Peran Orang Tua dalam Menstimulasi Perkembangan Bahasa Madura Anak Usia Dini di TK Masjid Agung Sumenep
DOI:
https://doi.org/10.59632/sjpp.v3i1.374Keywords:
Peran Orang Tua, Stimulasi, Bahasa Madura, Anak Usia 5-6 TahunAbstract
Penelitian ini mengkaji peran orang tua dalam menstimulasi perkembangan bahasa Madura pada anak usia 5-6 tahun di TK Masjid Agung Sumenep. Meskipun bahasa Madura merupakan bagian dari kebudayaan nasional yang dilindungi, penggunaannya semakin berkurang, terutama di kalangan generasi muda. Kurangnya perhatian terhadap pendidikan bahasa Madura, terbatasnya tenaga pengajar, dan dominasi bahasa Indonesia dalam pendidikan menyebabkan penurunan penggunaan bahasa Madura. Oleh karena itu, peran orang tua sangat penting dalam mengenalkan dan mengajarkan bahasa Madura sejak dini, dengan lingkungan keluarga yang mendukung. Penelitian menggunakan pendekatan kualitatif dan deskriptif, dengan teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi, melibatkan 22 orangtua murid di TK Masjid Agung Sumenep. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dalam kehidupan sehari-hari, bahasa yang digunakan di keluarga dan sekolah cenderung berupa campuran bahasa Indonesia dan Madura. Stimulasi bahasa Madura dilakukan secara formal melalui pembelajaran muatan lokal pada kurikulum Merdeka. Beberapa orangtua, terutama yang berasal dari suku berbeda, lebih sering menggunakan bahasa Indonesia, meskipun ada campuran bahasa daerah. Orangtua berperan penting sebagai komunikator dan fasilitator, meskipun belum mengajarkan bahasa Madura halus karena ketidakfasihan mereka. Anak-anak menunjukkan keterampilan sosial yang baik dalam berkomunikasi menggunakan bahasa Madura dan mampu berpindah antara bahasa Indonesia dan Madura, meskipun lebih sering menggunakan bahasa campuran. Anak-anak memiliki pengenalan yang baik terhadap kosakata umum bahasa Madura, namun membutuhkan lebih banyak latihan dalam membedakan penggunaan istilah yang tepat dalam konteks formal.
Downloads
References
Abdullah, M. W. (2024). Pentingnya Pelestarian Bahasa Daerah Dalam Konteks Bahasa Indonesia. Abdima Dejurnal, 1(1), 44–54.
Arillia, S. N., Amilia, F., & Anggraini, A. W. (2023). Variasi Pemilihan Bahasa Kawin Campura (Jawa-Madura) di Kabupaten Jember. SABDA: Jurnal Sastra Dan Bahasa, 1, 1–10.
Astuti, E. (2022). Dampak Pemerolehan Bahasa Anak Dalam Berbicara Terhadap Peran Lingkungan. Educatif Journal of Education Research, 4(1), 87–96. https://doi.org/10.36654/educatif.v4i1.202
Chaer, A. (2009). Pengantar Semantik Bahasa Indonesia. PT Rineka Pustaka Utama.
Dewi, N. P., & Ubaidi, U. (2020). POS Tagging Bahasa Madura dengan Menggunakan Algoritma Brill Tagger. Jurnal Teknologi Informasi Dan Ilmu Komputer, 7(6), 1121–1128. https://doi.org/10.25126/jtiik.2020722449
Dewi, N. W. R., & I Putu Yoga, P. (2022). Peran Lingkungan Keluarga Dalam Perkembangan Bahasa Anak Selama Pandemi Covid-19. Jurnal Smart Paud, 5(2), 99–106. https://doi.org/10.36709
Effendy, M. H. (2010). Revitalisasi pembelajaran bahasa madura dalam dunia pendidikan berbasis local wisdom. 277–282.
Fishman, & Joshua, A. (1968). Language Loyalty in the United States: The Maintenance and Perpetuation of Non-English Mother Tongues by American Ethnic and Religious Groups. The Modern Language Journal, ol. 52, No. https://doi.org/https://doi.org/10.2307/322712
Fitri. (2022). Peran Orangtua Dalam Menstimulasi Perkembangan Kognitif Anak Usia 5-6 Tahun. In Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah Jakarta.
Hodairiyah, Fadhilah, N., Arifah, S., & Azis, A. (2021). Pemertahanan dan pelestarian bahasa Madura melalui nyanyian Samman Mainan di desa Aeng Tong-Tong kecamatan Saronggi kabupaten Sumenep: Perspektif sosiolinguistik. Kode: Jurnal Bahasa, 11, 147–160. https://jurnal.unimed.ac.id/2012/index.php/kjb/article/view/28312
Ihyauddin, J., & Munirah. (2020). Perkembangan Mental Anak dan Lingkungannya. Early Childhood Islamic Education Journal, 1(1), 44–55. https://doi.org/10.58176/eciejournal.v1i1.22
Julianti, D., & Siagian, I. (2023). Analisis Pengaruh Bahasa Daerah Terhadap Penggunaan Bahasa Indonesia. Innovative: Journal Of Social Science …, 3, 5829–5836. http://j-innovative.org/index.php/Innovative/article/view/956%0Ahttps://j-innovative.org/index.php/Innovative/article/download/956/777
Lestari, R. E., & Handayani, R. (2023). Peran Orang Tua Dalam Menstimulasi Perkembangan Bahasa Aud Di Tk Dr Cipto Mangunkusumo. 6(2). https://ejurnal.staipancabudi.ac.id/index.php/tabayyun/
Lukmana, R. D., & Alfin, J. (2023). Pergeseran Penggunaan Bahasa Madura Ke Bahasa Indonesia dalam Komunikasi Keluarga Di Desa Socah. Belajar Bahasa: Jurnal Ilmiah, 8(2), 199–207. http://ejurnal.unmuhjember.ac.id/index.php/BB/article/view/638%0Ahttp://ejurnal.unmuhjember.ac.id/index.php/BB/article/download/638/307
Martini, J. (2006). Perkembangan dan Pengembangan Anak Usia Taman Kanak-Kanak. PT. Grasido.
