Perbedaan Kemampuan Regulasi Emosi Ibu Bekerja dan Tidak Bekerja dalam Praktik Pengasuhan Anak Usia Dini

Authors

  • Azahra Khairunnisa Universitas Negeri Malang
  • Usep Kustiawan Universitas Negeri Malang
  • Rosyi Damayani Twinsari Maningtyas Universitas Negeri Malang

DOI:

https://doi.org/10.59632/sjpp.v2i1.292

Keywords:

Regulasi Emosi, Ibu Bekerja, Ibu Tidak Bekerja, Pengasuhan Anak Usia Dini

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji perbedaan kemampuan regulasi emosi ibu bekerja dan ibu tidak bekerja dalam praktik pengasuhan anak usia dini di wilayah Kelurahan Sawojajar, Kota Malang. Pendekatan yang digunakan adalah metode kuantitatif dengan desain komparatif dan melibatkan 100 responden dengan 50 di antaranya adalah ibu bekerja dan 50 lainnya ibu tidak bekerja yang memiliki anak usia dini. Data diperoleh melalui wawancara serta pengisian kuesioner yang diukur menggunakan skala Likert. Uji T menggunakan alternatif uji non-parametrik Mann-Whitney U Test. Dari hasil analisis terlihat bahwa rata-rata kemampuan regulasi emosi ibu bekerja (89,34) dan ibu tidak bekerja (89,16) berada pada tingkat sedang hingga tinggi, tanpa ada perbedaan signifikan secara statistik (p > 0,05). Berdasarkan hasil penelitian, ibu yang bekerja maupun tidak bekerja di wilayah Kelurahan Sawojajar, Kota Malang, memiliki kemampuan regulasi emosi yang memadai dalam praktik pengasuhan anak usia dini.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Azwar, S. (2018). Metode Penelitian Psikologi (II). Pustaka Pelajar.

Cahyani, S. K., & Hendriani, W. (2023). Gambaran Regulasi Emosi Terkait Pengalaman Kekerasan Verbal dalam Hubungan Pacaran pada Perempuan Dewasa Awal. Buletin Riset Psikologi Dan Kesehatan Mental, 10(1999), 1–20.

Chandra, A., & Sairah, S. (2022). Implementasi Tiger Parenting dan Regulasi Emosi Orang Tua terhadap Anak. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(5), 4538–4546. https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i5.2483

Fadli, R. (2021). In-depth: Fakta Kesehatan Mental Ibu Rumah Tangga dan Ibu Bekerja yang Perlu Diketahui. Halodoc. https://www.halodoc.com/artikel/in-depth-fakta-kesehatan-mental-ibu-rumah-tangga-dan-ibu-bekerja-yang-perlu-diketahui

Fauziah, M. A., & Arjanggi, R. (2021). Kesejahteraan Psikologis Ditinjau Dari Regulasi Emosi Pada Ibu Yang Mendampingi Anak Sekolah Dari Rumah. Jurnal Psikologi Integratif, 9(1), 62. https://doi.org/10.14421/jpsi.v9i1.2105

Felayati, & Widiningsih, Y. (2018). Hubungan Antara Tingkat Pendidikan dan Regulasi Emosi Dengan Kekerasan Ibu Terhadap Anak. Jurnal Psikologi Klinis Indonesia, 3(1), 5.

Fitriani, Y., Gina, F., Perdhana, T. S., Psikologi, F., & Bhayangkara, U. (2021). Gambaran Parenting Stress Pada Ibu Ditinjau Dari Status Pekerjaan dan Ekonomi Serta Bantuan Pengasuhan. Psikostudia: Jurnal Psikologi, 10(2), 98–107. https://doi.org/10.30872/psikostudia

Gina, F., & Fitriani, Y. (2022). Regulasi Emosi dan Parenting Stress Pada Ibu Bekerja. Jurnal Kajian Ilmiah, 22(1), 45–52. https://doi.org/10.31599/jki.v22i1.894

Gross, J. J., & John, O. P. (2003). Individual Differences in Two Emotion Regulation Processes: Implications for Affect, Relationships, and Well-Being. Journal of Personality and Social Psychology, 85(2), 348–362. https://doi.org/10.1037/0022-3514.85.2.348

Hayat, A. P. (2022). Persepsi Pola Pengasuhan Ibu Bekerja Dan Tidak Bekerja : Studi Kasus Di Gondokusuman Kota Yogyakarta. Jurnal Pelita PAUD, 6(2), 310–321. http://jurnal.upmk.ac.id/index.php/pelitapaud/article/view/1986/994

Ikasari, A., & Kristiana, I. F. (2017). HUBUNGAN ANTARA REGULASI EMOSI DENGAN STRES PENGASUHAN IBU YANG MEMILIKI ANAK CEREBRAL PALSY. Jurnal Empati, 6(4), 323–328.

