Pengembangan Media Busy Book Berbasis Practical Life untuk Menstimulasi Kemandirian pada Anak Usia 4-5 Tahun

Authors

  • Aftihah Maulidia Universitas Negeri Malang
  • Usep Kustiawan Universitas Negeri Malang
  • Rosyi Damayani Twinsari Maningtyas Universitas Negeri Malang

DOI:

https://doi.org/10.59632/sjpp.v2i1.269

Keywords:

Media Busy Book, Practical Life, Kemandirian, Anak Usia Dini

Abstract

Di era digital ini anak-anak cenderung asik dengan gadget sampai lupa dengan segala hal terutama diri mereka sendiri. Penggunaan gadget secara berlebihan dapat membuat anak malas dan tidak dapat bersikap mandiri di kehidupan sehari-harinya sehingga berbagai kegiatan memerlukan bantuan orang tua. Pemberian stimulasi kepada anak dapat diberikan melalui kegiatan sederhana dalam kehidupan sehari-hari. Penelitian ini mengembangkan media Busy Book berbasis Practical Life untuk mendorong kemandirian anak usia 4-5 tahun dengan pendekatan yang efektif dan menarik. Penelitian ini mengikuti lima tahap Research and Development (R&D): analisis, perancangan, pengembangan, implementasi, dan evaluasi. Model pengembangan yang digunakan adalah ADDIE. Subjek penelitian ini adalah anak usia 4-5 tahun. Data dikumpulkan melalui angket dari berbagai validator dan hasil uji coba kelompok kecil dan besar. Data dari angket dan uji coba menunjukkan bahwa media Busy Book berbasis Practical Life sangat valid dan efektif. Hasil validasi oleh ahli dan uji coba kelompok mengindikasikan bahwa media ini sangat efisien dan menarik, serta dapat digunakan untuk menstimulasi kemandirian anak usia 4-5 tahun.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Abi Hamid, M., Ramadhani, R., Masrul, M., Juliana, J., Safitri, M., Munsarif, M., ... & Simarmata, J. (2020). Media pembelajaran. Yayasan Kita Menulis.

Afrianti, Y., & Wirman, A. (2020). Penggunaan Media Busy Book Untuk Menstmulasi Kemampuan Membaca Anak. Jurnal Pendidikan Tambusai, 4(2), 1156-1163.

Afrida, A., dkk. 2021. Pegembangan Media Busy Book Berbasis Life Skill untuk Menanamkan Kemandirian Pada Anak Usia Dini di TK FKIP USK. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan Anak Usia Dini (JIM PAUD), 6/2021/(3).

Ainnayah, M. S. (2021). TA: Perancangan Buku Iinteraktif Practical Life dalam Montessori Method guna Meningkatkan Kemandirian Anak Usia 3-6 Tahun (Doctoral dissertation, Universitas Dinamika).

Amini, M. (2014). Hakikat Anak Usia Dini.

Benny, A. P. (2017). Media dan Teknologi Dalam Pembelajaran. PT Balebat Dedikasi Prima.

Cahyadi, R. A. H. (2019). Pengembangan Bahan Ajar Berbasis Addie Model. Halaqa: Islamic Education Journal, 3(1), 35–42. https://doi.org/10.21070/halaqa.v3i1.2124

Hamalik, O. (1989). Media Pembelajaran. 12.

Hamdan, H. B. (2020). Media Pembelajaran Efektif. Fatawa Publishing.

Indanah, I., & Yulisetyaningrum, Y. (2019). Perkembangan Sosial Emosional Anak Usia Pra Sekolah. Jurnal Ilmu Keperawatan Dan Kebidanan, 10(1), 221. https://doi.org/10.26751/jikk.v10i1.645

Kustiawan, U. (2016). Pengembangan Media Pembelajaran Anak Usia Dini. Penerbit Gunung Samudera.

Mufliharsi, R. (2017). Pemanfaatan Busy Book Pada Kosakata Anak Usia Dini di PAUD Swadaya PKK. V, 146–155.

Mulyani, N. (2014). Upaya Meningkatkan Perkembangan Sosial Emosional Anak Usia Dini. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Raushan Fikr, 3(1), 133-147.

Nurrita, T. (2018). Kata Kunci : Media Pembelajaran dan Hasil Belajar Siswa. 03, 171–187.

Permendikbud No. 58 Tahun 2009, Pub. L. No. 58 tahun 2009.

Putri, I. M., & Saroinsong, W. P. Pengembangan Media Story Activity Berbasis Practical Life Terhadap Kemandirian Anak.

Rohani, R. (2019). Media pembelajaran.

Rohmah, T. 2013. Meningkatkan Kemandirian Anak Melalui Kegiatan Practical Life Kelompok-A di RA Al-Ikhlas Medokan Ayu Rungkut Surabaya. Jurnal Ilmiah Pendidkan Anak Usia Dini, 2/2013/(1).

Rustari, L., & Ali, M. (2019). Perkembangan Sosial Emosional Anak Usia 5-6 Tahun di Taman Kanak-kanak Islamiyah. Jurnal : Pendidikan Dan Pembelajaran Khatulistiwa, 8(9), 1–11. https://jurnal.untan.ac.id/index.php/jpdpb/article/view/35858

Sa’diyah, R. (2017). Pentingnya Melatih Kemandirian Anak. Kordinat: Jurnal Komunikasi Antar Perguruan Tinggi Agama Islam, 16(1), 31–46. https://doi.org/10.15408/kordinat.v16i1.6453

Saski, N.H., & Tri, S. (2021). Kelayakan Media Pembelajaran Market Learning Berbasis Digital Pada Mata Kuliah Strategi Pemasaran. Jurnal Pendidikan Tata Niaga (JPTN), 9(1), 1118–1124.

Sri, A. (2008). Media pembelajaran. Surakarta: UPT UNS Press Universitas Sebelas Maret Suwatra, I. W., Magta, M., & Christiani, C. L. A. (2019). Pengaruh Media Busy Book Terhadap Kemampuan Problem Solving Anak Kelompok A Taman Kanak-Kanak. Mimbar Ilmu, 24(2), 185-193.

Uswatun Fadilah, N. (2019). Media Pembelajaran.

UU No. 20 Tahun 2003.

Wagiu, C. W. (2020). Penerapan aktivitas practical life dalam Metode Montessori untuk meningkatkan kemandirian dan kedisiplinan murid usia 4-6 tahun di sekolah xyz (Doctoral dissertation, Universitas Pelita Harapan).

Wahyuni, I. (2018). Pemilihan Media Pembelajaran. Jurnal Pendidikan, 1(1), 8. http://eprints.umsida.ac.id/3723/

Wijayanti, T., Syamsuddin, M. M., & Pudyaningtyas, A. R. (2019). Upaya Meningkatkan Kemandirian Anak Melalui Practical Life Activity Pada Anak Usia 5-6 Tahun. Kumara Cendekia, 7(4), 440-450.

Zaini, H., & Kurnia, D. (2017). Pentingnya Media Pembelajaran Untuk Anak Usia Dini. Raudhatul Athfal : Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini, 1(1),

Published

22-06-2024

How to Cite

Maulidia, A., Kustiawan, U., & Maningtyas, R. D. T. (2024). Pengembangan Media Busy Book Berbasis Practical Life untuk Menstimulasi Kemandirian pada Anak Usia 4-5 Tahun. SIBERNETIK: Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran, 2(1), 46–60. https://doi.org/10.59632/sjpp.v2i1.269