Peran Orang Tua dalam Menstimulasi Perkembangan Bahasa Madura Anak Usia Dini di TK Masjid Agung Sumenep

Authors

  • Nafisah Tridena Juliriyanti Universitas Negeri Malang
  • Usep Kustiawan Universitas Negeri Malang
  • Rosyi Damayani Twinsari Maningtyas Universitas Negeri Malang

DOI:

https://doi.org/10.59632/sjpp.v3i1.374

Keywords:

Peran Orang Tua, Stimulasi, Bahasa Madura, Anak Usia 5-6 Tahun

Abstract

Penelitian ini mengkaji peran orang tua dalam menstimulasi perkembangan bahasa Madura pada anak usia 5-6 tahun di TK Masjid Agung Sumenep. Meskipun bahasa Madura merupakan bagian dari kebudayaan nasional yang dilindungi, penggunaannya semakin berkurang, terutama di kalangan generasi muda. Kurangnya perhatian terhadap pendidikan bahasa Madura, terbatasnya tenaga pengajar, dan dominasi bahasa Indonesia dalam pendidikan menyebabkan penurunan penggunaan bahasa Madura. Oleh karena itu, peran orang tua sangat penting dalam mengenalkan dan mengajarkan bahasa Madura sejak dini, dengan lingkungan keluarga yang mendukung. Penelitian menggunakan pendekatan kualitatif dan deskriptif, dengan teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi, melibatkan 22 orangtua murid di TK Masjid Agung Sumenep. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dalam kehidupan sehari-hari, bahasa yang digunakan di keluarga dan sekolah cenderung berupa campuran bahasa Indonesia dan Madura. Stimulasi bahasa Madura dilakukan secara formal melalui pembelajaran muatan lokal pada kurikulum Merdeka. Beberapa orangtua, terutama yang berasal dari suku berbeda, lebih sering menggunakan bahasa Indonesia, meskipun ada campuran bahasa daerah. Orangtua berperan penting sebagai komunikator dan fasilitator, meskipun belum mengajarkan bahasa Madura halus karena ketidakfasihan mereka. Anak-anak menunjukkan keterampilan sosial yang baik dalam berkomunikasi menggunakan bahasa Madura dan mampu berpindah antara bahasa Indonesia dan Madura, meskipun lebih sering menggunakan bahasa campuran. Anak-anak memiliki pengenalan yang baik terhadap kosakata umum bahasa Madura, namun membutuhkan lebih banyak latihan dalam membedakan penggunaan istilah yang tepat dalam konteks formal.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Abdullah, M. W. (2024). Pentingnya Pelestarian Bahasa Daerah Dalam Konteks Bahasa Indonesia. Abdima Dejurnal, 1(1), 44–54.

Arillia, S. N., Amilia, F., & Anggraini, A. W. (2023). Variasi Pemilihan Bahasa Kawin Campura (Jawa-Madura) di Kabupaten Jember. SABDA: Jurnal Sastra Dan Bahasa, 1, 1–10.

Astuti, E. (2022). Dampak Pemerolehan Bahasa Anak Dalam Berbicara Terhadap Peran Lingkungan. Educatif Journal of Education Research, 4(1), 87–96. https://doi.org/10.36654/educatif.v4i1.202

Chaer, A. (2009). Pengantar Semantik Bahasa Indonesia. PT Rineka Pustaka Utama.

Dewi, N. P., & Ubaidi, U. (2020). POS Tagging Bahasa Madura dengan Menggunakan Algoritma Brill Tagger. Jurnal Teknologi Informasi Dan Ilmu Komputer, 7(6), 1121–1128. https://doi.org/10.25126/jtiik.2020722449

Dewi, N. W. R., & I Putu Yoga, P. (2022). Peran Lingkungan Keluarga Dalam Perkembangan Bahasa Anak Selama Pandemi Covid-19. Jurnal Smart Paud, 5(2), 99–106. https://doi.org/10.36709

Effendy, M. H. (2010). Revitalisasi pembelajaran bahasa madura dalam dunia pendidikan berbasis local wisdom. 277–282.

Fishman, & Joshua, A. (1968). Language Loyalty in the United States: The Maintenance and Perpetuation of Non-English Mother Tongues by American Ethnic and Religious Groups. The Modern Language Journal, ol. 52, No. https://doi.org/https://doi.org/10.2307/322712

Fitri. (2022). Peran Orangtua Dalam Menstimulasi Perkembangan Kognitif Anak Usia 5-6 Tahun. In Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah Jakarta.