Ilma, M., & Baqi, S. Al. (2019). Mengelola Emosi Marah Orang Tua dalam Wacana Fiqh Parenting. Ficosis, 275–293. https://doi.org/10.1080/00048402.2018.1520268

Isnaini, N. F. (2024). Regulasi Emosi dan Mindful Parenting, Meminimalisir Stress pada Ibu Bekerja. Bkkbn. https://www.orangtuahebat.id/regulasi-emosi-mindful-parenting/

KPAI. (2021). Hasil Survei Pemenuhan Hak dan Perlindungan Anak Pada Masa Pandemi Covid-19. https://bankdata.kpai.go.id/files/2021/02/Hasil-Survei-KPAI-2020-Pemenuhan-dan-Perlidunga-di-Masa-Covid-19.pdf

KPAI. (2023a). Catatan Pengawasan Perlindungan Anak di Masa Transisi Pandemi; Pengasuhan Positif, Anak Indonesia Terbebas dari Kekerasan.

KPAI. (2023b). Rakornas dan Ekspose KPAI 2023: Membangun Indonesia Bebas Kekerasan Terhadap Anak.

Kristikanti, H., Noer, A. H., & Pebriani, L. V. (2023). Hubungan Stres Pengasuhan Orang Tua dengan Kemampuan Regulasi Emosi Anak pada Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Ilmiah Fakultas Psikologi Universitas Yudharta Pasuruan, 10(1), 146–166.

Kurniawan, K. (2023). Angka Kekerasan Anak di Kota Malang Tinggi, Telah Mencapai 13 Kasus. https://suryamalang.tribunnews.com/2023/11/13/angka-kekerasan-anak-di-kota-malang-tinggi-telah-mencapai-13-kasus

Lisnawati, Y. (2022). Studi: Ibu Bekerja Lebih Bahagia dan Sehat Dibanding Ibu Rumah Tangga. Liputan 6. https://www.liputan6.com/citizen6/read/4894045/studi-ibu-bekerja-lebih-bahagia-dan-sehat-dibanding-ibu-rumah-tangga?page=2

Lwanga, S. K., & Lemeshow, S. (1991). Sample Size Determination in Health Studies: A Practice Manual.

Minarni. (2021). Regulasi Emosi Ibu Mendampingi Anak dalam Belajar di Masa Pandemi Covid-19. Dialektika, 14(1), 1–15.

Ni Luh Komang Apsaryanthi, & Lestari, M. D. (2017). Perbedaan Tingkat Psychological Well-Being Pada Ibu Rumah Tangga Dengan Ibu Bekerja Di Kabupaten Gianyar. Jurnal Psikologi Udayana, 4(1), 110–118.

Puspitasari, A. I., & Hartini, N. (2023). Pelatihan Regulasi Emosi untuk Menurunkan Perilaku Kekerasan (REMUK) Orang tua pada Anak Sanggar Alang-Alang. Psikoborneo:Jurnal Ilmiah Psikologi, 11(4), 545–550.

Puspitasari, I., & Hidayat, M. (2023). Pengembangan Alat Ukur Regulasi Emosi Pengasuhan Anak Usia Dini Berdasarkan Strategi Regulasi Emosi J. Gross. Indonesian Journal of Early Childhood: Jurnal Dunia Anak Usia Dini, 5(1), 42–49. https://doi.org/10.35473/ijec.v5i1.1896

Puspitasari, I., Wati, D. E., Muarifah, A., & Yudhana, A. (2019). Emotional Regulation Module Design : The Prevention Againts Child Abuse in Yogyakarta. International Conference on Early Childhood Development (ICECD), 29–34.

Pusvitasari, P., & Yuliasari, H. (2021). Strategi Regulasi Emosi Dan Resiliensi Pada Ibu Yang Mendampingi Anak Study From Home (SFH) Di Masa Pandemi Covid-19. Motiva : Jurnal Psikologi, 4(2), 109–118.

