Studi Kualitatif Pengembangan Sosial Emosional pada Anak Usia Dini di Pesisir Pantai Bahagia Desa Bahagia Kecamatan Muara Gembong Kabupaten Bekasi

Authors

  • Rina Dewi Lestari Universitas Panca Sakti Bekasi

DOI:

https://doi.org/10.59632/sjpp.v1i1.209

Keywords:

Sosial Emosional, Anak Usia Dini, Pesisir Pantai

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendalami dan memahami pengembangan aspek sosial emosional pada anak usia dini di Pesisir Pantai Bahagia, Desa Bahagia, Kecamatan Muara Gembong, Kabupaten Bekasi secara kualitatif. Dengan fokus pada Desa Bahagia, penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif untuk menganalisis pengaruh faktor-faktor lokal, seperti kegiatan nelayan dan kehidupan sehari-hari di pesisir pantai, terhadap perkembangan sosial emosional anak usia dini. Selain itu, penelitian ini juga bertujuan untuk mengidentifikasi potensi peran orangtua dan masyarakat dalam mendukung pengembangan sosial emosional anak-anak usia dini di lingkungan pesisir pantai Bahagia. Dengan menggunakan teknik wawancara, observasi, dan dokumentasi, data diperoleh dari masyarakat Pesisir Pantai Bahagia RT. 007 RW. 006 Muara Gembong, Bekasi. Analisis data dilakukan dengan reduksi data dan triangulasi untuk memvalidasi hasil penelitian. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pola asuh, perilaku prososial emosional, dan faktor lingkungan memainkan peran penting dalam pengembangan sosial emosional anak usia dini di Pesisir Pantai Bahagia. Implikasi penelitian ini mencakup perlunya pemahaman dan dukungan lebih lanjut dari orangtua dan masyarakat terkait potensi pembelajaran sosial emosional melalui kegiatan bermain anak di pesisir pantai, serta upaya meningkatkan kesadaran akan manfaat tersebut dalam mengoptimalkan perkembangan anak.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Agusniatih & Monepa. 2019. Karakteristik Anak Usia Dini. Tasikmalaya: Edu Fublisher

Bredekamp, S. 1997. learn by playing. Washington DC : NAEYC

Dwidarmi, Wijana. 2013. Definisi Anak Usia dini. Tarumanegara

Fadhilah. 2004. Perkembangan Sosial Pada Anak Usia Dini. Jakarta

https://www.generasimaju.co.id/artikel/1-tahun/tumbuh-kembang/perkembangan-emosi-anak-sejak-dinis

https://www-silabus-web-id.cdn.ampproject.org/v/s/www.silabus.web.id/anak-usia-dini/a

Maria & Amalia. 2016. Perkembangan Sosial Emosional Pada Anak Usia Dini. Jakarta

Masitoh. 2009. Perkembangan Sosial Emosional pada Anak Usia Dini. Jakarta

Musyafaroh. 2017. Perkembangan aspek sosial emosional anak usia dini . Jurnal INJECT

Nurmalitasari. Perkembangan Sosial Emosi pada Anak Prasekolah. Depok: Universitas Gadjah Mada

Santrok. 2007. penilaian Perkembangan Anak Usia Dini. Bandung: PT. Refika Aditama

Sisdiknas Nomor 20 tahun 2003 . Pendidikan Anak Usia Dini. Jakarta

Sujiono, Yuliani. 2011. Konsep Dasar Pendidikan Anak Usia Dini. Indonesia: PT. Indeks

Susanto, Ahmad. 2017. Pendidikan Usia Dini (aspek perkembangan). Jakarta: PT. Bumi Aksara

Suyadi & Ulfah, M. 2013. Konsep Dasar Pendidikan Anak Usia Dini. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Undang-Undang RI Nomor 32 Tahun 2002. Anak Usia Dini. Jakarta

Yusuf, Syamsu. 2002. Ciri khas masa kanak-kanak. Jakarta: PT. Rineka Cipta

Published

06-01-2024

Scite_ Smart Citation

Dimensions Citation

How to Cite

Lestari, R. D. (2024). Studi Kualitatif Pengembangan Sosial Emosional pada Anak Usia Dini di Pesisir Pantai Bahagia Desa Bahagia Kecamatan Muara Gembong Kabupaten Bekasi. SIBERNETIK: Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran, 1(1), 164–170. https://doi.org/10.59632/sjpp.v1i1.209

Similar Articles

<< < 1 2 

You may also start an advanced similarity search for this article.