Hodairiyah, Fadhilah, N., Arifah, S., & Azis, A. (2021). Pemertahanan dan pelestarian bahasa Madura melalui nyanyian Samman Mainan di desa Aeng Tong-Tong kecamatan Saronggi kabupaten Sumenep: Perspektif sosiolinguistik. Kode: Jurnal Bahasa, 11, 147–160. https://jurnal.unimed.ac.id/2012/index.php/kjb/article/view/28312

Ihyauddin, J., & Munirah. (2020). Perkembangan Mental Anak dan Lingkungannya. Early Childhood Islamic Education Journal, 1(1), 44–55. https://doi.org/10.58176/eciejournal.v1i1.22

Julianti, D., & Siagian, I. (2023). Analisis Pengaruh Bahasa Daerah Terhadap Penggunaan Bahasa Indonesia. Innovative: Journal Of Social Science …, 3, 5829–5836. http://j-innovative.org/index.php/Innovative/article/view/956%0Ahttps://j-innovative.org/index.php/Innovative/article/download/956/777

Lestari, R. E., & Handayani, R. (2023). Peran Orang Tua Dalam Menstimulasi Perkembangan Bahasa Aud Di Tk Dr Cipto Mangunkusumo. 6(2). https://ejurnal.staipancabudi.ac.id/index.php/tabayyun/

Lukmana, R. D., & Alfin, J. (2023). Pergeseran Penggunaan Bahasa Madura Ke Bahasa Indonesia dalam Komunikasi Keluarga Di Desa Socah. Belajar Bahasa: Jurnal Ilmiah, 8(2), 199–207. http://ejurnal.unmuhjember.ac.id/index.php/BB/article/view/638%0Ahttp://ejurnal.unmuhjember.ac.id/index.php/BB/article/download/638/307

Martini, J. (2006). Perkembangan dan Pengembangan Anak Usia Taman Kanak-Kanak. PT. Grasido.

Mayasari, D. (2021). Upaya Pemertahanan Bahasa Masyarakat Manduro melalui Publikasi Kelas kata Tuturan Masyarakat Manduro Kecamatan Kabuh, Kabupaten Jombang. Jurnal Pendidikan Tambusai, 5(1), 1017–1024. https://jptam.org/index.php/jptam/article/view/1064

Nita, N., & Rosalina, S. (2021). Pergeseran bahasa Indonesia oleh bahasa asing dalam berkomunikasi. Industry and Higher Education, 3(1), 1689–1699. http://journal.unilak.ac.id/index.php/JIEB/article/view/3845%0Ahttp://dspace.uc.ac.id/handle/123456789/1288

Purwo Bambang, K. (2000). Bangkitnya Kebhinekaan Dunia Linguistik dan Pendidikan (1st ed.). Mega Media Abadi. https://perpustakaanbalaibahasadiy.kemdikbud.go.id/index.php?p=show_detail&id=9392&keywords=

Puteri, I. A. W., & Trunoyudho, E. A. (2023). Pengaruh Pola Komunikasi dalam Keluarga Terhadap Perkembangan Bahasa Anak Usia 4-6 Tahun. Jurnal Pendas Mahakam, 8(December).

Savitri, A. D. (2019). Korespondensi Kontoid Geminat Dan Distribusinya Dalam Bahasa Madura Di Kabupaten Situbondo Dan Bondowoso. ARBITRER: Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia, 1(3), 149–166. https://doi.org/10.30598/arbitrervol1no3hlm149-166

Setiawan, A. (2011). Bahasa Daerah dalam Perspektif Kebudayaan dan Sosiolinguistik: Peran dan Pengaruhnya dalam Pergeseran dan Pemertahanan Bahasa. (Seminar la). Universitas Diponegoro.

Sudarmaningtyas, A. E. R. (2013). Penggunaan bahasa Madura dalam keluarga muda etnik Madura di Kabupaten Sumenep Madura. Semiotika, 14(2), 183–192. https://jurnal.unej.ac.id/index.php/SEMIOTIKA/article/view/30122/10796

Sufa, F. F. (2022). Konsep Matematika untuk Anak Usia Dini (H. Wijayati (ed.)). UNISRI Press.

Tarigan, Henri, & Guntur. (2011). Pemerolehan dan Pembelajaran Bahasa. Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi Proyek Pengembangn Lembaga Pendidikan Tenaga Kependidikan.

Zakaria, U., & Daud, R. K. (2023). Peran Lingkungan Keluarga dalam Pemerolehan Bahasa Pertama pada Anak. Jurnal Ilmu Pendidikan Muhammadiyah Kramat Jati, 4(1), 7. https://jurnal.pcmkramatjati.or.id/index.php/JIPMUKJT/index

Zein, R. (2018). Stimulasi Pengembangan Berbicara Bagi Anak Usia Dini. Saga, 159.

Zumrotun. (2023). Penggunaan Media Buku Cerita Bergambar Dalam Pengembangan Bahasa Anak Kelompok B di RA Miftahul Falah Jepat Lor Kecamatan Tayu Kabupaten Pati Tahun Ajaran 2022/2023 [Institut Pesantren Mathali’ul Falah Pati Jawa Tengah]. https://lib.ipmafa.ac.id/index.php?p=fstream-pdf&fid=4713&bid=9813

Published

30-06-2025

Scite_ Smart Citation

Dimensions Citation

How to Cite

Juliriyanti, N. T., Kustiawan, U., & Maningtyas, R. D. T. (2025). Peran Orang Tua dalam Menstimulasi Perkembangan Bahasa Madura Anak Usia Dini di TK Masjid Agung Sumenep. SIBERNETIK: Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran, 3(1), 21–27. https://doi.org/10.59632/sjpp.v3i1.374

Similar Articles

1 2 3 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.

Most read articles by the same author(s)