Qulubiyah, A., & Widyastuti. (2023). Hubungan Antara Regulasi Emosi Dengan Parental Self-Efficacy Pada Ibu Anak Prasekolah Kb-Tk ‘Aisyiyah Di Sidoarjo. Jurnal Mahasiswa BK An-Nur, 9(3), 1–9. https://ojs.uniska-bjm.ac.id/index.php/AN-NUR/article/view/12191/5839

Rahayu, T., Hesa, C. P., Andriani, S., Pangestuti, D., & Putri, Y. F. (2022). Metode Pengukuran Dan Penilaian Pengasuhan: Serta Pengasuhan Menurut Ragam Sosial Budaya. Jurnal Multidisipliner Bharasumba, 01(02), 320–329. https://azramedia-indonesia.azramediaindonesia.com/index.php/bharasumba/article/view/230

Raihana. (2020). Pengelolaan Emosi Ibu Pada Anak Selama Pembelajaran Dari Rumah (Dampak Pandemi Covid 19). GENERASI EMAS: Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini, 3(2), 132–139.

Rif’ati, M. I., & Suryanto. (2018). Pola Regulasi Emosi Orang Tua Dengan Anak Temper Tantrum. Temu Ilmiah Nasional Ikatan Psikologi Sosial 2018, 1–16. https://www.researchgate.net/publication/328886344_Pola_Regulasi_Emosi_Orang_Tua_Dengan_Anak_Temper_Tantrum

Rinaldi, M. R., & Putra, D. P. (2023). Terapi Regulasi Emosi Untuk Mengelola Stres Ibu Dengan Anak Pra-Sekolah. Jurnal Intervensi Psikologi (JIP), 15(2), 123–136. https://journal.uii.ac.id/intervensipsikologi/article/view/30711/16136

Sihombing, S. J. (2021). Coping Stress antara Ibu Rumah Tangga dengan Ibu Bekerja dalam Menghadapi Pembelajaran Daring. JP3SDM, 10(1), 49–57.

Sugiono, P. D. (2019). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Alfabeta.

Thania, I., Pritasari, S. P., Theresia, V., Tesha, Suryaputra, A. F., & Yosua, I. (2021). Stres akibat Konflik Peran Ganda dan Coping Stress pada Ibu yang Bekerja dari Rumah selama Pandemi. Mind Set Edisi Khusus TIN, 1(1), 25–50. https://journal.univpancasila.ac.id/index.php/mindset/article/view/2576/1470

Wati, D. E., & Puspitasari, I. (2018). Kekerasan Terhadap Anak, Penanaman Disiplin, dan Regulasi Emosi Orang Tua. Jurnal VARIDIKA, 30(1), 21–26. https://doi.org/10.23917/varidika.v30i1.6541

Wati, D. E., Puspitasari, I., Muarifah, A., & Yudhana, A. (2019a). Modul Pelatihan Regulasi Emosi Untuk Menurunkan Perilaku Kekerasa Orang Tua Terhadap Anak.

Wati, D. E., Puspitasari, I., Muarifah, A., & Yudhana, A. (2019b). Recognizing Parents Emotions through Heart Beat Sensors as Prevention Efforts Parents Violence toward Children. International Conference on Early Childhood Development (ICECD), 35–39.

Zimmer-Gembeck, M. J., Rudolph, J., Kerin, J., & Bohadana-Brown, G. (2022). Parent Emotional Regulation: A Meta-Analytic Review Of Its Association With Parenting And Child Adjustment. International Journal of Behavioral Development, 46(1), 63–82. https://doi.org/10.1177/01650254211051086

Zitzmann, J., Rombold-George, L., Rosenbach, C., & Renneberg, B. (2024). Emotion Regulation, Parenting, and Psychopathology: A Systematic Review. Clinical Child and Family Psychology Review, 27(1), 1–22. https://doi.org/10.1007/s10567-023-00452-5

Published

22-06-2024

Scite_ Smart Citation

Dimensions Citation

How to Cite

Khairunnisa, A., Kustiawan, U., & Maningtyas, R. D. T. (2024). Perbedaan Kemampuan Regulasi Emosi Ibu Bekerja dan Tidak Bekerja dalam Praktik Pengasuhan Anak Usia Dini. SIBERNETIK: Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran, 2(1), 61–70. https://doi.org/10.59632/sjpp.v2i1.292

Similar Articles

<< < 1 2 3 

You may also start an advanced similarity search for this article.

Most read articles by the same author(s)