Sawerigading, U. (2021). Pengaruh Penggunaan Media Interaktif Animasi Terhadap Minat Belajar Matematika Siswa SD di Kabupaten Pangkajene dan Kepulauan. Jurnal Pendidikan 11(1), 251–262.
Jamil Sya’ban. (2016). Permainan Cerdas dan Kreatif. Jakarta: Penebar Plus
Kemdikbud. (2018). Permendikbud No 37 tahun 2018 tentang perubahan atas permendikbud No. 24 Tahun 2016 tentang kompetensi Inti dan Kompetensi Dasar Sekolah Dasar/Madrasah Ibtidaiyah. Jakarta: Kemdikbud.
Korompot, S., Rahim, M., & Pakaya, R. (2020). Persepsi Siswa Tentang Faktor yang Mempengaruhi Minat Belajar. JAMBURA Guidance and Counseling Journal, 1(1), 40–48. https://doi.org/10.37411/jgcj.v1i1.136
Vira Fransiska, Sukmawarti. (2021). Pengembangan Media Puzzle Berbantu Powerpoint Pada Materi Pecahan Di SD. Journal Pusdikra Volume 1, Nomor 1
Rosiana Khomsoh. (2018). Penggunaan Media Puzzle Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Dalam Pembelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial di Sekolah. Jurnal Mahasiswa Unesa Vol. 2 No. 2, http://jurnalmahasiswa.unesa.ac.idindex.php/jurnal-penelitian- pgsd/article/view/3119
Santika, D., Sutisnawati, A., & Uswatun, D. A. (2020). Analisis Minat Belajar Siswa Pada Proses Pembelajaran Daring Di Kelas Va SDN Lembursitu. Junnal DIKDAS Vol 2 No 2
Yudha, Army Nur. (2017). Peningkatan Hasil Belajar Matematika Melalui Discovery Learning Berbantuan Talking Stick Siswa Kelas 2 SD. Skripsi. Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar FKIP-UKSW
Yunitasari, R., & Hanifah, U. (2020). Pengaruh Pembelajaran Daring terhadap Minat Belajar Siswa pada Masa COVID-19. Jurnal Ilmu Pendidikan Edukatif 2(3), 232–243.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Rizqi Nur Fajriyah Firdyanisa, Ahmad Samawi, Rosyi Damayani Twinsari Maningtyas

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Penulis yang mempublikasikan naskahnya pada SIBERNETIK: Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran menyetujui ketentuan berikut: Hak cipta atas artikel apapun pada ABDI UNISAP: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat dipegang penuh oleh penulisnya di bawah Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License dengan ketentuan sebagai berikut:
- Penulis mengakui bahwa SIBERNETIK: Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran berhak sebagai jurnal yang mempublikasikan pertama kali dengan lisensi Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
- Penulis dapat memasukan tulisan secara terpisah, mengatur distribusi non-ekskulif dari naskah yang telah terbit di jurnal ini ke dalam versi yang lain (misal: dikirim ke respository institusi penulis, publikasi ke dalam buku, dll), dengan mengakui bahwa naskah telah terbit pertama kali pada SIBERNETIK: Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran.
- Pembaca diperbolehkan mengunduh, menggunakan, dan mengadopsi isi artikel selama mengutip artikel dengan menyebutkan judul, penulis, dan nama jurnal ini. Pengutipan tersebut dilakukan demi kemajuan ilmu pengetahuan dan kemanusiaan serta tidak boleh melanggar hukum yang berlaku.