Mayasari, D. (2021). Upaya Pemertahanan Bahasa Masyarakat Manduro melalui Publikasi Kelas kata Tuturan Masyarakat Manduro Kecamatan Kabuh, Kabupaten Jombang. Jurnal Pendidikan Tambusai, 5(1), 1017–1024. https://jptam.org/index.php/jptam/article/view/1064
Nita, N., & Rosalina, S. (2021). Pergeseran bahasa Indonesia oleh bahasa asing dalam berkomunikasi. Industry and Higher Education, 3(1), 1689–1699. http://journal.unilak.ac.id/index.php/JIEB/article/view/3845%0Ahttp://dspace.uc.ac.id/handle/123456789/1288
Purwo Bambang, K. (2000). Bangkitnya Kebhinekaan Dunia Linguistik dan Pendidikan (1st ed.). Mega Media Abadi. https://perpustakaanbalaibahasadiy.kemdikbud.go.id/index.php?p=show_detail&id=9392&keywords=
Puteri, I. A. W., & Trunoyudho, E. A. (2023). Pengaruh Pola Komunikasi dalam Keluarga Terhadap Perkembangan Bahasa Anak Usia 4-6 Tahun. Jurnal Pendas Mahakam, 8(December).
Savitri, A. D. (2019). Korespondensi Kontoid Geminat Dan Distribusinya Dalam Bahasa Madura Di Kabupaten Situbondo Dan Bondowoso. ARBITRER: Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia, 1(3), 149–166. https://doi.org/10.30598/arbitrervol1no3hlm149-166
Setiawan, A. (2011). Bahasa Daerah dalam Perspektif Kebudayaan dan Sosiolinguistik: Peran dan Pengaruhnya dalam Pergeseran dan Pemertahanan Bahasa. (Seminar la). Universitas Diponegoro.
Sudarmaningtyas, A. E. R. (2013). Penggunaan bahasa Madura dalam keluarga muda etnik Madura di Kabupaten Sumenep Madura. Semiotika, 14(2), 183–192. https://jurnal.unej.ac.id/index.php/SEMIOTIKA/article/view/30122/10796
Sufa, F. F. (2022). Konsep Matematika untuk Anak Usia Dini (H. Wijayati (ed.)). UNISRI Press.
Tarigan, Henri, & Guntur. (2011). Pemerolehan dan Pembelajaran Bahasa. Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi Proyek Pengembangn Lembaga Pendidikan Tenaga Kependidikan.
Zakaria, U., & Daud, R. K. (2023). Peran Lingkungan Keluarga dalam Pemerolehan Bahasa Pertama pada Anak. Jurnal Ilmu Pendidikan Muhammadiyah Kramat Jati, 4(1), 7. https://jurnal.pcmkramatjati.or.id/index.php/JIPMUKJT/index
Zein, R. (2018). Stimulasi Pengembangan Berbicara Bagi Anak Usia Dini. Saga, 159.
Zumrotun. (2023). Penggunaan Media Buku Cerita Bergambar Dalam Pengembangan Bahasa Anak Kelompok B di RA Miftahul Falah Jepat Lor Kecamatan Tayu Kabupaten Pati Tahun Ajaran 2022/2023 [Institut Pesantren Mathali’ul Falah Pati Jawa Tengah]. https://lib.ipmafa.ac.id/index.php?p=fstream-pdf&fid=4713&bid=9813
Downloads
Published
Scite_ Smart Citation
Dimensions Citation
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Nafisah Tridena Juliriyanti, Usep Kustiawan , Rosyi Damayani Twinsari Maningtyas

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Penulis yang mempublikasikan naskahnya pada SIBERNETIK: Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran menyetujui ketentuan berikut: Hak cipta atas artikel apapun pada ABDI UNISAP: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat dipegang penuh oleh penulisnya di bawah Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License dengan ketentuan sebagai berikut:
- Penulis mengakui bahwa SIBERNETIK: Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran berhak sebagai jurnal yang mempublikasikan pertama kali dengan lisensi Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
- Penulis dapat memasukan tulisan secara terpisah, mengatur distribusi non-ekskulif dari naskah yang telah terbit di jurnal ini ke dalam versi yang lain (misal: dikirim ke respository institusi penulis, publikasi ke dalam buku, dll), dengan mengakui bahwa naskah telah terbit pertama kali pada SIBERNETIK: Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran.
- Pembaca diperbolehkan mengunduh, menggunakan, dan mengadopsi isi artikel selama mengutip artikel dengan menyebutkan judul, penulis, dan nama jurnal ini. Pengutipan tersebut dilakukan demi kemajuan ilmu pengetahuan dan kemanusiaan serta tidak boleh melanggar hukum yang berlaku.





